x

Iklan

Muhammad Rizky 015

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 17 Januari 2021

Senin, 25 Januari 2021 10:45 WIB

Kehidupan Malam Remaja di Jakarta Dalam perspektif komunikasi Intrapersonal

Nama saya Muhammad Rizky ( 1906015163 ) Mahasiswa Universitas Prof.DR.HAMKA,Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Komunikasi. Akan menguraikan sebuah penjelasan dari opini saya yang terkait dengan judul diatas, di dalam Perspektif Komunikasi Intrapersonal. Kehidupan Malam di Jakarta adalah sebuah situasi yang dimana banyak sekali berbagai aktivitas,yang sering dilakukan oleh para Remaja .

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Melihat fenomena yang terjadi pada kehidupan malam di Jakarta adalah sebuah situasi dimana banyak sekali berbagai aktivitasyang sering dilakukan para remaja. Aktivitas yang biasa dilakukan para remaja daerah Jakarta Selatan  biasanya berkumpul bersama–sama d isuatu tempat dengan santai sambil berdiskusi mengenai sesuatu hal yang biasa disebut dengan kata “Nongkrong “. Aktivitas seperti ini sudah menjadi tradisi dari masa ke masa dan tidak bisa disalahkan karena masing – masing saling bertukar Pikiran satu sama lain.

Tidak hanya itu saja aktivitas yang mereka lakukan, ada juga aktivitas lainnya yaitu dengan cara mengelilingi kota Jakarta bersama-sama dengan menggunakan Motor atau biasa disebut dengan sebutan, “ Night Ride / Perjalanan Malam”. Sambil  menikmati  indahnya  pemandangan yang ada, mulai dari terangnya lampu kota trs ada berbagai macam bentuk gedung – gedung yang dihiasi oleh banyaknya cahaya berkelap-kelip dan ditemani dengan suasana malam yang begitu sejuk. Dan didalam aktivitas ini  mereka tak pernah melewatkan berbagai moment yang mereka lakukan dengan cara mendokumentasikannya

          Akan tetapi ada sebuah aktivitas para Remaja di Jakarta yang sangat meresahkan dan dapat merugikan diri sendiri dengan cara melakukan Tindakan Kriminal yaitu melakukan aksi Tawuran antar kelompok yang  membuat masyarakat sekitar menjadi resah dan membahayakan diri sendiri dan orang lain. Biasanya aktivitas ini terjadi karena adanys kesalahpahaman atau perselisihan antar kelompok yang dapat mengakibatkan suatu konflik. Serta ada juga para Remaja yang menghabiskan waktunya di dalam sebuah Club Malam atau tempat berpesta sambil meminum-minuman keras dan berdansa bersama dengan diiringi oleh suara musik yang dimainkan oleh seorang DJ. Para Remaja yang melakukan hal yang memiliki suatu hal seperti itu karena terancam oleh Krisis Teladan dan Pengaruh Lingkungan yang dapat mempengaruhi Perubahan suatu Kondisi yang ada pada diri mereka.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dari sisi Komunikasi intrapersonal kita bisa melihat , bahwasannya kehidupan malam Remaja di Jakarta dapat terjadi karena adanya reinkarnasi stimulus yang dapat melahirkan  balasan dalam bentuk perilaku yang menyimpang.

Komunikasi Intrapersonal merupakan proses Komunikasi yang terjadi didalam diri sendiri atau sebuah proses Komunikasi yang  dilakukan hanya satu orang saja.

 contohnya seperti berbicara pada diri sendiri atau memberikan sebuah makna  pada lingkungan sekitar dan memikirkan sesuatu hal atau suatu masalah dengan mempertimbangkan sampai mengambil keputusan.

Di dalam Komunikasi Intrapersonal ada sebuah keterlibatan internal secara aktif dari individu dalam pemrosesan simbolik dari pesan-pesan. Contohnya seseorang menjadi pengirim dan sekaligus penerima pesan yang telah disampaikan atau berbicara pada diri sendiri. Menurut Notoatmodjo (2005), komunikasi intrapersonal adalah komunikasi yang terjadi di dalam diri sendiri atau saat seseorang sedang memikirkan suatu massalah. Komunikasi ini juga bisa terjadi saat seseorang melakukan pertimbangan sebelum mengambil keputusan.

Berdasarkan Perspektif Komunikasi intrapersonal, Dapat disimpulkan bahwa Kurangnya kepatuhan dari para remaja juga dapat memicu  untuk para remaja ikut aktif dalam kehidupan malam. Dan terlepas dari itu, Peran keluarga sebagai objek negara harus dilakukan secara maksimal perannya. Namun, orang Tua juga harus bekerja sama dengan sekuat – kuatnya untuk membangkitkan  sebuah wadah rumah tangga yang baik dan nyaman sehingga remaja  dan seluruh keluarga dapat sejahtera dan semakin terbuka wawasannya dan  memiliki pola pikir yang maju. Sehingga tidak terjerumus ke hal negatif dan dapat merugikan moral.

Sesuatu hal seperti ini akan menjadi sebuah kewajiban bersama untuk seluruh elemen masyarakat, mulai dari keluarga sampai ke pemerintah. Untuk dapat memunculkan sesuatu hal  yang mempunyai dampak positif untuk lingkungan remaja. Tidak hanya memantau perilaku atau aktivitas remaja saja , Namun juga ikut serta dalam menciptakan suasana yang dapat mempengaruhi pola pikir dan aktivitas para remaja. Hal seperti ini terjadi karena para remaja adalah generasi penerus bangsa , jika para remaja dibentuk oleh lingkungannya ke arah yang negatif maka bangsa ini akan hancur, akan tetapi jika diarahkan ke hal yang positif maka bangsa ini akan menjadi sebuah bangsa yang memiliki pola pikir yang inovatif dan memiliki pemikiran yang maju.

Ikuti tulisan menarik Muhammad Rizky 015 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

10 jam lalu

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

10 jam lalu