x

Sumber gambar: Glints

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 6 Mei 2024 07:50 WIB

Melindungi Integritas Pribadi di Tempat Kerja

Apakah Anda familiar dengan istilah faktor penggelinciran? Faktor ini berpotensi membatasi kesuksesan dan menggagalkan karier jika Anda tidak menyadarin dan mengelolanya secara efektif.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Berikut cara menindaklanjutinya di tempat kerja.

Poin-Poin Penting

  • Orang sering kali merasa terdorong untuk mengatakan ya terhadap kewajiban yang mereka tidak punya waktu dan tenaga untuk memenuhinya.
  • Tidak menepati komitmen dapat berdampak negatif terhadap reputasi dan hubungan profesional seseorang.
  • Ada beberapa faktor umum yang menyebabkan kegagalan yang berkontribusi pada kurangnya tindak lanjut terhadap komitmen di tempat kerja.

Apakah Anda familiar dengan istilah faktor penggelinciran?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Singkatnya, hal-hal tersebut berpotensi membatasi kesuksesan Anda dan menggagalkan karier Anda jika Anda tidak menyadarinya dan tidak mengelolanya secara efektif.

Salah satu faktor penggelinciran yang paling umum? Kurangnya tindak lanjut—mengatakan Anda akan melakukan sesuatu di tempat kerja tetapi kemudian tidak melakukannya.

Kurangnya tindak lanjut dapat mengganggu pembangunan tim, merusak kepercayaan, dan memiliki dampak yang tidak dapat diperbaiki pada merek pribadi Anda dan peluang karier di masa depan.

Meskipun faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan adalah hal yang umum, faktor-faktor tersebut dapat sangat bervariasi antar individu, jadi mengubah perilaku Anda terlebih dahulu memerlukan kesadaran diri.

Pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan ini:

  • Apa faktor utama penggelinciran Anda? Apa yang menghalangi Anda untuk tidak menyelesaikan tugas dan proyek di tempat kerja?
  • Dalam situasi apa Anda kemungkinan besar akan menindaklanjutinya? Faktor apa saja yang mendukung kesuksesan Anda?

Sekarang, mari kita jelajahi lima cara yang dapat Anda lakukan untuk mendukung diri Anda sendiri untuk menepati janji dan komitmen Anda di tempat kerja dan, dengan melakukan hal tersebut, membangun dan memelihara kepercayaan serta membuka diri terhadap peluang pengembangan karier di masa depan.

1. Merasa Nyaman Mengatakan "Tidak"

Hanya karena suatu tugas atau proyek ditawarkan atau diminta kepada Anda, bukan berarti Anda harus melakukannya.

Meskipun, tentu saja, masalah ini harus ditangani dengan bijaksana dan matang, dan Anda mungkin harus memberikan alasan yang cukup untuk jawaban "tidak" Anda, jika memang bisa dibenarkan, ini adalah jawaban yang tepat dan dapat diterima.

2. Jangan Langsung Setuju untuk Mengambil Tugas atau Proyek

Lain kali seseorang meminta atau mengundang Anda melakukan sesuatu, tanggapi dengan memberi tahu mereka bahwa Anda akan memeriksa kalender Anda dan membalasnya dengan jawaban melalui COB atau dalam waktu 24 jam.

Akan sangat mudah, ketika kita dihadapkan pada situasi dan merasa tertekan, untuk menyetujui melakukan sesuatu, bahkan ketika kita berada dalam kapasitas atau permintaan di luar lingkup pekerjaan kita.

Beri diri Anda waktu untuk mencari tahu apakah Anda benar-benar dapat menindaklanjuti permintaan dengan kemampuan terbaik Anda sebelum berkomitmen, dan apakah Anda memiliki waktu, energi, dan sumber daya untuk memenuhi janji Anda.

3. Tawarkan Alternatif

Daripada menolak peluang, jika perlu, tundalah tugas atau proyek yang diminta kepada Anda di kemudian hari.

Meskipun hal ini mungkin terasa tidak nyaman, melakukan hal tersebut dengan kemampuan terbaik Anda di masa depan jauh lebih baik dan tidak terlalu merusak dibandingkan melakukan hal tersebut dan tidak dapat mewujudkannya di saat ini.

4. Melebih-lebihkan Berapa Lama Waktu yang Anda Butuhkan untuk Menyelesaikannya

Ketika ada sesuatu yang diminta dari Anda, investasikan waktu dan energi untuk memperkirakan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikannya… dan kemudian tambahkan waktu ekstra.

Sangat tidak biasa jika jadwal berjalan sesuai rencana, dan memberi diri Anda penyangga akan membantu Anda menepati janji Anda, bahkan jika keadaan menjadi kacau.

5. Hindari Desakan Kepada Orang-Tolong

Kami memahami bahwa akan sangat sulit untuk menolak suatu tugas atau proyek jika Anda memiliki kecenderungan untuk menyenangkan orang lain, namun pertimbangkan ini.

Jika Anda tidak menepati janji Anda, sebenarnya Anda sedang melakukan hal yang ingin Anda hindari—mengecewakan orang lain.

Salah satu cara terbaik untuk “menyenangkan” kolega kita adalah dengan melakukan apa yang kita katakan akan kita lakukan, dan terkadang ini berarti mengatakan “tidak” atau menunda tugas atau proyek.

***

Solo, Senin, 6 Mei 2024. 6:09 am

Suko Waspodo

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler