x

dok. pribadi

Iklan

Ricky Al Ikhsani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Maret 2021

Selasa, 23 Maret 2021 12:01 WIB

Kemandirian Pemuda Desa dalam Bidang Ekonomi Mikro

pembuatan desain Coffe Shop untuk pemuda Karang Taruna Dusun Turi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Malang, Bentuk Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) menurut arahan dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian Mahasiswa (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah berupa pembuatan, pendampingan, penyuluhan, aplikasi, desain, serta pelatihan teknologi tepat guna.

Oleh karena itu kelompok 06 PMM UMM Gelombang 1 tahun 2021 berinisiatif melakukan pembuatan lubang biopori pada beberapa titik di Dusun Turi, Desa Kepuharjo, Kec. Karangploso, Kab. Malang dalam rangka progam Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktimu Negeri. Hal tersebut merupakan bagian dari progam kerja yang telah disusun oleh kelompok 06 PMM UMM. Dalam pelaksanaan progam kerja tersebut, kelompok 06 PMM UMM dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) M. Irkham Mamungkas, ST., MT. Selaku dosen Prodi Teknik Mesin UMM.

Tujuan pembuatan biopori ini adalah untuk memperbaiki serta meningkatkan kemampuan peresapan tanah atau permeabilitas tanah. Sehingga air yang sebelumnya tergenang dapat segera diserap oleh tanah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

dalam jangka panjang lubang biopori juga dapat memperbaiki keadaan air tanah di sekitar, yang tentu saja hal ini juga sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia kedepannya.

Lubang biopori sendiri merupakan salah satu sistem drainase peresapan tanah berbentuk silindris yang dibuat secara vertikal di dalam tanah. Guna meningkatkan daya resap tanah maka di dalam lubang tersebut diberi sampah organik seperti dedaunan atau kotoran binatang.

Metode ini sendiri pertama kali dicetuskan oleh  Dr. Kamir Raziudin Brata, salah satu peneliti dari Departemen Ilmu Tanah dan Sumber daya LahanFakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Menanggapi hal tersebut, Munif selaku Kepala Dusun Turi menyambut positif dan mendukung kegiatan pembuatan biopori oleh mahasiswa UMM di Dusun Turi. Menurut Munif, dengan adanya kegiatan seperti ini dapat menjadi pemicu kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan. Harapannya kegiatan ini dapat menjadi pemantik untuk pembuatan biopori selanjutnya yang dapat dikerjakan secara mandiri oleh masyarakat setempat dan tidak hanya berakhir seiring berakhirnya PMM Bhaktimu Negeri.

 

Ikuti tulisan menarik Ricky Al Ikhsani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB