x

Iklan

Elmanu ALeNA

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 September 2020

Minggu, 13 September 2020 06:09 WIB

Ciri Ram Komputer Rusak Paling Mudah DiKenali

Komputer Selalu Memberikan Ciri Khas kerusakan pada komputer, yuk kita ketahui apa saja ciri khas yang akan dikeluarkan agar kita memahaminya

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Ciri khas Ram komputer yang rusak dapat dengan mudah dideteksi dari kebiasaan yang dirasakan sebelumnya, ketika memori komputer bermasalah dan perlu diperbaiki, maka kebiasaan pemakaian akan berbeda.

Dengan menghubungkan dengan prosesor, motherboard, harddisk, power supply, layar dan RAM sebagai perlengkapan inti, memori komputer notebook merupakan salah satu perlengkapan penting dalam seluruh pekerjaan komputer.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

RAM komputer biasanya dikaitkan dengan perangkat keras komputer, yang dapat meningkatkan kemampuan komputer untuk melakukan multitasking, sehingga banyak orang yang percaya bahwa semakin besar kapasitas RAM, semakin cepat komputer dapat menjalankan perangkat lunak atau aplikasi.

 

Penyebab RAM menjadi Rusak

 

Panas berlebih 

Seiring waktu, panas yang berlebihan dapat merusak RAM dan banyak bagian komputer lainnya.

Tidak hanya panas dari komponen internal, tetapi juga panas dari komponen yang berdekatan dapat menyebabkan kerusakan.

Cacat Produksi 

Tak ada gading yang tak retak, mungkin inilah istilah yang tepat menggambarkan bahwa bisa saja terjadi kecacatan dalam produksi, tidak terkecuali RAM Komputer.

Cacat produksi modul memori mungkin tidak terlihat pada awalnya, tetapi akan menjadi semakin serius seiring waktu

Tegangan listrik tidak stabil

Penurunan tegangan dapat menyebabkan berbagai masalah pada komponen komputer, termasuk RAM.

Ini karena menggunakan stabilizer agar tegangan diterima oleh komputer Selalu stabil.

Overclock yang salah 

Jika Anda melakukan overclock salah satu bagian komputer Anda dengan tidak benar, situasi ini akan menyebabkan panas berlebih, yang dapat merusak berbagai komponen termasuk RAM.

Baca Juga : Virus Komputer Paling Berbahaya Sepanjang Masa

Ciri RAM Komputer Rusak Paling Mudah diKenali

Komputer nyala tapi ram tidak terdetect

Prediksi awal adalah RAM yang terpasang pada komputer mungkin memiliki skala pada pin tembaga di bawahnya, dan dianggap komputer tersebut rusak.

Shell mungkin merupakan fitur yang menyebabkan koneksi antara memori dan motherboard diblokir, yang dapat menyebabkan kesalahan komputer.

Jumlah Memory Tidak Sesuai

Setelah menyalakan komputer, jika menurut Anda komputer berjalan lambat, coba periksa memori untuk menentukan apakah Windows telah mengurangi memori. Jika ini terjadi, berarti ada masalah dengan RAM komputer.

Jika hanya komputer Anda menggunakan beberapa slot memori yang terpasang, tentu saja total memori akan lebih besar dari total memori yang akan dicetak pada perangkat.

Komputer melambat

Rasanya lambat banget buka aplikasinya, dan serasa antri di resto Padang malah pas buka foldernya? Ini mungkin salah satu karakteristik memori mulai macet.

Seperti kita ketahui bersama, memori memegang peranan penting dalam akses data dan kecepatan pemrosesan, sehingga jika memori mulai mengalami masalah, tentunya komputer akan terasa lambat.

Saat komputer dinyalakan cuma layar hitam yang muncul

Cara normal untuk menyalakan komputer adalah ketika Anda menekan tombol daya, proses boot dan informasi yang dibaca dari motherboard akan muncul dan berhasil disinkronkan ke perangkat lain, tetapi jika memori Anda tidak dinyalakan dengan benar, situasinya akan berbeda.

Bunyi bip tidak seperti biasanya

Jika Anda mendengar bunyi bip saat komputer baru saja dihidupkan, RAM komputer mungkin rusak.

Namun pertama-tama silahkan cek kode nada yang dihasilkan di komputer, karena tiap BIOS memiliki arti yang berbeda untuk tiap nada.

Not Responding

Sebuah crash terjadi ketika aplikasi gagal untuk berjalan secara normal, dan pesan yang muncul adalah "tidak merespon" atau "hang". Biasanya terasa seperti itu di perangkat Anda.

Tentu saja, jika ini sering terjadi dan menghambat aktivitas komputer Anda, cari tahu apa yang menyebabkannya menjadi fitur.

Komputer Terasa Panas


Sesuai fungsinya, RAM memberikan akses ke kecepatan pemrosesan komputer, jika memori rusak akan membuat prosesor memerintahkan perangkat lain untuk terhubung dengan memori lebih keras.

Jika komputer Anda terasa lebih panas dari biasanya, mungkin itu pertanda adanya masalah dengan memori yang terpasang di laptop Anda.

 

AKHIR KATA

 

Jika Ram komputer Anda rusak, saran terbaik adalah menggantinya dengan komponen baru yang sesuai dan memiliki karakteristik yang sama dengan komponen yang saat ini terpasang di perangkat.


Jika kami tidak mengetahui sejarah dan waktu penggunaan memori yang ingin Anda beli, mohon jangan membeli RAM kedua.

Semoga Artikel diatas Bermanfaat untuk dapat dipahami siapa tau suatu saat komputer atau RAM kalian tiba tiba saja rusak berdasarkan sumber LaeMurdani

Ikuti tulisan menarik Elmanu ALeNA lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler