Ciri-ciri Petani Sukses yang Sebaiknya Kalian Ketahui - Analisa - www.indonesiana.id
x

Sejumlah petani saat memanen bawang merah, di desa Pejagan, Brebes, Jawa Tengah, Minggu (29/12). TEMPO/Imam Sukamto

Panduan Menulis

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 November 2019

Rabu, 18 November 2020 12:46 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • Ciri-ciri Petani Sukses yang Sebaiknya Kalian Ketahui

    Jadi petani, tidak tutup keberhasilan seorang di mana dia harus mempunyai konsep yang bagus untuk memberikan dukungan suksesnya. Beberapa konsep berhasil yang harus dipunyai oleh petani sekarang ini.

    Dibaca : 528 kali

    Bertani telah terkenal semenjak era Neolitik. Di Zaman Perunggu (5000 sampai 4000 SM), bangsa Sumeria mempunyai pembagian kerja di bagian pertanian. Begitu juga sesudah panen, pekerjaan dikerjakan secara bekelompok serta dalam jumlah minimum 3 orang pada sebuah group.

    Orang yang bertani sekarang ini lebih diketahui dengan panggilan petani. Tapi yang diartikan selengkapnya, petani ialah seorang yang beroperasi di sektor pertanian, intinya dengan lakukan pengendalian tanah dengan arah untuk tumbuhkan serta memiara tanaman (misalkan sayur, buah dan lain-lain).

    Petani umumnya memakai hasil pertaniannya untuk keperluan sendiri atau dipasarkan ke seseorang. Jadi petani, tidak tutup keberhasilan seorang di mana dia harus mempunyai konsep yang bagus untuk memberikan dukungan suksesnya. Beberapa konsep berhasil yang harus dipunyai oleh petani sekarang ini sebagai berikut :

     

    Kerja Keras dan Disiplin

    Usaha keras serta disiplin ialah watak paling penting yang tentukan keberhasilan seorang. Kemauan, tekad serta harapan seseirang bila tidak direalisasikan dalam usaha keras jadi tidak bisa menjadi fakta. Petani yang berhasil akan usaha memberi usaha terbaik ke keluarga atau seseorang.

     

    Optimis dan Yakin Pada Hasil

    Seorang petani memerlukan kepercayaan yang ia tanam dalam diri sendiri. Petani harus percaya jika tanaman yang ditanamnya akan sukses serta mempunyai kualitas yang bagus. Kepercayaan semacam ini harus ada semenjak awalnya memilih jadi petani.

     

    Konsisten Dalam Menanam

    Petani yang tersering didapati di Indonesia ialah petani yang menanam sama musim serta reputasi produk pertanian. Misalkan bila produk yang lagi terkenal serta banyak dicari oleh warga ialah cabai, karena itu petani langsung akan mengganti tempat mereka jadi tempat untuk cabai meskipun awalannya untuk kangkung.

    Tetapi, banyak petani yang berhasil dengan stabil menanam tanaman yang serupa berkali-kali hingga dianya jadi pakar dalam mengenal watak tanaman itu.

     

    Menghasilkan Produk yang Berkualitas

    Dalam hasilkan produk pertanian yang bermutu serta baik, karena itu dibutuhkan benih, pupuk serta perawatan yang betul. Banyak perusahaan yang jual benih serta pupuk terhebat di Indonesia pada saat ini. Perusahaan ini sediakan benih dan gizi untuk tanaman.

    Benih yang dipasarkan bermacam jenis, misalkan Kubis Sharira, Tomat Kani, Cabai Keriting Maghma, dan lain-lain. Sedang pupuk yang dipasarkan dengan merk Yara serta Vita4 yang disebut produsen pupuk terpenting di dunia.

     

    Berani Mengambil Risiko

    Waktu hadapi dengan keadaan alam yang tidak baik atau keadaan cuaca serta cuaca yang tidak konstan, petani berhasil tetap menanam walau ada peluang tidak berhasil. Tapi, petani itu tetap harus menimbang penghitungan serta taktik yang masak supaya masih dapat panen dengan hasil memberikan kepuasan.

     

    Miliki Motivasi untuk Sukses

    Pengin berhasil ialah motivasi yang perlu dipunyai oleh tiap petani. Beberapa pemuda yang pengin jadi petani harus berusaha keras serta memajukan sektor pertanian yang ia lalui, disiplin serta menghargakan waktu, produktif serta percaya diri supaya keberhasilan dapat dituai di hari esok.

     

    Tidak Berhenti Berinovasi

    Petani yang terus bereksperimen semakin lebih berhasil dibanding dengan petani yang tidak lakukan apa saja untuk bikin kerja hasil lebih bagus. Dengan lagi bereksperimen, petani akan gampang membuat hal baru hingga memicu keberhasilan petani tersebut. Ini membutuhkan pengembangan serta kreativitas yang tinggi.

     

    Itulah tadi beberapa tanda seorang petani yang berhasil di dunia pertanian yang penting kalian kenali. Mudah-mudahan artikel kesempatan ini bisa menolong kalian dalam memperdalam dunia pertanian untuk semakin maju serta berhasil. Terima kasih.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.