x

Gambar ini menunjukkan terpal plastik biru yang biasa digunakan untuk proyek konstruksi

Iklan

Dian Pratiwi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Juli 2020

Kamis, 20 Agustus 2020 13:14 WIB

Mengenal Beragam Jenis Terpal dari Terpal Plastik hingga Terpal Kain

Informasi seputar terpal dan jenis bahannya, tidak banyak yang tau, tapi berikut pemaparannya

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ciptaperdana.com - Umur terpal harus menjadi pertimbangan utama saat memilih terpal yang tepat untuk kebutuhan Anda. Anda bisa menghabiskan ratusan dolar. Untuk uang sebanyak itu, Anda ingin penggunaan bertahun-tahun. Berikut panduan umum yang dapat membantu menjawab "berapa lama terpal kanvas bertahan".

Bahan dan Kegunaan Terpal
Terpal yang berbeda memiliki tujuan penggunaan dan ketebalan yang berbeda.

Terpal Kanvas

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Terpal kanvas bisa dirawat atau tidak. Kanvas katun olahan adalah pilihan populer bagi orang yang ingin menutupi kargo, peralatan, dan persediaan yang ditemukan di lokasi konstruksi dan pertanian. Karena kanvas katun diolesi minyak dan lilin, bahan tersebut dapat menodai lapisan mobil, sehingga tidak cocok untuk penutup kendaraan. Perawatan minyak dan lilin membantu mengontrol pertumbuhan jamur dan mengusir air.

Terpal yang tidak diolah tidak menolak air dan tidak boleh digunakan di luar ruangan saat basah. Serat kapas alami tahan lama dan dapat bertahan bertahun-tahun, tetapi jika mulai sobek, perlu diperbaiki secepat mungkin.

Terpal PVC bening

Terpal PVC bening dimaksudkan untuk digunakan sebagai tirai. Bahan tipisnya memungkinkan cahaya masuk dan orang bisa melihat tembus. Bahannya tahan air dan tahan terhadap angin, yang menjadikannya pilihan populer saat menutup pintu di musim dingin atau memperpanjang penggunaan dek atau teras tertutup karena semakin dingin. Ketebalan 20 mils memang membantu mereka bertahan lama.

Terpal Poliester Kuda Besi

Terpal Iron Horse Polyester dirancang untuk tahan lama. Mereka tahan air dan lebih kuat dari kanvas. Ini tidak berarti bahwa terpal ini tidak bisa dihancurkan. Mereka bisa robek jika Anda tidak merawatnya dengan benar. Dengan perawatan yang tepat, Anda akan mendapatkan beberapa tahun penggunaan dari terpal ini.

Terpal jaring

Terpal jaring safety tersedia dalam berbagai bahan dan dirancang agar dapat bernapas sambil menghalangi sebagian sinar UV matahari. Jaring warna berlapis vinil tidak menghalangi sinar matahari sebanyak 55 persen. Terpal polietilen terbuat dari jaring polietilen dan menghalangi hampir 90 persen sinar matahari. Polypropylene mesh menawarkan perlindungan maksimal dari sinar matahari dengan perlindungan UV mencapai 95 persen.

Terpal ini dirancang untuk memungkinkan udara masuk sekaligus menjaga agar puing-puing tetap terkandung. Mereka membuat penutup kolam renang yang bagus atau penutup untuk truk yang membawa barang-barang ringan seperti serutan kayu yang bisa meledak.

Terpal Plastik

Terpal dapat dirancang untuk penggunaan ringan atau berat. Terpal poli biru adalah terpal yang sering Anda lihat di toko diskon. Ketebalannya hanya 4 mil dan tidak cenderung bertahan lama jika digunakan atau dirawat dengan tidak benar. Terpal plastik tugas berat dirancang untuk tahan lebih lama digunakan untuk terpal kolam

Terpal Vinyl

Terpal vinil adalah terpal poli yang telah dilapisi, dilaminasi, atau ditempa dengan vinil. Karena dirancang untuk keperluan industri, bahan ini kuat dan tahan sobek. Harapkan terpal ini bertahan beberapa tahun dalam kondisi parah seperti panas, hujan lebat atau salju, atau suhu dingin.

Ikuti tulisan menarik Dian Pratiwi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB