x

Perusahaan Harus Memiliki Website.

Iklan

Eko Suge

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 September 2019

Jumat, 5 Maret 2021 07:00 WIB

Penting Mengurus Izin Usaha untuk Bisnis Anda

Izin juga bisa didefinisikan sebagai bentuk persetujuan atau pemberian izin dari pihak berwenang atas penyelenggaraan suatu kegiatan usaha oleh seseorang penngusaha atau suatu perusahaan.bagi pemerintah pengertian usaha dagang adalah suatu alat atau sarana untuk membina, mengarahkan, mengawasi dan menertibkan izin-izin usaha perdagangan. Agar kegiatan usaha lancar, maka setiap pengusaha wajib untuk mengurus dan memiliki izin usaha dari instansi pemerintah yang sesuai dengan bidangnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Keberlangsungan suatu usaha dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah keberadaan unsur legalitas dari usaha tersebut. Dalam suatu usaha, faktor legalitas ini berwujud pada kepemilikan izin usaha yang dimiliki.

Contoh dokumen yang mendukung syahnya perusahaan tersebut adalah antara lain: akte pendirian perusahaan tersebut oleh notaris dan di umumkan dilembaran negara, nomor pokok wajib pajak persahaan, surat izin usaha, izin ganguan, izin lokasi,izin lingkungan, dan banyak izin-izin lainnya sesuai bidang usahanya masing-masing.

Namun, saat ini masih banyak pengusaha, khususnya startup dan UMKM yang memulai bisnisnya tanpa mengurus legalitas perusahaannya dan menganggap legalitas tidak begitu penting. Padahal, bisnis tanpa legalitas dapat menghambat perkembangan bisnis tersebut di kemudian hari.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Ini Dia Pentingnya Mengurus Legalitas dan Perizinan Kalian!

  1. Mendapatkan kepastian dan perlindungan hukum

Banyak usaha yang pada awalnya berjalan dengan mulus, namun di pertengahan jalan usaha tersebut diberhentikan secara tiba-tiba. Hal ini tentu tidak kamu inginkan sebagai seorang pengusaha bukan?

Disinilah kamu harus menyadari bahwa legalitas suatu perusahaan memiliki peran penting. Di mana, dengan mengurus dan memiliki dokumen perizinan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan, kamu dapat menjalankan bisnis dengan rasa aman tanpa khawatir bisnis kamu akan dibekukan tiba-tiba oleh pemerintah.

  1. Perusahaan diakui dan lebih kredibel

Hal lain yang juga salah satu manfaat jika mengurus izin usaha adalah meningkatnya kredibilitas perusahaan. Dengan kata lain, jika perusahaan membutuhkan dana sebagai tambahan pengembangan usaha.

Fakta bahwa perusahaan sudah memiliki izin yang lengkap akan menjadi faktor pendukung untuk mempertimbangkan layak tidaknya suatu perusahaan untuk dapat melikuidasi pinjaman yang diberikan.

  1. Lebih mudah menjalin kerja sama

Dengan memiliki legalitas usaha maka sebuah usaha kecil menengah memiliki tanda legalitas resmi, sehingga dapat memberikan kepercayaan bagi rekan atau calon partner bisnisnya serta sebagai kekuatan usaha

  1. Memudahkan Perpajakan

Dengan memiliki legalitas usaha otomatis hal ini akan mendorong para pengelola usaha kecil menengah untuk sadar pajak dengan membayar pajak sesuai dengan bidang usaha yang dijalankan. Jadi negara juga mendapatkan pendapatan secara resmi.

  1. Aset Pribadi Terlindungi

Apabila kita mengurus izin usaha kita sebagai PT, aset pribadi kita akan terlindungi. Sebagai badan hukum, PT merupakan suatu entitas terpisah yang memiliki liabilitas dan asetnya sendiri serta dapat bertindak atas namanya sendiri layaknya manusia.

Dengan mendirikan badan hukum sebagai bagian dari legalitas perusahaan, Anda tidak perlu khawatir aset pribadi akan terpakai untuk membayar utang ketika perusahaan bangkrut dan mengalami kerugian, maupun  jika perusahaan Anda tidak mampu membayar utang kepada kreditor.

Lain halnya jika bisnis Anda hanya CV atau Firma yang tidak berstatus badan hukum, seluruh kerugian bisnis akan berdampak pada aset pribadi Anda, karena tidak terdapat pemisahan aset didalamnya.

  1. Pengembangan usaha

Dengan memiliki legalitas usaha maka pengusaha akan mendapatkan pendampingan dan pengembangan usaha dari pihak yang terkait. Mereka akan mendapatkan pemberdayaan dan dukungan pemerintah dalam mengikuti berbagai program.

Ikuti tulisan menarik Eko Suge lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler