x

Iklan

Ash Aura

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 April 2021

Rabu, 5 Mei 2021 19:34 WIB

Mengapa Website Membutuhkan Desain yang Baik?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa website harus memiliki desain yang baik, simak selengkapnya yuk!

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tidak pernah ada saat yang lebih kritis untuk desain web yang baik, terutama saat kita berada dalam pandemi global-sosial-jarak-segalanya-virtual ini. Branding yang kuat dan desain web yang dipoles selalu menjadi faktor penting dari kampanye pemasaran digital yang sukses , hal ini tidak berubah. Perbedaannya sekarang adalah kami melihat bisnis dipaksa untuk mengeksplorasi cara-cara baru dan unik untuk menjangkau audiens mereka. Hasilnya, kami mencari tahu seberapa besar pengaruh desain web yang baik.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa website harus memiliki desain yang baik:

Desain yang Baik Menetapkan Kesan Pertama

Seperti yang kami katakan sebelumnya, waktu yang dibutuhkan pengunjung untuk menilai estetika dan membuat kesimpulan tentang situs Anda sangat cepat - jadi Anda ingin membuatnya diperhitungkan. Saat pengguna membuka sebuah website, desain yang bagus dapat membuat mereka merasakan sesuatu. Jika situs terlihat modern, menawarkan warna-warna cerah, dan tertata dengan baik - ini akan menyambut pengunjung dan mendorong mereka untuk bertahan sebentar. Jika situs gelap dan dingin dengan grafik usang dan navigasi yang sangat membingungkan - mengapa ada orang yang cenderung melanjutkan melalui situs?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pikirkan tentang situs web seperti bangunan etalase, jika Anda masuk ke toko yang terang benderang yang bersih dan teratur dengan karyawan yang tersenyum siap membantu Anda, Anda merasa diperhatikan, tenang, dan siap untuk melihat penawaran produk dan mungkin melakukan pembelian. Jika Anda masuk ke toko yang remang-remang, memiliki bau yang aneh, dan beberapa karyawan yang sangat tidak bahagia bersembunyi, Anda akan merasa cemas dan ingin keluar secepat mungkin dan tentunya tidak ingin melakukan pembelian dalam bentuk apa pun. Desain situs web dapat membuat pelanggan merasakan semua perasaan yang sama dan menghasilkan hasil yang sangat mirip.

Kesan pertama itu penting, calon pelanggan mengunjungi situs Anda dan ingin mengenal bisnis Anda, jika Anda memulai dengan awal yang buruk karena halaman yang terlihat tidak profesional dengan pertimbangan desain nol, mencoba meyakinkan pengguna untuk tetap di halaman untuk mempelajari tentang persembahan Anda akan cukup sulit. Pikirkan tentang berapa banyak uang yang dapat dimasukkan ke dalam kampanye PPC , atau upaya yang dilakukan untuk membangun konten melalui kampanye SEO jangka panjang, hanya untuk mendapatkan pengunjung ke halaman Anda. Jangan buang uang atau waktu Anda dengan membawa pengunjung ke situs Anda hanya agar mereka pergi. Padahal, menurut Adobe, “38% orang akan berhenti terlibat dengan situs web jika konten / tata letaknya tidak menarik”. Coba pikirkan berapa banyak calon pelanggan dan dolar yang bisa Anda lewatkan hanya dengan memiliki visual yang buruk.

Membangun Kepercayaan pada Merek

Seiring dengan membuat kesan pertama yang kuat, situs web yang dipikirkan dan dirancang dengan baik membangun kepercayaan pada merek Anda dan pada perusahaan Anda di antara pengunjung. Memiliki visual yang kuat, bersih, dan menarik dengan mempertimbangkan pengalaman pengguna dan audiens Anda adalah cara desain situs web Anda dapat membangun kepercayaan di antara audiens dan calon pelanggan Anda. 

Jika situs terlihat kuno, tidak mudah diikuti, atau terlihat membingungkan atau menipu penonton, kepercayaan akan hilang dan peluang untuk membuat pengguna mengonversi turun drastis. Desain web yang bersih dan sederhana dapat mencerminkan merek yang terbuka dan transparan tanpa ada yang disembunyikan. Memandu pengguna melalui situs dengan judul dan pernyataan ajakan bertindak yang jelas serta tombol membuat pengguna merasa diperhatikan dan dapat membantu membangun dan meningkatkan kepercayaan itu.

Dukung Kampanye SEO

Google baru-baru ini mengumumkan pembaruan untuk sinyal peringkat pencarian yang akan berdampak dramatis pada situs web mana yang akan muncul di sepuluh posisi hasil pencarian teratas. Pengumuman tersebut menyatakan bahwa mereka akan mempertimbangkan " Core Web Vitals " dari halaman web sebagai faktor peringkat yang dimulai pada tahun 2021. Jika Anda melakukan segala jenis upaya pengoptimalan mesin telusur ke website Anda, Anda tahu ada faktor SEO penting untuk dipertimbangkan dan sekarang Google mengakui 3 metrik yang sangat penting untuk diperhatikan - dan semuanya dapat dikaitkan dengan desain situs web Anda.

Core Web Vitals yang sekarang dipertimbangkan Google untuk peringkat pencarian adalah:

  • Largest Contentful Paint (LCP) - waktu yang dibutuhkan untuk memuat konten halaman 
  • First Input Delay (FID) - waktu yang dibutuhkan halaman untuk menjadi interaktif 
  • Kumulatif Tata Letak Shift (CLS) - jumlah perubahan tata letak yang tidak terduga dari konten visual pada halaman

Kedengarannya cukup rumit tetapi pada dasarnya semua ini dapat ditingkatkan dengan desain web yang terencana dan dipikirkan dengan matang. Core Web Vitals ini berpusat pada pengguna, yang memungkinkan kami menyimpulkan bahwa Google ingin kami mengutamakan pengalaman pengguna dalam hal konten yang kami bagikan di internet.

Cara terbaik untuk mulai memikirkan pengalaman pengguna dan meningkatkannya adalah dengan memiliki desain situs web modern yang diperbarui yang mengutamakan kebutuhan pengguna. Pertimbangkan seberapa cepat sebuah halaman memuat konten. Apakah gambar muncul dengan cepat? Apakah kebutuhan pengguna terpenuhi dalam waktu yang efisien? Ini semua adalah hal-hal yang dicari Google di halaman peringkat teratas mereka - jadi Anda juga harus memanfaatkan untuk meningkatkan waktu pemuatan ini.

Menonjol Dari Pesaing

Memiliki situs web yang responsif - artinya situs yang akan secara dinamis mengubah dan mengubah penampilannya tergantung pada ukuran atau orientasi perangkat atau layar yang sedang dilihatnya - hanyalah bagian desain web yang tidak dapat dinegosiasikan pada tahun 2020. Jika Anda ingin tidak melakukannya hanya bersaing dengan pesaing Anda, tetapi menonjol di antara kerumunan, situs Anda harus dinamis dan dirancang dengan cermat. Pencitraan merek yang kuat dan penggunaan font, warna, dan tata letak kreatif yang konsisten dapat dengan mudah membuat Anda menonjol dan melampaui pesaing Anda serta menunjukkan profesionalisme di perusahaan Anda.

Ikuti tulisan menarik Ash Aura lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu