x

sumber foto: bisnis.tempo.co

Iklan

Tania Adin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Juli 2020

Jumat, 26 Maret 2021 10:17 WIB

Menciptakan Industri dan Menjaga Lingkungan Secara Bersamaan

Bagaimana caranya agar ekonomi Indonesia dapat terus bertumbuh? Ya, salah satunya dengan kehadiran sektor industri. Memang, dari industri ada dampak kurang baiknya namun ada cara untuk tetap menjaga lingkungan kok!

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sektor perindustrian memiliki peranan penting untuk membuat ekonomi negeri mengalami pertumbuhan. Sektor industri bermacam-macam, mulai dari dirgantara, pertanian, besi dan baja, manufaktur dan lainnya, sektor industri juga diketahui menjadi andalan produk domestik bruto (PDB) nasional. Dibalik nilai tinggi dari sektor industri, terdapat konsekuensi yang harus diatasi bersama-sama. 

Indonesia, baik pemerintahan maupun masyarakat telah menyepakati untuk bersama-sama bisa tumbuh berkembang dari segala sisi dan cita-cita Indonesia di tahun 2045 mendatang telah disampaikan oleh Presiden RI, Joko Widodo saat pelantikannya tahun 2019. Dimana salah satunya Joko Widodo menyebutkan Indonesia akan masuk lima besar ekonomi dunia dengan kemiskinan mendekati nol persen. 

Resiko apa yang harus kita hadapi dan atasi? Contohnya yaitu pada sektor industri yang tidak akan jauh permasalahannya dari lingkungan hidup. Beberapa kasus kerusakan lingkungan hidup akibat kawasan industri antara lain polusi udara, polusi air, dan kualitas tanah yang tererosi. Jika lingkungan tidak sehat, maka kehidupan makhluk hidupnya pun juga tidak sehat dan aman. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Untuk menangani kasus kerusakan lingkungan hidup tersebut maka harus ada solusi dari pemerintah maupun pelaku industri. Adanya kerusakan bisa diperbaiki dengan cara memanajemen pengelolaan dan pemanfaatan lingkungan alam, memperhitungkan dampak limbah dari industri, atau memanfaatkan bahan baku secara berkelanjutan misalnya. 

Pada pertengahan bulan Maret 2021, pemerintah mengumumkan penghapusan limbah abu batu bara atau Fly Ash Bottom Ash (FABA) dari kategori limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). 

Fly Ash memiliki manfaat yang jarang publik ketahui, meskipun dulunya dijuluki sebagai limbah berbahaya, Fly Ash bermanfaat bagi kehidupan manusia yaitu  pengganti portland cement, beton, material konstruksi jalan, stabilisasi tanah, dan batu bara untuk konstruksi rumah. 

Ini baru beberapa cara yang dilakukan oleh pemerintah dan pelaku industri untuk menyeimbangi antara industri tetap berjalan dengan lancar dan tetap memperhatikan lingkungan hidup sehingga tidak membahayakan bagi kehidupan makhluk hidup.

Sulit ya jika kita disuruh memilih salah satu antara melenyapkan industri atau lingkungan hidup. Solusinya adalah keseimbangan. Semoga saja untuk kedepannya akan ada inovasi dan banyak cara baru untuk tetap menjalankan industri demi pertumbuhan ekonomi Indonesia tanpa harus merusak lingkungan. 

Keduanya menjadi prioritas utama, baik industri atau lingkungan hidup. Sejauh ini setujukah kamu dengan pendapat saya?

Ikuti tulisan menarik Tania Adin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB