x

Ilustrasi kegiatan mendongeng dalam Festival dan Kreativitas Anak Usia Dini 2017 di Kemdikbud, Rabu 10 Mei di Jakarta. Istimewa

Iklan

haikal luthfi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Agustus 2020

Rabu, 7 Oktober 2020 18:51 WIB

Ketahui 5 Manfaat Membacakan Dongeng Pada Anak Sebelum Tidur

Membacakan dongeng untuk anak menjelang ia beranjak tidur, ternyata sangat bagus untuk perkembangan mereka lho. Apa saja manfaatnya? Simak ulasan selengkapnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mendongeng ternyata memiliki manfaat bagi anak. Meskipun tampak sepele, aktivitas ini justru sangat berarti bagi perkembangan mereka. Menurut Reid Lyon dari National Institute of Child Health and Human Development di Bethesda mengatakan, mendongeng dapat membuat anak-anak lebih banyak belajar daripada yang kita kira.

Cerita dari dongeng dapat dipetik manfaatnya, terutama dongeng-dongeng yang mengandung pesan moral. Oleh karena itu pendongeng harus pandai memilih dongeng yang sesuai dengan usia anak serta mengandung nilai pendidikan yang bermanfaat untuk anak.

Biasanya dongeng dibacakan sebelum tidur kepada anak hingga mereka tertidur pulas. Dongeng semacam cerita rakyat, fabel hingga sage (kepahlawanan) merupakan genre dongeng pilihan yang bisa ayah atau bunda bawakan sebelum si kecil beranjak tidur. Dikutip dari laman HaiBunda, judul-judul dongeng seperti cerita Malin Kundang, kisah kancil dan buaya serta legenda Aji Saka memiliki unsur-unsur nilai yang mendidik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 Mendongeng

Adapun dirangkum dari berbagai sumber, manfaat membacakan cerita dongeng sebelum tidur pada anak, meliputi:

  1. Mengembangkan komunikasi

Mendongeng bisa membantu mengembangkan keterampilan komunikasi lisan, kemampuan mendengar, daya ingat, dan pengenalan bahasa pada anak lho. Ini merupakan cara yang baik untuk memperkenalkan dan memperkuat kosakata serta struktur kalimat yang berbeda sejak usia dini.

  1. Meningkatkan perhatian

Melibatkan anak dalam cerita pengantar tidur adalah cara terbaik untuk membantunya terbiasa dengan kebiasaan membaca. Kebiasaan ini sangat bermanfaat, Anda dapat meningkatkan perhatiannya dengan membacakan cerita untuknya setiap malam.

  1. Meredakan kecemasan

Membacakan dongeng pada anak juga dapat merelaksasikan jiwa dan raganya sebelum mereka tidur. Bahkan jika stimulasi ini terus dilakukan, akan membantunya terbebas dari segala bentuk kecemasan.

  1. Meningkatkan kepribadian dan pengetahuan

Ketika membacakan mereka dongeng merupakan waktu yang tepat untuk mempengaruhi si kecil dan mengajari mereka pelajaran hidup. Ini dapat meningkatkan kepribadian dan pengetahuannya.

  1. Membiasakan anak

Menjadikan membaca dongeng sebagai rutinitas akan menjadikan aktivitas tersebut menjadi kebiasaan bagi anak. Lambat laun, kegiatan ini menjadi menyenangkan bagi mereka, sehingga Anda tidak perlu repot-repot memintanya untuk membaca setelah mereka dewasa kelak.

Ikuti tulisan menarik haikal luthfi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

17 jam lalu

Terpopuler