x

Iklan

Panduan Menulis

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 November 2019

Selasa, 2 Februari 2021 07:24 WIB

Cara Merawat Sepeda yang Mudah dan Sederhana

Trend sepeda tampil di tengah-tengah wabah ini mungkin karena publik luas ingin memburu gaya hidup sehat untuk tingkatkan kekebalan tubuh.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Demam sepeda dalam beberapa bulan akhir menulari warga perkotaan di Indonesia. Hoby baru yang tampil saat wabah menyodok di Tanah Air. Trend sepeda tampil di tengah-tengah wabah ini mungkin karena publik luas ingin memburu gaya hidup sehat untuk tingkatkan kekebalan badan. Ini adalah berita baik, ingat sepeda ialah model transportasi yang ramah lingkungan dan dapat digunakan sebagai fasilitas piknik.

Akan tetapi, pemakai baru perlu memperlengkapi dianya dengan pengetahuan langkah menjaga sepeda yang benar dan baik. Buat sepeda yang baru mereka punyai tidak gampang hancur dan kesehatannya terbangun. Oleh karena itu, tipandroid.com akan coba memberi panduan singkat berkenaan langkah menjaga sepeda.

Cara ini bisa dilaksanakan untuk bermacam tipe sepeda, karena cara-caranya cukup general dan mengarah beberapa hal yang tidak detil. Dapat dilaksanakan dengan simpel dan di dalam rumah saja! Yok,langsung kita ulas. Dikumpulkan dari berbagai sumber, di bawah ini pembahasan cara merawat sepeda itu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Rutin Cek Tekanan Ban

 

Cara merawat sepeda yang pertama ialah lakukan pengujian kekerasan ban secara teratur. Ini karena kekerasan ban akan punya pengaruh pada kenyamanan sepeda ketika digunakan. Yakinkan, kekerasan ban seperti; tidak begitu keras dan dan kempes dan pengujian harus dilaksanakan saat sebelum sepeda digunakan. Seandainya sepeda jarang-jarang kamu pakai, cukup check penekanan kekerasan ban dua sampai tiga minggu dalam sekali.

 

Perhatikan Kebersihan Body Sepeda

 

Sepeda yang tiap minggunya digunakan, perlu teratur dibikin bersih secara periodik. Kotoran yang melekat pada bodi sepeda, bisa akibatkan karat. Pasti, kamu tidak ingin ‘kan terjadi begitu? Karena itu, lihat kebersihan sepeda dengan cermat.

Bersihkan bodi sepeda termasuk sederhana. Kamu cuman memerlukan lap basah untuk membersihkannya. Bila banyak kotoran dan bintik bandel, kalian bisa memandikannya dengan sabun dan air khusus. Janganlah lupa, bebaskan semua aksesories sepeda saat sebelum dia dibikin bersih, ya.

 

Bersihkan Rantai dan Gir

 

Selain teratur bersihkan bodi sepeda supaya terlihat kilap. Janganlah lupa untuk bersihkan sisi rantai dan gir sepeda. Rantai dan gir yang kotor, berpengaruh pada kenyamanan sepeda saat kamu pakai.

Gunakan saja lap basah yang kamu gunakan saat memandikan bodi. Membersihkan rantai dan gir dengan lengkap, sampai kotoran yang melekat luruh seutuhnya. Supaya lebih pleno, sesudah rantai dan gir bersih, pasangkan pelumas khusus untuk sepeda.

 

Pastikan Rem Berfungsi dengan Baik

 

Cara merawat sepeda yang tidak kalah pentingnya adalah pastikan rem berperan dengan maksimal. Sering-seringlah kerjakan pengujian pada ampas rem. Jika ampas rem telah tipis, benar-benar dianjurkan untuk menukarnya sama yang baru dan janganlah lupa pasangkan juga minyak rem khusus.

 

Pastikan Baut dan Mur Terpasang dengan Baik

 

Untuk pemakai sepeda lama, pengujian baut dan mur juga tidak kalah keutamaan. Yakinkan bila baut dan mur kesemua sisi sepeda dipasang dengan kuat. Bila penempatannya kendor, dicemaskan terjadi suatu hal yang tidak diharapkan.

 

Cek ke Bengkel Sepeda

 

Seperti kendaraan yang mempunyai mesin, tidak ada kelirunya bila kamu juga lakukan servis sepeda ke sebuah bengkel. Maksudnya untuk memeriksa kesehatan sepedamu keseluruhannya. Ditambah, bila sepedamu itu telah berasa tidak nyaman dan rasanya punyai masalah. Coba periksa ke bengkel, tidak perlu teratur, kemungkinan 3 bulan 1x, atau bahkan juga 2x dalam setahun.

 

Simpan dengan Baik

 

Cara merawat sepeda yang paling akhir adalah memperhatikan penyimpanannya. Jangan cuman dan sembarangan. Upayakan sepeda tidak terserang cipratan air hujan dan sinar matahari langsung. Disamping itu, bila sepeda tidak akan digunakan dalam waktu lama, menggantung saja dia, supaya keadaan bannya masih sempurna.

 

Itulah beberapa cara merawat sepeda gunung yang dapat kamu lakukan di rumah, agar sepeda mu tahan lama. Mudah-mudahan berguna ya, terima kasih.

Ikuti tulisan menarik Panduan Menulis lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu