x

Iklan

Admin KreativeUnit

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Januari 2021

Kamis, 7 Januari 2021 06:47 WIB

Bagaimana Cara Mengetahui dan Memperbaiki Keyboard?

Anda sedang mengerjakan laptop Anda, dan tiba-tiba, tombol "I" berhenti bekerja. Atau mungkin seluruh bagian kunci butuh waktu lama untuk merespons. Lebih buruk lagi, keyboard mati seluruhnya. Meskipun ini bisa merepotkan, terutama saat Anda memiliki waktu kerja, ada beberapa hal yang dapat Anda coba sendiri untuk kembali ke pekerjaan yang ada.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Anda sedang mengerjakan laptop Anda, dan tiba-tiba, tombol "I" berhenti bekerja. Atau mungkin seluruh bagian kunci butuh waktu lama untuk merespons. Lebih buruk lagi, keyboard mati seluruhnya. Meskipun ini bisa merepotkan, terutama saat Anda memiliki waktu kerja, ada beberapa hal yang dapat Anda coba sendiri untuk kembali ke pekerjaan yang ada.

Apakah Masalah Hardware atau Software?


Sebelum Anda mencoba perbaikan acak, coba persempit masalah Anda: apakah ada yang salah dengan perangkat keras keyboard itu sendiri, atau apakah ada kesalahan perangkat lunak yang mencegah Windows mengenali penekanan tombol? Mengetahui hal ini dapat menghemat banyak waktu nanti.

Nyalakan ulang komputer Anda dan coba masuk ke UEFI atau BIOS — biasanya dengan menekan "Hapus", "Esc," atau tombol lain saat komputer Anda boot. (Ini akan memberi tahu Anda tombol mana yang harus ditekan di sepanjang bagian bawah layar.) Jika Anda tidak dapat masuk ke BIOS dan menavigasi dengan keyboard Anda, ada kemungkinan besar Anda berurusan dengan masalah perangkat keras. Jika Anda dapat masuk ke BIOS, dan tombol masalah berfungsi dengan baik di dalam menu itu, masalah Anda ada di dalam Windows itu sendiri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Keluar dari BIOS tanpa menyimpan perubahan Anda dan lanjutkan ke beberapa perbaikan di bawah ini. Anda mungkin harus memasang keyboard USB untuk memecahkan masalah.

Reboot PC Anda


Jika Anda mengikuti saran di atas, Anda sudah melakukan ini, tetapi untuk berjaga-jaga: sudahkah Anda mencoba mematikannya dan menyalakannya lagi? Sebuah reboot memperbaiki seribu penyakit, seperti yang biasa dikatakan oleh manajer TI saya yang lama. Jika Anda tidak dapat menggunakan trackpad atau mouse untuk mem-boot ulang PC, cukup tahan tombol daya selama 10-15 detik untuk mematikan PC, lalu hidupkan kembali.

Jika itu tidak menyelesaikan masalah, coba boot ke Safe Mode dan lihat apakah berhasil — ini tidak akan memperbaiki masalah secara permanen, tetapi ini akan membantu Anda menentukan apakah keyboard Anda rusak atau tidak.

Instal Ulang Driver Keyboard Anda


Terkadang driver yang mengelola keyboard Anda dapat mengalami masalah, terutama jika Anda sering menginstal perangkat lunak pihak ketiga dan / atau Anda mematikan mesin setiap saat tanpa menggunakan perintah Matikan.

Buka menu Start dan ketik "Device Manager." Tekan Enter, dan perluas bagian Keyboard. Jika salah satu item di bagian ini memiliki tanda seru kuning di sebelahnya, itu dapat menunjukkan adanya masalah. Meskipun Anda tidak melihat tanda seru, saya sarankan untuk mengklik kanan keyboard Anda di menu ini dan memilih Uninstall Driver. Reboot PC Anda, dan Windows akan secara otomatis mengambil driver generik untuk keyboard Anda, yang dapat menyebabkannya berfungsi kembali.

Jika itu tidak menghidupkan kembali tombol, atau jika ikon Keyboard bahkan tidak terlihat di Device Manager, buka halaman dukungan pabrikan laptop dan instal driver terbaru untuk keyboard. (Jika tidak ada driver keyboard, coba instal ulang chipset dan / atau driver USB.)

Sesuaikan Pengaturan Keyboard Anda

Pengaturan perangkat lunak tertentu dapat menyebabkan keyboard Anda berperilaku tidak menentu, meskipun dimaksudkan untuk bermanfaat. Misalnya, jika pengaturan Repeat Delay keyboard Anda terlalu pendek, menekan tombol mungkin akan mengetikkan dua karakter atau lebih. Buka pengaturan keyboard Anda dengan membuka menu Start, ketik "Control Panel," dan cari Keyboard di sudut kanan atas jendela Control Panel.

Sebaliknya, jika Anda melihat penundaan antara menekan tombol dan karakter itu muncul di layar, Anda mungkin ingin menyesuaikan pengaturan Tombol Filter. Dari menu Start, cari Ease of Access, masuk ke menu itu, dan klik "Jadikan keyboard lebih mudah digunakan." Jika Tombol Filter diaktifkan, hapus centang pada kotak itu dan tekan OK untuk melihat apakah itu membantu. (Demikian pula, jika keyboard Anda berperilaku aneh, pastikan Sticky Keys juga dimatikan di menu ini.)

Ubah Tata Letak Keyboard Anda


Jika tombol keyboard Anda berfungsi tetapi menghasilkan huruf yang berbeda dari yang ditunjukkan oleh tombol, mungkin bahasa atau tata letak keyboard Anda berubah secara tidak sengaja (atau seseorang di kantor Anda melakukan lelucon yang sudah berusia puluhan tahun).

Buka menu Start dan ketik "Bahasa" untuk menemukan panel pengaturan Wilayah & Bahasa Windows. Klik di atasnya, lalu buka daftar bahasa Anda. Klik salah satu yang ingin Anda gunakan — untuk sebagian besar pengguna AS adalah bahasa Inggris (Amerika Serikat) —dan klik tombol Opsi. Pastikan US QWERTY tersedia di bawah Keyboard di halaman berikutnya, dan hapus semua tata letak keyboard yang tidak Anda gunakan.

Periksa Crumbs / Debu


Solusi di atas semuanya berbasis perangkat lunak, tetapi jika Anda mengikuti instruksi awal kami dan mencurigai masalah Anda terkait dengan perangkat keras, Anda harus mengotori tangan ... secara harfiah. Anda mungkin harus membersihkan keyboard Anda .

Pegang laptop Anda dalam posisi terbalik, atau setidaknya pada sudut 45 hingga 75 derajat dari horizontal dan goyangkan laptop dengan baik. Terkadang remah-remah dari makan siang saat bekerja atau istirahat camilan terakhir Anda bisa tersangkut di bawah kunci. Ini lebih merupakan masalah untuk laptop lama, tetapi layak dicoba bahkan pada yang baru.

Jika Anda memiliki penyedot keyboard atau sekaleng udara terkompresi, bersihkan bagian sudut dan celah keyboard Anda dengan cepat. Jika satu atau dua tombol macet karena tumpahan soda, lepaskan tutup kunci yang mengganggu dari keyboard dan coba bersihkan sebanyak mungkin cairan kering dari tombol. Oleskan alkohol atau air sabun pada kain lap — bukan pada keyboard — dan bersihkan residu lengket. Kapas juga bisa berguna di sini, berhati-hatilah dan jangan membongkar sakelar kunci kecuali Anda tahu apa yang Anda lakukan.

Jika ada bagian yang luas dari keyboard yang macet karena kerusakan cairan, seperti secangkir soda atau kopi yang tumpah, jalan terbaik Anda mungkin adalah dengan mengganti unit keyboard.

Lepaskan Baterai (Jika Bisa)


Terkadang, baterai laptop — yang berada di bawah keyboard — dapat menyebabkan masalah. Jika laptop Anda memiliki baterai yang dapat dilepas, coba matikan laptop, lepas baterainya, lalu hubungkan kabel daya. Coba boot laptop tanpa memasang baterai, hanya menggunakan daya AC.

Jika keyboard hanya berfungsi saat baterai dilepas, Anda mungkin perlu mengganti baterai . (Pastikan untuk mendapatkan baterai resmi dari produsen laptop — kami tidak merekomendasikan baterai laptop pihak ketiga untuk alasan keamanan).

Reseat Bad Connections


Terkadang keyboard kehilangan koneksi dengan motherboard laptop, dan Anda memiliki keyboard yang berfungsi sesekali atau tidak berfungsi sama sekali. Jika Anda seorang ahli IT, melepas casing luar dan menyambungkan kembali kabel pita di bagian bawah keyboard akan menjadi permainan anak-anak.

Jika tidak, periksa situs produsen laptop Anda untuk instruksi tentang membongkar laptop Anda sehingga Anda dapat menyambungkan kembali kabel pita itu. Jika Anda merasa tidak nyaman membongkar laptop Anda, bawa ke depot servis agar profesional dapat memeriksanya.

Keyboard Rusak


Jika Anda masih dalam masa garansi, coba saluran dukungan teknis pabrikan laptop Anda. Jika mereka menentukan Anda menggunakan keyboard yang rusak, Anda seharusnya bisa menggantinya di depot servis tanpa terlalu banyak kerumitan.

Namun, sebelum Anda mengirim laptop Anda atau menyerahkannya kepada teknisi servis, selalu disarankan untuk mencadangkan hard drive Anda atau melepasnya sepenuhnya dan menahannya. Dengan begitu Anda akan tetap memiliki data Anda, yang merupakan bagian terpenting dari laptop Anda.

Memiliki kunci mengapa keyboard Anda berhenti berfungsi tidak berarti Anda harus membuang laptop Anda sama sekali. Perbaikan kami di atas harus mengatasi sebagian besar kemungkinan masalah, tetapi jika Anda tidak dapat membuatnya berfungsi, gunakan keyboard USB untuk saat ini dan dapatkan laptop Anda diperiksa oleh seorang profesional saat Anda punya waktu.

Sumber : https://www.kreativeunit.com/2020/12/TEKNO-CekKeyboard.html

 

Ikuti tulisan menarik Admin KreativeUnit lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

9 jam lalu

Terpopuler