x

sumber gambar: jatenglive.com

Iklan

Septi Yadi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Januari 2021

Selasa, 2 Februari 2021 12:32 WIB

Dua Sosok Milenial Ini Terjun ke Pemerintahan, Siapakah Mereka?

Saat ini pemuda-pemudi generasi milenial di Indonesia sudah mampu terjun ke ranah pemerintahan. Meskipun minimnya pengalaman, api semangat mereka tak terkalahkan. Dua sosok milenial ini namanya beberapa kali muncul di pemberitaan media, siapakah mereka?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kaum milenial saat ini mendapatkan tempat di bidang pemerintahan contohnya seperti staf khusus Presiden RI yang menggandeng pemuda-pemudi milenial. Perannya pun beragam, mulai dari juru bicara di bidang sosial membuat pidato terkait politik dan pers hingga staf khusus bidang hukum. Sama halnya di dunia investasi dalam Kemenko Marves.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves)  Luhut Binsar Pandjaitan juga mendorong peran milenial dalam dunia investasi. Terbukti dengan dua nama yang muncul di beberapa media sekitar pertengahan tahun 2020 lalu.

Mereka adalah Septian Hario Seto dan Jona Widhagdo Putri. Jika nama mereka masih asing di telingamu, tidak ada salahnya kan berkenalan dengan dua kaum milenial berbakat ini?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saat pertama kali membuka situs resmi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Dalam situs tersebut, nama Septian Hario Seto berada di bawah kepemimpinan Luhut sebagai Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan tahun 2020. Dirinya sering mewakili Menko LBP untuk memberikan keterangan pers. 

Seto yang merupakan kelahiran tahun 1984 tersebut merupakan komisaris independen milenial di BUMN, khususnya di Bank BNI. Riwayat pendidikannya pun patut diacungi jempol, Seto memperoleh gelar Sarjana Jurusan Akuntansi Universitas Indonesia dan melanjutkan Sarjana (S2) nya di Jurusan International Finance, SKEMA Business School

Perjalanan karier Seto juga patut diperhitungkan. Sebelum menjadi Komisaris BNI dan Deputi Bidang Koordinator Investasi dan Pertambangan, Seto sempat bekerja di Toba Bara Sejahtra, sebagai Corporate Finance Manager selama 8 tahun. Sedangkan di tahun 2006-2007, Seto pernah menduduki posisi Associate Auditor in Energy and Mining Division di PricewaterhouseCoopers.

Selain Seto, nama milenial yang berhasil menarik perhatian Luhut adalah Jona Widhagdo Putri.

Jona lahir di tahun 1982. Dirinya menempuh pendidikan Sarjana Manajemen Bisnis di University of London dan meraih Master of Art di Beijing bidang Ekonomi, Perdagangan, dan Bahasa serta pendidikan doktoral di Fudan University, Shanghai, China. 

Nama Jona muncul sebagai staf pengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia jurusan Hubungan Internasional. Di tahun 2015 silam, Jona dipercaya menjadi penerjemah Presiden RI Joko Widodo dalam pertemuan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping pada peringatan Konferensi Asia Afrika di Bandung. Sedangkan di tahun 2020, Jona diberikan mandat sebagai Penasihat Khusus Menko bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia. 

Seto dan Jona pernah dipertemukan ketika Menko Marves mendapat tugas dari Jokowi untuk fokus menekan laju penularan virus Covid-19 di sembilan provinsi dalam kurun waktu 2 minggu. Di antara 5 orang yang ditunjuk yaitu Monica Nirmala, Jona Widhagdo Putri, Hernando Wahyono, Septian Hario Seto, dan Purbaya Yudhi Sadewa, hanya 1 orang saja yang memiliki latar belakang sebagai Ahli Kesehatan, yaitu Monica Nirmala. Dilansir dari tirto.id, Jona mendapatkan arahan untuk kerja mempercepat penanganan Covid-19 dengan cara yang baik dan terukur.

Terbukti bahwa ranah pemerintahan perlahan sudah mulai dimasukki oleh generasi milenial. Peran dan tugas mereka pun tidak sembarangan. Minimnya pengalaman bukan menjadi persoalan utama, semangat pemuda-pemudi milenial tak terpadamkan seperti kata Bung Karno kala itu "Berikan aku sepuluh pemuda, akan aku goncangkan dunia." 

Di kemudian hari, para mileniallah yang akan memimpin Indonesia. Akan tetapi, sudahkah mental dan emosi mereka siap ketika berada di lapangan?



Ikuti tulisan menarik Septi Yadi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu