x

Iklan

Ping Pingki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Maret 2021

Selasa, 16 Maret 2021 09:25 WIB

Sharing is Caring, Water is Everything

air sangat penting bagi kehidupan seluruh makhluk hidup

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Air merupakan elemen terpenting bagi seluruh makhluk yang ada di bumi. Tanpa air semua makhluk hidup tidak dapat melaksanakan dengan baik aktivitas kehidupannya dan menjaga kelangsungan hidupnya.

Fungsi air dalam tubuh manusia berfungsi untuk mengisi cairan tubuh dengan cara meminum air tersebut. Selain untuk pereda rasa haus, air juga memiliki manfaat yang lain yaitu sebagai penunjang kehidupan. Karena kandungan air dalam tubuh manusia adalah sekitar 60-70 % dari berat tubuh.

Selain untuk digunakan dalam tubuh, air juga memiliki manfaat lain bagi manusia sebagai penunjang kehidupan. Terutama dalam aktivitas rumah tangga, antara lain, untuk mencuci baju atau piring, untuk memasak, serta untuk mandi. Dalam kegiatan pertanian, air juga tak kalah penting yaitu untuk mengairi daerah persawahan atau perkebunan. Air sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk melakukan kegiatan fotosintesis yang akan menghasilkan oksigen serta sumber makanan yang dapat disimpan dalam bentuk buah. Tanpa air tanaman tidak bisa melakukan proses fotosintesis tersebut dan dapat berakibat tanaman lam-lama menjadi layu kemudian mati.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dari beberapa manfaat air yang telah disebutkan di atas, maka dapat dilihat bahwa pentingnya air bagi seluruh sendi kehidupan yanga ada di bumi, baik itu untuk manusia, hewan, maupun tumbuhan. Tanpa air maka seluruh kehidupan di bumi tidak dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Kalau kita sudah mengetahui betapa pentingnya air bagi kehidupan, maka sikap kita harusnya bijak dalam menggunkan air yaitu dengan tidak menyianyiakan air untuk kegiatan yang kurang bermanfaat. Karena tidak semua orang dapat menikmati air bersih dengan melimpah. Banyak orang di luar sana yang harus berjuang untuk dapat memperoleh air bersih terutama untuk minum dan masak. Contohnya saja di daerah yang sedang mengalami musim kemarau yang berkepanjangan dan menyebabkan sumber mata air yang biasanya digunakan menjadi kering. Maka penduduk sekitar akan berusaha mencari sumber mata air yang tak jarang juga harus menempuh perjalanan yang jauh untuk mendapatkan air bersih yang layak konsumsi.

Apabila kita melihat saudara kita yang kurang beruntung tersebut yang susah mendapatkan air bersih, kita bisa melakukan beberapa upaya yaitu dengan membuka kegiatan open donasi untuk saudara kita. Kepada mereka yang membutuhkan, kita dapat mengirimkan air bersih pada daerah atau. Bisa juga dengan menggali sumber air baru agar warga yang membutuhkan air tidak perlu mencari di tempat yang jauh. Dengan berbagi maka kita menjadi lebih bersyukur karena masih diberi kelimpahan oleh Yang Maha Kuasa, dan kita menjadi dapat bersama-sama menikmati air bersih yang sangat penting bagi kita semua.

 

#Water2m

#HariAirDuniaXXIX2021

#MengelolaAirUntukNegeri

#SigapMembangunNegeri     

Ikuti tulisan menarik Ping Pingki lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan