x

Iklan

ACADEMIC INDONESIA

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 November 2019

Rabu, 17 Maret 2021 09:17 WIB

Cara Menghitung Biaya Pengiriman Barang Ekspedisi

Biasanya, di awal-awal kita menggunakan jasa pengiriman barang ke luar negeri, kita bingung berapa biayanya. Artikel ini menjelaskan bagaimana cara menghitung biaya pengiriman barang ekspedisi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Semua orang sesungguhnya bisa membangun jasa ekspedisi pengiriman barang, selama paham cara hitung biaya pengiriman yang benar. Di era komunikasi digital, belum lagi memasuki era pandemi Covid-19, jasa pengiriman barang menjadi salah satu kebutuhan umum bagi para penjual maupun pembeli produk online.

Sayangnya, banyak jasa ekspedisi kecil-kecilan harus kandas sebelum berhasil. Mereka mengaku kesulitan untuk mendapatkan keuntungan dari ongkos pengiriman. Dari mereka kita belajar, bahwa memperinci perhitungan biaya pengiriman harus detail dan benar-benar terencana, sehingga kelak bisa tetap survive.

Aspek yang Perlu Diperhitungkan dalam Biaya Pengiriman

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebelum merumuskan hasil hitung biaya pengirima, beberapa aspek ini patut menjadi pertimbangan dalam menentukan nominal biaya. Tujuannya mengurangi potensi harga akan berubah-ubah lagi karena perhitungan awal yang kurang pas. Berikut ulasannya:

1.      Berat dan volume barang

Dalam usaha jasa pengiriman barang ke luar negeri, tentu saja ukuran dan berat barang menjadi tolak ukur dalam menentukan harga. Berat ini menjadi satuan pembayaran pengiriman sehingga jika barang berjumlah besar, Anda tinggal mengalikan harga satuan berat barang dengan total berat barang tersebut.

Sebagai referensi, jasa ekspedisi lain bisa menjadi pertimbangan. Tujuannya agar Anda bisa memainkan perang harga dengan pesaing. Ingat, jangan terpaku membuat harga paling murah atau mahal, tapi fokuslah membuat harga yang efektif dengan pelayanan Anda.  

2.      Fasilitas pada jasa pengiriman

Tidak kalah penting, petakan keunggulan apa saja yang terdapat pada jasa pengiriman Anda. keunggulan ini akan menjadi pembeda antara usaha jasa Anda dengan milik orang lain. Umumnya, keunggulan ini berkisar kepada fasilitas yang tersedia.

Tidak sepenuhnya benar apabila kita menganggap kunci kesuksesan jual beli terletak pada harga termurah saja. Fasilitas bisa menjadi faktor kuat bagi pembeli untuk menggunakan jasa Anda, misalnya kurir sopan, pengiriman cepat, barang sampai dalam keadaan baik, asuransi, atau apapun itu.  

3.      Metode pengiriman

Cara menghitung jasa ekspedisi tidak luput dari metode pengiriman barang tersebut. Semakin beragam medan yang ditempuh, semakin mahal pula biaya nominal pembayaran. Di Indonesia sendiri, tersedia 4 jenis metode pengiriman barang.

Pertama, melalui darat. Ekspedisi ini mempunyai biaya paling murah. Kedua, pengiriman melalui laut menggunakan kapal laut. Biasanya untuk pengiriman antar pulau atau luar negeri. Biayanya lebih mahal. Ketiga melalui jalur udara dengan menggunakan pesawat cargo. Terakhir yaitu pengiriman dengan jalur lebih kompleks. Misalnya melalui darat lanjut melalui udara, kemudian menyebrangi laut.

4.      Klasifikasi barang

Aspek terakhir ialah jenis barang. Pasalnya, beberapa barang mungkin saja membutuhkan pengemasan berlapis lengkap dengan property lain seperti kayu. Beberapa barang membutuhkan pelayanan yang sangat hati-hati misalnya laptop atau barang elektronik lainnya.

Dengan begitu, barang-barang istimewa umumnya terkena biaya ongkos kirim lebih mahal daripada barang biasanya.  

Tips Hitung Biaya Pengiriman

Biasanya, para penyedia jasa pemula kebingungan untuk hitung biaya pengiriman. Kebingungan ini tentu saja wajar, terutama bagi mereka yang sama sekali belum mempunyai pengalaman di bidang pengiriman bidang pengiriman. Tapi tidak perlu khawatir, itu semua dapat dipelajari melalui uraian di bawah ini:

1.      Pelajari dahulu harga dari jasa ekspedisi lain

Pertama, cara menghitung ongkir berdasarkan jarak paling praktis untuk pemula adalah melakukan riset terhadap jasa-jasa ekspedisi yang sudah ada sebelumnya. Tujuannya adalah mendapatkan gambaran pantas berapa tarif lazim di tempat Anda.

2.      Identifikasi jangkauan tim kurir

Kenali lebih dahulu berapa jangkauan pengiriman yang Anda mampu. Sebagai pemula, tentu Anda belum bisa menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. Tidak masalah untuk melebarkan sayap di beberapa kota sekitar terlebih dahulu untuk kemudian meluaskannya perlahan.

Dengan pengetahuan tersebut, Anda bisa menjadi lebih mudah dalam menghitung cakupan agar keuntungan dapat maksimal. Meskipun wilayah terbatas, kelayakan gaji untuk para kurir dan uang pengembangan usaha tetap terpenuhi dengan baik. 

3.      Membuat perincian anggaran

Jika Anda adalah seorang penjual lauk makanan matang, kemungkinan besar cara Anda untuk menentukan harga adalah dengan menghitung secara rinci berapa anggaran belanja bahan-bahan, gaji tukang masak, dan biaya operasional lainnya.

Hal yang sama bisa Anda terapkan ketika menetapkan tarif pengiriman. Rinci saja berapa keperluan bensin selama proses pengiriman ke wilayah sasaran. Meskipun nampak manual, ini adalah cara paling aman bagi Anda untuk menetapkan harga terbaik.    

4.      Membuat strategi meminimalisir harga

Sebagaimana sempat disebut tadi, harga bukanlah patokan utama bagi seseorang untuk menggunakan jasa Anda. Namun, harga yang kecil akan membuat jasa Anda menjadi bahan pertimbangan untuk pertama kali karena memiliki harga paling murah.

 Minimalisir harga ini bisa Anda lakukan dengan menerapkan beberapa trik. Misalnya membentuk sistem estafet di beberapa wilayah kota dengan jarak agak jauh. Cara menghitung ongkir makanan berdasarkan jarak juga bisa menjadi strategi jitu mengingat saat ini banyak orang membeli makanan secara online.

5.      Rencanakan event promo harga

Selain menetapkan tarif harga termurah, alangkah baiknya sekaligus merancang event promo atau potongan harga sebagai ajang meningkatkan jumlah pelanggan. Meskipun Anda sudah membuat harga semurah mungkin, usahakan tetap ada space untuk melakukan promo potongan harga.

Event ini bisa Anda lakukan pada saat-saat special, misalnya hari ulang tahun usaha jasa ekspedisi, tembus 1000 pelanggan, menyambut hari kemerdekaan Indonesia, atau lain sebagainya sesuai dengan kreatifitas.

Demikian beberapa tips dan trik cara hitung biaya pengiriman yang simple, aman, dan tentunya menghasilkan keuntungan maksimal. Melihat kondisi masyarakat yang hobi berbelanja secara online, peluang membuka usaha jasa pengiriman mempunyai peluang yang sangat besar dan sangat sayang jika terlewatkan.

Ikuti tulisan menarik ACADEMIC INDONESIA lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler