x

Foto: Aksi sang moderator FH UKI, Diana Napitupulu, dalam beberapa Webinar di masa pandemi Covid-19 (Juli-Okt 2020)

Iklan

danny siagian2

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Oktober 2020

Sabtu, 31 Oktober 2020 05:40 WIB

Kehandalan Diana Napitupulu sebagai Moderator, Diakui Sejumlah Nara Sumber Webinar Nasional FH UKI

Kehandalan Dina Napitupulu, moderator langganan Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (FH UKI), dipuji sejumlah nara sumber Webinar Nasional.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

JAKARTA, indonesiana.id

Diana Napitupulu, SH, MH, MKn, M.Sc (akrab disapa Dina), moderator langganan Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (FH UKI) dan lingkungannya, dalam sejumlah Webinar Nasional, diakui bahkan dipuji sejumlah nara sumber.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dina Napitupulu yang diketahui sangat cekatan dan menguasai berbagai tema webinar, dinilai handal mengendalikan acara. Ada 7 (tujuh) webinar yang digelar FH UKI (bukan 6 seperti pernah diberitakan), selama 4 (empat) bulan terakhir ini, dan bekerjasama dengan berbagai pihak.

 

Bukan saja hanya berperan sebagaimana umumnya moderator yang memberi pengantar, mengatur batas waktu para nara sumber dan mengendalikan acara, namun Dina tampaknya turut memastikan ketersediaan materi para pembicara jauh sebelumnya.

 

Dina Napitupulu juga terlihat sangat komunikatif dengan para nara sumber, pengisi acara, host, panitia dan para peserta dalam setiap acara, sehingga nyaris tak ada kelowongan waktu. Termasuk juga sangat cekatan dalam bertindak, jika terjadi gangguan sinyal para nara sumber, yang akan mengganggu ritme jalannya acara, atau gangguan tampilan materi paparan.

 

Dosen dan Kepala Departemen Dasar-dasar Ilmu Hukum FH UKI ini juga harus mampu membaca dan menyortir puluhan bahkan mungkin ratusan pertanyaan di chatting room aplikasi zoom meeting, untuk ditujukan kepada para nara sumber yang mana dalam setiap Webinar. Termasuk memilih dan membatasi para penanya yang antusias bertanya langsung kepada nara sumber, dalam sesi tanya-jawab.

 

Dalam setiap webinar dengan rata-rata total waktu 3 (tiga) jam, Dina mengendalikan waktu sekitar rata-rata 2,5 jam, mulai dari pengantar tema, pengenalan para nara sumber; paparan hingga sesi tanya-jawab. Acara selalu diikuti ratusan peserta, karena Dina juga kerap mengingatkan para calon peserta melalui layanan medsos WhatsApp, beberapa hari sebelumnya.

 

Tak berlebihan, jika pada Webinar Nasional, Kamis, 15 Oktober 2020 lalu bertajuk “Bagaimana Menata Pilkada di Masa Pandemi Covid-19”, nara sumber Dr. Teras Narang, Senator DPD RI dapil Kalteng (mantan Gubernur Kalteng dua periode) memuji Dina usai webinar dengan mengatakan: “Luar biasa. Hebat moderator kita ini. Profesional”. Tak ketinggalan, Jeirry Sumampow yang juga nara sumber di acara tersebut mengatakan: “Ya benar, Hebat.. Hebat moderator kita”.

 

Demikian juga pada webinar September lalu, nara sumber Prof. Dr. John Pieris, S.H., MS, Guru Besar Hukum Tata Negara FH UKI, Ketua Program Studi Doktor Hukum UKI, Anggota Komisi Kajian Ketatanegaraan MPR R.I 2020-2024, sebelum membawakan paparannya mengatakan: “Terimakasih Ibu Dina, yang selalu cerewet mengingatkan saya untuk segera menyerahkan materi ke panitia”.

 

Dalam sambutan pada webinar bulan Juli 2020, Ketua IKA MIH UKI, Aryanti Baramuli Putri, SH., MH, diujung sambutannya mengatakan: “Terimakasih juga kepada sahabat saya, Diana Napitupulu yang tanpa lelah, turut mempersiapkan webinar ini”. Hal senada  juga diungkapkan Saor Siagian, SH., MH, Ketua IKA UKI dalam sambutannya mengatakan: “Saya salut kepada sahabat saya, Dina Napitupulu, yang sudah memberikan waktu, tenaga dan pikiran untuk mewujudkan terselenggaranya webinar di masa pandemi Covid-19 ini”.

 

Ungkapan terimakasih kepada Dina secara jelas juga mengalir dari Dekan Fakultas Hukum FH UKI, Hulman Panjaitan, SH., MH pada webinar bulan Agustus lalu, dan juga dari Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono, SH, MH., MBA, dan nara sumber lainnya.

 

Dari pengamatan di chatting room zoom meeting juga, para peserta selain memuji para nara sumber yang luar biasa dan mumpuni, juga sering melontarkan pujian kepada sang moderator Dina, yang cekatan dalam memilih pertanyaan yang tidak sama. Termasuk meng-“cut” penanya langsung, yang kadang lupa limit waktu bertanya.

 

Sementara itu, dari monitoring awak media ini, sejak bulan Juli hingga Oktober 2020 (4 bulan), Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (FH UKI) telah menggelar 6 (enam) acara Webinar Nasional yang dimoderatori Dina Napitupulu (Seketaris IKA MIH UKI), yang antara lain bekerjasama dengan: IKA MIH UKI; IKA UKI; Kantor Badan Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara; Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UKI; OJK (Otoritas Jasa Keuangan) R.I; Program Studi (Prodi) Doktor Hukum UKI; Komite Pemilih Indonesia (TePI); dan lainnya.

 

Adapun webinar-webinar yang dipandu sang moderator Diana Napitupulu, dan host, Sola Grathia EM Bakhu (mahasiswa S-2 MIH UKI), adalah sebagai berikut ini.

 

  1. Webinar “Crime 4.0, Kejahatan Digital di Masa Pandemi Covid-19”, Jum’at (10/07/2020), pukul 14.00-16.30 WIB, kerjasama IKA MIH UKI dan IKA UKI. Diikuti 201 peserta. Menghadirkan 3 (tiga) nara sumber: Saor Siagian, SH., MH, Advokat dan Ketua Umum IKA UKI; Dr. Firman Wijaja, SH., MH, Advokat dan Ketua Prodi Doktor Ilmu Hukum UNKRIS; Jeremi Lesmana, S.Kom., MM., MH, Ahli IT dan Direktur PT Satya Amarta Prima.

 

  1. Webinar “Peralihan Hak Atas Tanah di Masa Covid-19”, Jum’at (17/07/2020), pukul 09.30-11.30 WIB, kerjasama dengan IKA MIH UKI dan IKA UKI. Diikuti 153 peserta.  Menghadirkan 3 (tiga) nara sumber: Drs. Hiskia Simarmata, MSi, Kepala Kantor Badan Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara; Dr. Aartje Tehupeiory, SH., MH., CIQaR, CIQnR, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UKI; Dr. Udin Nasrudin, SH., MHum., SpN, Notaris.

 

  1. Webinar “Perkembangan dan Tantangan Fintech dimasa COVID-19”, Jum’at (24/07/2020), pukul 14.00-16.00 WIB, kerjasama dengan IKA MIH UKI dan IKA UKI. Diikuti 102 peserta. Menghadirkan 3 (tiga) nara sumber yaitu: Dr. Hendrikus Passagi, S.PA., SH., M.Sc., CFTP, Senior Eksekutif Research, yang juga Senior Advisor OJK (Otoritas Jasa Keuangan); Dr. Bambang Winarno, SH., MH, Dekan Fakultas Hukum Universitas Wisnuwardhana, Malang; dan Jeremi Lesmana, S.Kom., MM., MH, Pakar IT.

 

  1. Webinar “Penegakan Jaminan Perlindungan HKI Bagi Professional  (Pemusik, seniman, akademisi) dan Pengusaha”, Rabu (29/07/2020), pukul 14.00-16.00 WIB. Diikuti 112 peserta. Menghadirkan 3 (tiga) nara sumber yaitu: Hulman Panjaitan, SH., MH (Dekan Fakultas Hukum UKI); Hj. Diana Dewi, SE (Ketua DPD KADIN DKI Jakarta); dan Johnny William Maukar, SH., MM (Sekjen PAPPRI/ Wakil Ketua LMK PAPPRI).

 

  1. Webinar “Hukum Apartemen Dalam Praktek di Indonesia”, tanggal 10 Augustus 2020 pukul 14.00-16.20 WIB. Diikuti 241 peserta. Menghadirkan 3 (tiga) nara sumber yaitu: Dr. Winanto Wiryomartani, SH., M.Hum, Senior Notaris; Dr. Edison Jingga, S.H., M.H dari Jingga Institute; dan Pahala Sutrisno Tampubolon, SH., MKn, Notaris.

 

  1. Webinar Nasional “Aspek Hukum Perkawinan Campur” (Perkawinan Beda Agama dan Perkawinan Beda Kewarganegaraan), Rabu, 23 September 2020, pukul 14.00-17.00 WIB. FH UKI bekerjasama dengan Program Studi (Prodi) Doktor Hukum UKI. Diikuti 486 partisipan. Webinar menghadirkan 3 (tiga) nara sumber top yaitu: Prof. Dr. John Pieris, S.H., MS, Guru Besar Hukum Tata Negara FH UKI yang juga Ketua Program Studi Doktor Hukum UKI; Pdt. Dr. Albertus Patty, MA., M.ST, Pendeta GKI., Aktifis Lintas Agama.,dan Pembina Universitas Kristen Maranatha Bandung; dan Edward ML. Panjaitan, S.H., LL.M, Ketua Departemen Hukum Internasional FH UKI.

 

  1. Webinar “Bagaimana Menata Pilkada di Masa Pandemi Covid-19”, Kamis (15/10/2020), pukul 14.00-16.20 WIB, bekerjasama dengan Program Studi (Prodi) Doktor Hukum UKI dan Komite Pemilih Indonesia (TePI). Diikuti 302 peserta. Menghadirkan 4 (empat) nara sumber top yaitu: Dr. Juri Ardiantoro, S.Pd, M.Si, Deputy-4 Kantor Staf Presiden Republik Indonesia, Mantan Ketua KPU R.I, Mantan Ketua KPUD DKI Jakarta; Dr. Teras Narang, SH, Senator DPD RI dapil Kalteng; Prof. Dr. John Pieris, S.H., MS, Guru Besar Hukum Tata Negara FH UKI, Ketua Program Studi Doktor Hukum UKI, Anggota Komisi Kajian Ketatanegaraan MPR R.I 2020-2024; dan Jeirry Sumampouw, STh, Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI).

 

Tentu, bukan tidak ada kesalahan sang moderator langganan FH UKI ini. Sebab itu, dalam setiap webinar, Dina selalu mohon maaf atas segala kekurangan yang ada. DANTAS

Ikuti tulisan menarik danny siagian2 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu