Doctor on Cam, Project Pertama PMM 21 UMM Menjawab Pertanyaan dan Keresahan Masyarakat Lewat Youtube - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

binazir amalia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Agustus 2020

Sabtu, 15 Agustus 2020 12:15 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Doctor on Cam, Project Pertama PMM 21 UMM Menjawab Pertanyaan dan Keresahan Masyarakat Lewat Youtube

    Pada jaman modern seperti sekarang ini, masyarakat bisa mengakses informasi dari mana saja. Tidak terkecuali dari internet. Dengan terjadinya pandemi Covid-19 seperti sekarang ini pun, Internet menjadi salah satu media yang berpengaruh dalam penyebaran informasi. Banyak organisasi, kelompok, dan masyarakat umum yang menjadikan internet sebagai wadah edukasi dikarenakan sulitnya pertemuan secara tatap muka, sehingga informasi tersebut tetap bisa tersampaikan walaupun tidak harus bertemu secara langsung. Begitupun dengan Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) kelompok 21 ini. Mereka menjadikan Youtube sebagai wadah untuk menyebarkan informasi kesehatan.

    Dibaca : 728 kali

    Kegiatan Doctor on Cam - Project 1 digagas oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam rangka program Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) kelompok 21 dengan bapak Jamroji, S.Sos, M.Comms sebagai dosen pembimbing lapangan (dpl). Kegiatan ini berupa penyampaian informasi tentang rokok, vape, dan Kesehatan Respirasi melalui media Youtube. 

    Program ini merupakan kegiatan dimana mahasiswa melakukan sesi tanya jawab bersama dokter sebagai narasumber. Pertanyaan dikumpulkan melalui media sosial berupa instagram dan Google Form dengan harapan seluruh masyarakat bisa mengakses dan memberikan respon mereka. 

    -

    "Kegiatan ini diharapkan dapat memberi manfaat pada masyarakat, kami berpikir untuk menggunakan media youtube sabagai media penyampaian informasinya karena harapan kami agar semua kalangan dapat mengaksesnya dengan gratis dan mudah. Terutama di situasi pandemi yang sulit seperti yang terjadi saat ini," ucap Devanico Yuangga selaku ketua pmm kelompok 21. 

    "Selain tema ini, kami juga sudah mempersiapkan tema lainnya yang juga berhubungan dengan kesehatan. Kami InsyaAllah akan membuat 2 tema yang masing-masingnya akan dibagi menjadi 2 part atau bagian," kata Cheeristy Sarah, salah satu anggota kelompok pmm21. 

    Dalam sesi tanya jawab tersebut, dokter memberikan banyak informasi dan sekaligus menjawab pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat. Hal ini diharapkan agar masyarakat memahami dampak yang dapat ditimbulkan oleh vape dan atau rokok sehingga masyarakat lebih wawas diri terhadap kesehatan mereka, terutama kesehatan saluran pernapasan. 

     

    Untuk video lengkapnya bisa diakses disini



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.