x

Iklan

R A Putri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2021

Selasa, 16 Maret 2021 08:33 WIB

Yuk, Jaga Air untuk Kehidupan Kita

Sharing is Caring, Water is Everything

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Air sudah menjadi salah satu unsur terpenting dalam kehidupan. Bukan hanya pada tubuh tetapi juga lingkungan. Lebih dari 70% permukaan bumi terdiri dari air dan 97%-nya berbentuk air laut. Tiga persen lainnya terdiri dari air tawar, serta salju abadi. Tubuh manusia juga begitu. 60 hingga 70% dalam tubuh manusia adalah air. Fungsi air bagi manusia antara lain kebersihan, sebagai penyejuk, irigasi, kebutuhan rumah tangga, sumber pangan dan air minum.


Seluruh kegiatan sehari-hari kita juga menggunakan air. Minum, mandi, mencuci, membersihkan rumah, juga sayuran yang kita makan. Bersyukur kita berada di lingkungan yang tidak kekurangan air, serta mampu menggunakan air dengan cukup dan tidak berlebihan. Ketika air mulai berkurang karena perubahan cuaca ekstrim, maka saat itulah pasokan air bersih menjadi sangat langka. Penyebab kelangkaan ini bisa saja diakibatkan karena oknum-oknum yang mencari untung dalam perjualbelian air bersih. Maka dari itu, kita harus bisa menjaga keberadaan air bersih agar kelangsungan hidup kita bisa terjamin karena #Water2Me.


Segala aspek kehidupan pasti membutuhkan air. Salah satunya air yang digunakan sebagai tempat rekreasi, misal air mancur yang ada di pusat kota, kemudian air terjun dan pantai yang menjadi warisan alam. Sandang, pangan, dan papan membutuhkan air. Bayangkan bagaimana jika air berkurang, kemarau berkepanjangan, serta air laut yang surut? Populasi di dunia bisa dipastikan semakin berkurang karena keadaan ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan


Air benar-benar menjadi faktor penting dalam kelangsungan hidup manusia. Untuk itu, marilah kita bersama sama menghemat, menjaga, dan menghargai eksistensi air, terutama air bersih. Banyak makhluk hidup yang berada di lingkungan yang belum tercukupi kebutuhan airnya. Mari kita tidak berlaku semena-mena terhadap air dan melakukan tindakan pemborosan di manapun dan kapanpun. Selamat air sedunia. Semoga kedepannya kita bisa lebih baik lagi dalam mengelola penggunaan air bersih dalam kehidupan.[]

#HariAirDuniaXXIX2021
#MengelolaAirUntukNegeri
#SigapMembangunNegeri

Ikuti tulisan menarik R A Putri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan