x

Dampak seseorang yang mengalami kecanduan terhadap video atau permainan berbasis internet (game online) sangat besar. Seseorang yang mengalami adiksi, di samping mengalami keluhan secara fisik juga mengalami perubahan struktur dan fungsi otak.\xd \xd Demikian pernyataan salah seorang praktisi kesehatan jiwa, dr. Kristiana Siste, SpKJ(K) saat ditemui dari Departemen Psikiatri FK UI RSCM, Senin petang (2/7).\xd \xd \x201cStruktur dan fungsi otaknya mengalami perubahan. Jadi, kalau kita lihat otaknya pake MRI, ada perubahan di bagian otak pre-frontal cortex\x201d, tutur dr. Siste.\xd \xd Gangguan pada bagian otak tersebut mengakibatkan orang yang mengalami suatu ketergantungan atau kecanduan kehilangan beberapa kemampuan/fungsi otaknya, antara lain fungsi atensi (memusatkan perhatian terhadap sesuatu hal), fungsi eksekutif (merencanakan dan melakukan tindakan) dan fungsi inhibisi (kemampuan untuk membatasi).

Iklan

Ahmad Ansori

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 November 2020

Kamis, 21 Januari 2021 06:36 WIB

5 Dampak Positif Pengaruh Game Online yang Perlu Anda Tahu

Apa saja dampak positif bermain game online ?, yuk cari tahu selengkapnya diartikel ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bermain game online rupanya tidak selamanya membawa imbas jelek, lho. Anda dapat rasakan dampak positifnya bila tidak dilaksanakan secara berlebihan, seperti di bawah ini. 

Semua tindakan yang dilaksanakan seorang tentu mempunyai segi positif dan negatif, seperti aktivitas bermain game online. Ini sesungguhnya dikuasai oleh pemikiran yang berbeda. Sejauh ini, sejumlah besar orangtua akan menyaksikannya dari 1 segi saja hingga aktivitas ini akan nampak buruk.

Pada intinya, imbas bermain game tidak selamanya buruk. Anda perlu melihatnya dari sisi yang lain dari umumnya. Disamping itu, dikuasai oleh perubahan tehnologi yang membuat sejumlah besar beberapa anak sampai dewasa senang permainan semacam ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lalu, apa bermain game online mempunyai imbas baik? Di bawah ini ada 5 dampak positif dari bermain yang dapat Anda alami yang saya lansir dari esportsku.com.

 

1. Menambahkan Rutinitas Otak

Salah satunya imbas positif game online yang dapat Anda alami yakni menambahkan dan mempertajam rutinitas otak. Sudah pasti, pada tiap permainan diperlukan fokus tinggi agar konsentrasi capai score paling tinggi. Disamping itu, sekalian mengakhiri visi diperlukan taktik pas hingga memaksakan otak Anda untuk cari pengembangan agar menang menantang lawan.

 

2. Melatih Rasa Kesportifan Pada Musuh

Dampak game online seterusnya yakni bisa melatih rasa sportifan pada musuh. Ini bisa membuat Anda lebih siap terima kekalahan tanpa rasa patah semangat atau kemenangan dengan rendah hati. Langkah semacam ini bisa membuat Anda bermain lebih jujur mengikut ketentuan yang berjalan.

Umumnya permainan olahraga online ini bukan hanya didalami oleh beberapa orang dewasa saja, tetapi beberapa anak sampai remaja juga dapat pahami arti dari bermain game online. Permainan online bisa dimainkan oleh nyaris semua umur tetapi yakinkan Anda pun memantau beberapa anak supaya tidak berlebihan dalam memainkan.

 

3. Mengasah Kemampuan Kerja selaku Team

Dalam tempat permainan online sering diperlukan kerja sama team untuk memperoleh satu kemenangan dan bonus. Karena itu, Anda akan dilatih supaya terlatih berbicara aktif bersama team untuk saling menolong dan memberikan dukungan.

Komunikasi ini bisa juga digunakan untuk mengendalikan taktik antar pemain supaya makin solid menantang lawan. Ini penting agar kemenangan lebih gampang didapat.

 

4. Membiasakan Diri dengan Lebih dari Satu Aktivitas

Agar capai keberhasilan saat bermain game online, diperlukan ketrampilan yang bagus. Karena itu, Anda memerlukan fokus tinggi agar lakukan hal itu. Rutinitas itu bisa hasilkan imbas positif game online yakni terbiasa melakukan lebih satu aktivitas secara bertepatan.

 

5. Menghibur Diri dengan Rutinitas Berbeda

Bermacam rutinitas yang kita menghadapi memang sering memunculkan rasa jemu. Hati semacam itu bisa memengaruhi berkurangnya performa seorang baik beberapa anak di sekolah sampai orang dewasa yang telah bekerja. Jadi, mulai cari rutinitas berbeda seperti bermain game online untuk menghibur diri dan mengembalikan semangat. 

Demikian artikel 5 Dampak Positif Pengaruh Game Online yang Perlu Anda Tahu. Rupanya, bermain permainan online tidak selamanya jelek bila tidak dilaksanakan secara berlebihan.

Ikuti tulisan menarik Ahmad Ansori lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB