x

Iklan

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 21 Desember 2020 18:51 WIB

5 Resolusi Keuangan untuk Hidup Lebih Tertata di 2021

Hanya yang bisa beradaptasi dengan cekatan lah yang bisa menyelamatkan kondisi keuangan pada 2020

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

2020 segera berakhir. Membuat resolusi keuangan untuk 2021 agar hidup makin tertata itu sangat penting. Apalagi jika di 2020 ini kita mengalami hidup dengan keuangan yang tak tertata dengan baik.

Kondisi keuangan yang tak tertata menjadi semakin buruk manakala pada 2021 ini ada bencana Covid-19 yang membuat kondisi perekonomian terasa seret. Sebagai dampak langsungnya, tidak sedikit dari kita yang mengalami kesulitan keuangan.

Uang menipis dengan cepat pada 2020 karena kondisinya benar-benar berubah, mulai ada yang kena PHK hingga mendapatkan gaji yang tidak penuh seperti tahun-tahun sebelumnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hanya yang bisa beradaptasi dengan cekatan lah yang bisa menyelamatkan kondisi keuangan pada 2020. Nah, berkaca pada pengalaman 2020 inilah, ada baiknya pada 2021 setiap kita benar-benar mengkondisikan keuangan yang lebih tertata.

Berikut ini 5 resolusi keuangan yang layak dipertimbangkan pada 2021:

1. Menambah tabungan pribadi

Menambah atau meningkatkan tabungan pribadi pada 2021 tidak boleh diabaikan begitu saja. Jika pada 2020 ini porsi tabungan baru diangka 10% dari gaji bulanan maka ada baiknya pada 2021 meningkat menjadi 15% dari gaji bulanan.

2. Melunasi utang

Tak ada yang melarang seseorang berutang. Namun yang harus dicamkan bahwa pada dasarnya utang itu sangat membebani. Oleh sebab itu, alangkah baiknya selain menghindari untuk menambah utang pada 2021, sebaiknya melunasi utang yang dimiliki agar beban hidup menjadi lebih ringan. Kalau pun pada 2021 berutang, ada baiknya berpegang teguh pada batasan utang yakni tidak boleh lebih dari 1/3 (sepertiga) dari penghasilan bersih per bulan. Pun dengan catatan, utang yang diperbolehkan hanya untuk produktif, bukannya utang konsumtif.

3. Memulai investasi baru

Investasi bagi sebagai besar masyarakat Indonesia belum menjadi gaya hidup. Banyak yang berpandangan kalau investasi itu hanya untuk mereka yang berduit. Padahal, investasi saat ini sudah sangat mudah dengan modal sangat terjangkau, semisal investasi saham yang dengan modal Rp.100.000 saja kini sudah bisa dinikmati mulai mahasiswa, profesional hingga mereka yang mengaku super sibuk. Investasi saham mudah dilakukan dengan aplikasi IPOT milik Indo Premier Sekuritas. Memulai atau menambah investasi wajib menjadi salah satu resolusi keuanganmu di 2021.

4. Menyiapkan dana darurat

Tak ada yang menyangka pada 2020 dunia akan terpapar virus Corona yang membuat roda perekonomian menjadi lesu. Berkaca dari pengalaman 2020 maka yang namanya dana darurat itu sangat penting kiranya menyiapkan yang namanya dana darurat. Tak ada yang tahun dengan kejadian-kejadian yang akan menyusahkan pada 2021, mulai dari Corona yang belum ada tanda-tanda akan surut hingga kejadian-kejadian yang tak terduga lainnya. Idealnya, jumlah dana darurat (emergency fund) yang harus tersedia adalah 12 kali dari rata-rata pengeluaran bulanan, dengan minimal jumlahnya 3 kali dari rata-rata pengeluaran bulanan.

5. Menambah sumber penghasilan

Hanya yang mampu beradaptasi dengan kondisi paling sulit maka mereka itu lah yang akan mampu berhasil mengarungi 2021 dengan kondisi keuangan yang lebih baik. Oleh sebab itu, menambah sumber penghasilan 2021 itu sangat penting, misalnya dengan pekerjaan-pekerjaan tambahan di luar pekerjaan utama yang tentunya tidak akan mengganggu hasil dan kualitas dari pekerjaan utama.

Ikuti tulisan menarik Dhea lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu