Mau Buat Brand Kosmetik Sendiri, Intip Tip Memilih Perusahaan Maklon Terbaik Ini - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Alasan Orang Berbisnis Online Di Masa Pandemi

renny ambar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Februari 2021

Minggu, 4 April 2021 06:05 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Mau Buat Brand Kosmetik Sendiri, Intip Tip Memilih Perusahaan Maklon Terbaik Ini

    Kini berbisnis kosmetik dengan brand sendiri lebih mudah diwujudkan, yakni melalui perusahaan maklon. Namun tidak semua perusahaan ini memiliki pelayanan yang sama, untuk mendapatkan yang terbaik simak tips berikut ini.

    Dibaca : 189 kali

    Pada beberapa tahun belakangan ini, pertumbuhan bisnis kosmetik di Indonesia telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan.Kemenprin pun pernah menargetkan adanya pertumbuhan industri kosmetik pada tahun 2019 sampai pada 9%, yang terhitung meningkat dibanding pertumbuhan pada tahun 2018 sekitar 7,3%.

    Fenomena ini bisa secara riil kamu temukan ketika mengunjungi toko-toko atau outlet kosmetik besar yang menjual berbagai produk kecantikan, memajang brand-brand serta inovasi produk kosmetik yang baru.

    Selain tingginya minat dan kebutuhan akan kosmetik, kemudahan untuk membuat brand dan produk perawatan kecantikan sendiri yang jauh lebih mudah, juga menjadi salah satu katalisator pertumbuhan bisnis kosmetik di Indonesia.

    Modern ini, ketika ingin membuat brand kosmetik sendiri tidaklah memerlukan cara yang rumit dan modal yang besar. Sebab banyak perusahaan maklon kosmetik yang bisa membantu meringankan langkah awal dari berbisnis dengan brand kecantikan sendiri.

    Di Indonesia telah banyak perusahaan maklon kosmetik yang bisa dipercaya dan mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Namun enggak sedikit juga, perusahaan kosmetik yang kurang bertanggung jawab dan malah memberikan banyak kerugian untuk bisnis yang kamu rintis.
    Nah, agar kamu bisa lebih berhati-hati dan enggak salah pilih perusahaan maklon yang berkulitas. Yuk, perhatikan tips-tips di bawah ini!


    Periksa Legalitas

    Legalitas tentu jadi hal yang harus benar-benar kamu pertimbangkan dalam memilih perusahaan maklon kosmetik. Sebab enggak sedikit, lho, perusahaan abal-abal yang sama sekali enggak mengantongi izin resmi berani beroperasi dan menawarkan jasanya kepadamu.
    Jangan sekali-kali tergiur dengan tawaran harga murah, sebab legalitas perusahaan sangat berpengaruh terdahap kelangsungan brand kosmetikmu.


    Pertimbangkan Kelengkapan Pelayanan yang Diberikan


    Setiap perusahaan maklon kosmetik tidak memberikan pelayanan yang sama. Ada yang hanya melakukan proses produksi kosmetik saja, namun tidak mengurusi perizinan, mendesain, atau melakukan pengembangan produk sesuai keinginanmu.
    Oleh sebab itu, akan lebih baik kamu memilih perusahaan maklon yang menyediakan pelayanan yang lengkap. Biasanya kamu bisa menemukan pelayanan yang sama di perusahaan maklon ber-tag line onse stop cosmetics manufacturing.
    Yang bisa membantumu di awal pembentukan konsep atau ide brand kosmetik, menyusun formulasi produk, mendesain, mengurus legalitas yang diperlukan, hingga membantumu untuk memasarkan produk kosmetik yang kamu inginkan.


    Jaringan Suppliers Luas dan Terintegrasi


    Salah satu bentuk layanan yang harus kamu perhitungkan dalam memilih perusahaan maklon kosmetik adalah dengan memperhatikan jaringan distribusi mereka.
    Hal ini sangat penting demi kelangsungan brand kosmetik yang kamu buat. Karena dengan semakin banyak dan baik jaringan itu tebentuk maka semakin besar juga kemungkinan produkmu akan dipasarkan pada target yang tepat.


    Pabrik Maklon Memenuhi Standar


    Pabrik maklon yang canggih dan memenuhi standa pemerintah juga adalah hal yang wajib kamu pikirkan ketika akan memilih perusahaan maklon kosmetik untuk bekerja sama.
    Sebab enggak semua perusahaan maklon mengantongi izin pembuatan produk kosmetik yang beragam. Misalnya ada yang hanya mengantongi izin pembuatan produk bertekstur krim, minyak, dan lain sebagainya.


    Sumber Daya Manusia (SDM)


    Setelah meneliti berbagai layanan, bahan, dan sarana pada perusahaan maklon yang dituju. Maka hal yang harus kamu pertimbangkan selanjutnya adalah SDM yang mereka miliki.
    Cara yang paling efektif untuk mengetahui kinerja dan kualitas SDM ini adalah dengan mengunjungi rumah produksi atau pabriknya secara langsung.


    Pengalaman dan Integritas

    Pelajari pengalaman dan rekam jejak perusahan maklon yang ingin kamu tuju dengan baik. Perhatikan bagaimana tanggapan, feedback, dan banyaknya orang yang bekerja sama dengan perusahaan ini.
    Maklon kosmetik yang berpengalaman dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kesalahan dan kegagalan produksi kosmetik yang diinginkan.
    Selain itu, cari tahu pula apakah jasa maklon kosmetik yang kamu incar ini selalu mematuhi peraturan atau standar yang berlaku. Juga perhitungankan reputasi baik perusahaan, melalui prestasi dan capaian mereka.


    Berkomitmen untuk Menjaga Kualitas Produk


    Yang paling penting adalah bekerja sama dengan perusahaan maklon kosmetik yang selalu mengedepankan komitmennya untuk menjaga kualitas produk. Karena dengan demikian, perusahaan maklon tersebut enggak akan asal-asalan dalam memilih bahan, menyusun formula, sampai sangat teliti dalam memproduksi kosmetik yang kamu inginkan.

    Salah satu indikator yang bisa kamu lihat untuk membuktikan hal ini adalah dengan adanya sertifikat Cara Pembuatan Kosmetik yan Baik (CPKB) dari Badan POM dan punya Sistem Jaminan Halal (SJH) dari MUI. Nah itu adalah tips-tips memilih perusahaan maklon berkualitas yang bisa kamu terapkan sendiri. Sebagai tambahan kamu bisa pertimbangkan dan sesuaikan jasa atau layanan maklon sesuai dengan besar modal yang kamu miliki.

    Pada beberapa perusahaan maklon kosmetik, banyak yang berkomitmen untuk mendukung usaha kecil menengah. Jadi jangan takut dengan bayangan modal besar yang akan kamu keluarkan.
    Karena semua perusahaan pasti memiliki kebijakannya masing-masing, kamu bisa memilih dan mengonsultasikan kebutuhan serta kemampuanmu kepada pihak perusahaan.


    Well, sampai di sini dulu, ya! Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantumu!



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.