x

Dalam kondisi sulit air, Supinem (56) mengajak Daniel (8), cucunya untuk ngangsu air dari belik yang tidak jauh dari kediamannya. Bagi wanita yang kerap disapa Mak Nem ini, ngangsu dan belik merupakan hal yang tidak pernah terpisahkan dari kehidupannya. Setiap hari ia ngangsu air untuk memenuhi kebutuhannya. Untuk saat ini, ngangsu hanya dilakukan pada saat air dari PDAM tidak lancar. Seperti halnya yang dilakukan saat ini, beliau mengajari cucunya untuk ngangsu air. Tidak perlu banyak, secukupnya dan semampunya saja. Menurutnya, cara ini ampuh untuk menanamkan benih cinta dan menghargai air sejak dini.

Iklan

ari wibowo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 17 Maret 2021

Rabu, 17 Maret 2021 20:46 WIB

Ngangsu Kawruh Lumantar Ngangsu Tirta.

Artikel feature menghargai air

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

"Le, jangan suka mainan air ya. Kalau sudah begini, kita juga yang repot," tutur Si Mbah kepada cucunya.

Tidak semua wilayah bisa mendapatkan air dengan mudah, kadang pula memerlukan perjuangan untuk mendapatkannya. Salah satunya di desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, air PDAM tidak mengalir secara rutin. Sehingga memaksa beberapa warganya untuk mengambil air dengan jarak ratusan meter dari rumah dengan menggunakan kaleng atau jerigen bekas minyak. Istilah mengambil air ini disebut dengan ngangsu. Kegiatan ini diajarkan sejak dini untuk menanamkan rasa tanggungjawab dan belajar mencintai air.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Supinem (56) yang kerap disapa Mak Nem, ia mengajak cucunya untuk ngangsu air dari sumber air di seberang rumahnya. Perlu diketahui bahwa usaha untuk mencintai air perlu dibiasakan sejak dini. Pola hidup sehat dan bersih harus selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ada kata terlambat untuk belajar, seperti halnya yang dilakukan oleh Daniel (8), cucu Mak Nem. Kelak, anak cucu Daniel bisa menikmati air air yang dicintai oleh Daniel saat ini.
#HariAirDuniaXXIX2021
#MengelolaAirUntukNegeri
#SigapMembangunNegeri

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik ari wibowo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler