x

Iklan

Nurina Amajida

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2021

Selasa, 16 Maret 2021 09:43 WIB

Ulasan Buku "Jejak Pilu" Karya Fram Han

Siapa di sini yang suka membaca buku? Membaca buku menjadi kegemaran banyak orang, sejak dahulu hingga sekarang. Cerita pendek menjadi salah satu kategori fiksi yang banyak digemari. Di Indonesia, cerita pendek telah populer sejak lama. Salah satu cerita pendek yang tengah populer saat ini adalah Cerpen Jejak Pilu. Berikut adalah ulasan mengenai cerpen Jejak Pilu

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

IDENTITAS BUKU

Judul                           : Jejak Pilu

Pengarang                   : Fram Han

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Penerbit                       : One Peach Media

Tahun Terbit               : Tahun 2020

Jumlah Halaman         : 184 Halaman

Kategori                      : Kumpulan Cerpen/Fiksi

Harga                          : Rp. 60.000

Ukuran Buku              : 13 x 19 cm

 

KEPENGARANGAN

Fram Han merupakan nama pena dari Fauzan Ramadhan yang lahir di Jakarta, 17 Desember 2000. Membaca sudah menjadi kegemarannya sejak sekolah dasar, mulai dari cerita dongeng sampai surat kabar habis dibaca olehnya. Kemudian ia mulai menjadi penikmat cerita pendek, menurutnya, membaca cerita pendek adalah aktivitas pengembaraan, menemukan ragam kisah dan banyak rasa dalam satu buah buku.

Lelaki yang akrab disapa Fauzan ini banyak menghabiskan masa hidupnya di Depok, saat ini ia sedang menempuh pendidikan strata satu di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sejak dahulu, ia memang banyak menulis di buku catatannya. Menulis apa pun yang menurutnya menarik. Jejak Pilu merupakan kumpulan cerita pertamanya. Meski begitu, beberapa prestasi di dunia tulis-menulis pun pernah ia raih, di antaranya, Cerpennya yang berjudul ‘Hitam Putih Bulu Hati’ terpilih menjadi Cerita Terbaik pada program Kelas Menulis Fiksi yang diselenggarakan SIP Publishing (2019) dan dibukukan dalam buku antologi cerpen dengan judul yang sama. Puisi ‘Sejarah dari Sejarah’ ciptaannya juga berhasil meraih Juara Utama pada Lomba Cipta Puisi Nasional Aksara Aurora Bumiayu (2019).

Sebagai seorang yang aktif sebagai pegiat literasi, dan pegiat sosial, harapannya ini merupakan langkah maju untuk tak pernah bosan menulis, serta dapat menorehkan tulisannya menjadi karya-karya disenangi banyak orang, dan yang pasti bermanfaat.

Fram Han dapat dihubungi melalui:

Facebook         : Fauzan Ramadhan

Instagram        : @fram.adhan

Surel                : fauzanramadhan172000@gmail.com

 

SINOPSIS

Cover Jejak Pilu

Judul Buku      : Jejak Pilu

Pengarang       : Fram Han

Kasih merupakan pengembaraan panjang. Hari ini berjalan di gurun, esok sudah beristirahat di sahara. Langkah demi langkah dilalui dan meninggalkan memori. Berbentuk canda gurau, menyenangkan bila diingat, dan tak berharap untuk lupa. Atau penuh air mata melawan segala duka, menggores hati ciptakan lara. Semua membekas dalam bentuk tangisan, sebab akhir tak melulu senyum bahagia.

Inilah jejak-jejak perjalanan. Perjuangan di atas keikhlasan, pengorbanan teruntuk yang disayang, dan pertaruhan akan kepercayaan. Jejak-jejak tersebut bukti sudah habis air mata, bukti telah lelah kaki melangkah, bukti ringkih saat mengadu pada malam. Hanya dapat dirasakan oleh mereka yang juga pengembara.

Ragam jejak yang terjadi dalam pernak-pernik pilu tengah malam. Menjerit melalui suara hati, raung sendiri dalam sepi. Inilah Jejak Pilu. Siapkah mengikuti jejak pilu langkahnya?

 

BAHASA PENGARANG

Bahasa yang digunakan oleh Fram Han dalam buku Jejak Pilu sangat mengalir. Penulis mampu memberikan narasi yang membantu pembaca dalam berimajinasi, mengikuti alur cerita. Tiap kalimat dibuat sederhana, tanpa berbelit, dan cenderung berjalan cepat. Fram Han sangat baik dalam mengirimkan pesan melalui kata-kata yang mudah dibaca siapa saja.

 

KEUNGGULAN

  • TEMA

Hal unik yang dapat ditemui dalam buku Jejak Pilu tulisan Fram Han ini adalah kesamaan tema yang semuanya dibalut oleh kepiluan. Ya, sesuai dengan judul bukunya, bahwa tiap-tiap cerita pendek dalam buku ini mengundang tangis atau derai air mata. Fram Han mengangkat tema yang umum seperti penulis kekinian, tetapi mampu memberikan perspektif dan konklusi yang tidak biasa terjadi dalam tulisan-tulisan kekinian.

 

  • ALUR

Alur pada cerita pendek Jejak Pilu ini beragam, beberapa cerita awal mengambil alur maju, tetapi terdapat beberapa cerita dalam buku ini yang mengambil alur maju-mundur, seperti cerita Benang Takdir, dan Cinta Alam. Secara keseluruhan alur maju maupun maju-mundur (campuran) pada buku Jejak Pilu dapat dipahami dengan baik, tidak ada kejenuhan atau pun kesulitan dalam mencerna alur yang disampaikan Fram Han.

 

  • SUDUT PANDANG

Mayoritas cerita dalam buku Jejak Pilu menggunakan pelaku utama orang kedua atau ketiga. Fram Han menempatkan karakter utama sebagai sosok yang harus diikuti setiap langkah dan geraknya.

 

  • KELEMAHAN

Setiap karya pasti mempunyai celah dan kekurangan, termasuk tulisan Fram Han ini. Di beberapa cerita, seperti keberuntungan sial, dan Karena-Mu, kurang sekali memunculkan konflik dan cenderung anti klimaks. Pembaca hanya dapat berenang di perairan rendah sampai akhirnya kembali ke daratan.

 

  • KESIMPULAN

Buku Antologi Cerpen berjudul Jejak Pilu, Karya Fram Han ini mempunyai 13 cerita yang secara keseluruhan cukup baik dan nikmat untuk dibaca pada kalangan usia. Cerita-cerita dalam buku ini mengisahkan pentingnya sebuah keikhlasan, rasa cinta yang berbeda, dan hikmah keislaman.

Ikuti tulisan menarik Nurina Amajida lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler