Rumahmu Diserang Rayap, Ini Dia Penyebabnya - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Foto rayap 1

Enkosa Sport Tanah Abang

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 September 2020

Jumat, 25 September 2020 14:49 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Rumahmu Diserang Rayap, Ini Dia Penyebabnya

    Terkadang kita sering menjumpai rayap menggerogoti perabotan yang terbuat dari kayu, lalu apa saja sih penyebabnya, yuk simak penyeabnya dibawah ini!

    Dibaca : 671 kali

    Ada beberapa alasan mengapa rumahmu diserang rayap. Apakah kamu memiliki perabotan kayu di rumahmu? Atau justru rumahmu terbuat dari material kayu?

    Tentu bahan-bahan ini memang memberikan kesan yang lebih natural pada hunianmu. Namun di sisi lain kayu juga bisa menimbulkan masalah baru apabila diserang oleh serangga, contoh saja seperti rayap. Makhluk-makhluk kecil ini memang dikenal menyukai perabotan kayu, selain itu mereka juga berkembang biak secara cepat dan padat.

    Maka tidak heran jika perabotan kayumu diserang oleh rayap, tentu akan membuatnya menjadi tidak awet dan lapuk. Lalu apa sajakah yang menjadi penyebab kehadiran rayap, berikut alasanya.

     

    1. Rumah Kurang Bersih

    Tidak bisa dipungkiri jika kebersihan rumah sangatlah penting untuk dijaga, selain berpengaruh pada kesehatan keluarga, hal ini juga berguna untuk menghindari serangga yang seringkali bersarang di tempat yang kotor. Contohnya saja seperti rayap, jika mereka sudah menyerang rumahmu, maka siap-siap perabotan kayumu akan menjadi sasarannya, sebab mereka akan membuat sarang pada tempat yang sulit dijangkau, dan menggerogoti perabotan rumahmu secara perlahan tapi pasti. 

    2. Tanah yang Subur

    Apakah rumahmu dibangun pada tanah yang subur? Jika iya, maka tidak heran apabila rumahmu menjadi sasaran para rayap. Sebab serangga tersebut memang terkenal menyukai tanah yang subur dan gembur, selain itu mereka pun akan lebih cepat berkembang biak pada kondisi tanah tersebut. Maka penting bagimu untuk memberikan sekat antara pekarangan dengan rumah guna mencegah masuknya rayap. Namun jika rumahmu sudah terlanjur dihinggapi rayap, maka ada baiknya kamu segera memanggil jasa pembasmi rayap, atau bisa juga menggunakan cara-cara yang lebih alami seperti obat anti raayap.

    3. Kurangnya Ventilasi Udara dan Cahaya

    Apabila rumahmu memiliki akses keluar masuk udara dan cahaya yang minim, maka hal ini akan membuat kondisi rumahmu menjadi lebih lembap, tentu kondisi tersebut sangat disukai oleh rayap karena bisa menjadi sasaran berkembang biak yang empuk. Maka dari itu pastikan untuk membuka jendela setiap hari, serta membuat suhu rumahmu sedikit lebih rendah. Karena selain tidak menyukai panas, rayap juga benci kondisi cuaca yang cukup ekstrem.

    Nah bagaimana menurutmu, apakah rumah kamu mempunyai salah satu dari penyebab timbulnya rayap di atas? Yuk segera lakukan penjegahan-penjegahan sebelum rayap menyerang dengan bentuan obat anti rayap.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.