x

Iklan

Johanes Sutanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 24 Maret 2021 07:12 WIB

Tak Perlu Capek-capek untuk Investasi Reksa Dana bagi Seorang Awam

Saat ini masih sedikit masyarakat yang sadar kalau investasi reksa dana adalah pilihan paling mudah dilakukan. Bahkan oleh seorang awam atau pemula sekali pun. Setelah membeli produk reksa dana, investor tinggal duduk manis atau bisa mengerjakan rutinitas lain. Lalu hasilnya akan muncul sendiri. Bagaimana bisa?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Hingga kini masih sedikit masyarakat Indonesia yang sadar kalau investasi reksa dana itu pilihan investasi yang paling mudah dilakukan, bahkan oleh seorang awam atau pemula sekali pun.

Setelah membeli produk reksa dana, investor tinggal duduk manis atau bisa langsung mengerjakan rutinitas lainnya karena begitu dibeli Manajer Investasi (MI) lah yang mengelola reksa dana. Investor tinggal menunggul hasil kinerja MI.

Begitu reksa dana terbeli, investor tak perlu repot-repot dan buang-buang waktu untuk terus memantaunya. Tahu-tahu, dana yang diinvestasikan sudah berjibun.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hal ini secara teori mudah dilakukan, karena sifatnya dari sisi kemudahan melakukannya. Apalagi, untuk saat ini investasi reksa dana sudah sangat mudah dilakukan karena serba online.

Berbeda dengan cara menikmati reksa dana di masa lalu yang musti serba fisik dengan mendatangi Manajer Investasi (MI) atau membeli di bank atau perusahaan APERD (Agen Penjual Efek Reksadana), saat ini sudah tersedia banyak cara untuk menikmati investasi reksa dana secara online yang sudah serba online.

Perusahaan sekuritas yang menjadi APERD (Agen Penjual Efek Reksa Dana) pun kini sudah menawarkan kemudahan investasi reksa dana secara online, semisal PT Indo Premier Sekuritas dengan platform onlinenya IPOTFund.

Supermarket reksa dana di Indonesia ini menawarkan kemudahan dan keterjangkauan untuk memulainya. Investasi reksa dana mudah dilakukan secara online dengan modal awal Rp.100 ribu.

Kemudahan investasi reksa dana ini tentu dari teknis menggunakan platformnya, tetapi belum tentu dengan investasinya. Benarkah demikian?

Pada dasarnya saat ini ada beragam reksa dana yang ditawarkan. Bisa jadi investor yang masih awam atau pemula bingung, sehingga musti jeli dalam memilihnya.

Menariknya, kemudahan penggunaan platform pun kini sudah dibarengi dengan kemudahan dalam memilih reksa dana yang terbaik dalam imbal hasil. Semisal di platform online IPOTFund yang ada di dalam aplikasi IPOT, terdapat fitur Fund Evaluator dan Fund Comparison yang akan memudahkan dalam memilih reksa dana yang terbaik.

Fund Evaluator menampilkan list reksa dana terbaik yang sudah diurutkan sesuai rangkingnya, sementara itu fitur Fund Comparison bisa membandingkan kinerja beberapa reksa dana sekaligus untuk melihat reksa dana yang terbaik.

Tak hanya mudah dalam cara investasi, tetapi dalam pemilihannya pun sudah sangat mudah dengan fitur-fitur yang ada. Investasi pun benar-bener nggak bikin capek.

Ikuti tulisan menarik Johanes Sutanto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu