x

ibu

Iklan

Gadget Idn

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Februari 2021

Selasa, 20 April 2021 11:34 WIB

7 Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun yang Bisa Mom Terapkan

Di usia anak yang sudah menginjak 2 tahun. Terkadang lucu, menggemaskan, dan terkadang juga mereka membuat kamu harus lebih bersabar.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di usia anak yang sudah menginjak 2 tahun. Terkadang lucu, menggemaskan, dan terkadang juga mereka membuat kamu harus lebih bersabar. Di usia ini, anak akan mengalami perkembangan, mulai dari kognitif, fisik, hingga emosional. Selain itu, orang tua juga harus mengetahui cara mendidik anak di usia 2 tahun.

Berikut cara mendidik anak di usia 2 tahun yang kami kutip dari berbagai sumber yang bisa mom jadikan referensi:

1. Memberikan Kasih Sayang

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Semua anak pasti membutuhkan kasih sayang dari kedua orang tuanya. Untuk itu penting banget buat kamu sebagai orang tua bersikap lembut dan memberikan kasih sayang yang tulus. Cara mudahnya dengan mencium dan memeluk anak setiap 

iya bangun tidur di pagi hari. Hal ini akan berdampak baik juga pada anak, ia akan merasa nyaman dan selalu mendapatkan cinta dan kasih sayang dari orang taunya.

2. Mengajarkan Sopan dan Santun

Cara mendidik anak usia 2 tahun yang kedua dari rangkuman kami adalah mengajarkan mereka sopan santun. Tidak bisa dipungkiri lagi, sikap sopan dan santun sangat penting bagi anak, mom bisa mengajarkannya mulai dari hal kecil. Contohnya mengucapkan "terimakasih", meminta maaf jika melakukan kesalahan, dan menghormati orang yang lebih tua.

Selain itu, mengajarkan dan menanamkan sikap tentang apa yang boleh dan apa yang enggak, salah satunya dengan mengajarkan untuk tidak merebut sesuatu yang bukan hak mereka tanpa meminta izin. Dan tak lupa juga mengajarkan anak untuk tidak meyakiti orang lain.

3. Menjalin Komunikasi Yang Baik dengan Anak

Menjalin komunikasi juga merupakan cara mendidik anak di usia 2 tahun yang perlu mom terapkan. Meskipun hal ini sering di anggap sepele, namun orang tua perlu mengetahui bahwa hal ini juga akan membawa perubahan positif pada anak.

Menjalin komunikasi dengan baik dengan anak juga akan menambah kosa kata yang iya ketahui, dan anak akan lebih cepat bisa berbicara dengan lancar, dan juga akan menjalin kedekatan yang baik antara hubungan anak dan orang tua.

4. Bersikap Tegas

Cara mendidik anak di usia 2 tahun selanjutnya yang dapat mom terapkan di lingkungan keluarga adalah bersikap tegas pada mereka. Namun, perlu kamu ketahui, tegas bukan berarti harus keras pada anak.

Dalam cara mendidik anak, ketegasan memang sangat perlu. Pasalnya dengan menerapkan cara ini dengan konsisten, anak akan mematuhi aturan yang kamu sepakati dengan meraka.

5. Membaca Bersama

Kegiatan membaca dapat membuat otak anak lebih cepat berkembang, salah satunya dengan membacakan meraka buku dongeng yang mereka sukai. Selain itu, ucapan yang kamu perdengarkan pada si Anak juga akan menambah kosa kata batu baginya.

6. Berkreatifitas Bersama Anak

Seperti di pembahasan sebelumnya, anak di usia 2 tahun ini sangat menyukai hal baru. Mom bisa memanfaatkan situasi ini dengan berkreatifitas bersama anak. Karena akan sangat baik jika menerapkan cara seperti ini, selain mendapatkan hal baru, mereka juga akan lebih senang dan tidak merasa bosan.

7. Jangan Berbohong dan Menakuti anak

Berbohong dan menakuti anak sering kali dilakukan orang tua sebagai cara untuk membuat anak mereka patuh dengan apa yang mereka inginkan. Perlu kamu ketahui, kebiasaan seperti ini sangat tidak baik dan perlu di hindari oleh para orang tua.

Itulah pembahasan singkat dari kami mengenai cara mendidik anak di usia 2 tahun yang bisa mom terapkan pada si Kecil. Semoga tips kali ini bermanfaat ya mom. :)

Ikuti tulisan menarik Gadget Idn lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

8 jam lalu

Terpopuler