x

Karangan bunga

Iklan

ACADEMIC INDONESIA

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 November 2019

Selasa, 5 Januari 2021 16:20 WIB

Cara Pemasangan Kain Aflo Untuk Papan Bunga

Papan bunga adalah tempat untuk membuat karangan bunga. Adapun jenis-jenis bahannya sangat bermacam-macam, salah satunya bisa memanfaatkan kain aflo. Apa itu kain aflo, manfaat, pemasangan dan cara pembuatannya untuk papan bunga simak artikel berikut ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Cara Pemasangan Kain Aflo Untuk Papan Bunga

Jenis usaha yang sering ada di kota-kota besar adalah papan bunga. Terdapat berbagai jenis basic tapi biasanya sepaket dengan toko florist. Tertarik menjadi pengusaha maupun berbisnis flower board?

Berikut akan dibahas mengenai tipe-tipe pemakaian kain aflo beserta penjelasannya.

Jenis Papan Bunga

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Papan bunga sendiri sebenarnya mempunyai inti makna sebagai sebuah ungkapan kepada seseorang. Menunjukkan bahwa kepedulian baik itu kabar buruk atau hal yang baik. Namun dapat dipecah berdasarkan fungsi atau tujuan serta material yang dipergunakan.

  1. Secara Tujuan

Papan bunga merupakan salah satu benda yang sering dibutuhkan terutama penduduk perkotaan. Biasanya juga dikalangan orang penting maupun pengusaha karena dijadikan sebagai ungkapan. Umumnya terbagi menjadi dua macam yaitu sukacita atau dukungan dan dukacita.

Dukacita mencakup maknanya menunjukkan ungkapan turut bahagia maupun dukungan. Umumnya jika memiliki usaha baru atau ulang tahun perusahaan, sampai peresmian gedung baru. Sedangkan dukacita yaitu mengandung maksud turut berduka cita atas musibah seseorang biasanya kematian.

  1. Secara Material

Papan bunga sendiri juga bisa dibedakan secara material yang dipakai. Biasanya terdapat dua macam yaitu menggunakan bahan alami atau umum dan buatan. Hal tersebut mengarah pada penggunaan kerangka serta bahan-bahan isinya.

Bahan alami bisa dibikin sendiri karena memanfaatkan kayu sebagai kerangka serta bunga asli. Sedangkan jenis kedua menggunakan besi aluminium juga synthetic flower. Namun sebenarnya ada tambahan penggunaan material kain sebagai dasarnya.

  1. Penggunaan Kain Pada Papan Bunga

Seperti telah dibahas di atas terdapat penambahan kreasi yaitu menggunakan kain. Hal tersebut berada pada media penempelan bunga. Jika sebelumnya pewarnaan Styrofoam menggunakan cat, maka kebanyakan sekarang ini memanfaatkan berbagai jenis mulai berudu sampai batik.

Pengusaha papan bunga mulai banyak memanfaatkan karena memiliki berbagai kelebihan. Salah satunya penggunaan kain aflo yang dikhususkan untuk keperluan flower board. Selain itu juga ada dengan pemanfaatan tipe bermotif seperti batik, bunga-bunga, garis abstrak, dan lain-lain.

  1. Kelebihan Kain Aflo

Pasti muncul pertanyaan mengapa kain aflo dipergunakan khusus untuk papan bunga. Hal tersebut tentu melihat dari kelebihan dan manfaat yang diperoleh. Pertama memiliki tekstur lembut namun tebal sehingga bagus ketika dipasangkan.

Kemudian warnanya cerah dan cocok digunakan untuk keperluan outdoor karena tidak luntur dan tahan pudar. Serat kain aflo kuat sehingga aman dari resiko terkoyak setelah beberapa lama. Terdapat juga jutaan mikro hole, efeknya air dapat diteruskan serta kering lebih cepat.

Cara Pemasangan Kain Aflo untuk Papan Bunga

Setelah dibahas mengenai penggunaan dan pemilihan jenis kain aflo untuk flower board. Selanjutnya tentu perlu juga mengetahui bagaimana cara memasangkan dalam pembuatan papan bunga. Langkah-langkah pembuatan juga akan dicantumkan supaya semakin mudah dalam prakteknya. Cara pemasangan ini penulis ambil dari tulisan sederhana salah satu website toko bunga Bekasi yang juga gencar menulis pembahasan serupa.

  1. Langkah Awal

Pertama menggunakan kayu berukuran 2 x 3 m, kemudian dipotong untuk menghasilkan 1,8 m x 2,7 m. Pemilihan ukuran tersebut disesuaikan dengan panjang dan lebar standar Styrofoam. Pengisian membutuhkan 3 buah busa 1,8 m x 90 cm untuk tebalnya sekitar 4 cm polos atau berwarna.

Kedua siapkan kain aflo untuk membungkus papan bunga sebagai colour base. Sebaiknya sesuaikan dengan konsep namun umumnya menggunakan warna full hitam, merah hati, maupun biru tua. Tujuannya supaya semua senada entah mau diberikan warna juga jenis bunga apapun.

  1. Langkah Lanjutan

Penggunaan kain aflo akan membantu menghasilkan papan bunga indah karena tersedia beragam tipe. Mulai dari warna dasar, turunan, sampai bermotif seperti batik juga abstrak. Kemudian tinggal pilih yang sesuai konsep lalu menempelkan ke rangka kayu juga Styrofoam menggunakan paku.

Ketiga setelah kain terpasang sempurna dan kencang penempelan bunga. Jenisnya bisa memakai asli maupun plastik tinggal menyesuaikan selera yang terpenting konsepnya cocok. Alat penempelan dapat menggunakan jarum pentul pastikan rapi.

  1. Langkah Tambahan

Jika ingin menggunakan tulisan sebaiknya sebelum bunga dipasang dibuatlah pola pada media penempelan. Siapkan juga huruf tinggal pasang lalu tempel memakai jarum pentul sampai dirasa sesuai. Kemudian baru disesuaikan tambahan bunga sebagai hiasan yang cantik.

Supaya penempelan rangkaian bunga tampak bagus maka sebaiknya diukur menggunakan meteran agar bisa simetris. Kemudian di tali menggunakan benang tempat-tempat bertanda untuk penempelan. Bahkan pengelompokan warna juga bisa dilakukan ketika sudah disediakan ruangnya.

  1. Finishing

Setelah rangkaian bunga maupun tulisan selesai sebaiknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Terkadang ditemukan sesuatu yang kurang sesuai sehingga dibenahi kembali. Keunggulan jika menggunakan jarum pentul karena bisa dengan mudah dibongkar pasang lagi.

Saat sudah selesai tinggal disatukan antara kerangka papan dengan kaki-kaki yang telah disiapkan. Biasanya menggunakan ukuran menyesuaikan besarnya flower board. Kemudian memakai bentuk empat sisi menyerupai piramida supaya kokoh ketika berdiri dari terpaan angin ringan.

Tips Membuat Papan Bunga Kain Aflo

Terdapat berbagai cara sebenarnya dalam pembuatan papan bunga memakai kain. Maka disini akan diberikan tips penting supaya hasil pembuatan lumayan bagus walau baru memulai. Mungkin isinya lebih ke non-teknis alias soft skill berdasarkan unsur seni maupun perkiraan.

Tips pertama adalah memilih jenis yang sesuai maksudnya secara warna. Alasannya karena menggunakan dasaran kain aflo yang mirip bludru sehingga colour picking penting. Misalkan untuk keperluan ucapan duka cita gunakan jenis full kuning maupun merah hati.

Kemudian pilihlah bunga dengan warna yang masing bisa diterima oleh mata secara keseluruhan. Terdapat beberapa cara pertama gunakan semua jenis cerah misalkan kuning, biru muda, dan merah. Kemudian juga dapat memilih senada yaitu maroon, muda, maupun cerah.

Pengembangan dalam usaha papan bunga memiliki kelebihan tersendiri seperti penggunaan kain aflo. Selain lebih awet, kuat, warna yang beragam serta tidak mudah pudar juga praktis. Tips juga cara pembuatan diatas dapat dipraktekkan sendiri dirumah dengan bahan-bahan tertera.

Ikuti tulisan menarik ACADEMIC INDONESIA lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler