x

Sejumlah pengguna kendaraan sepeda motor berlindung dan memakai jas hujan dibawah kolong jembatan Semanggi, Jakarta (5/2). Tempo/Aditia Noviansyah

Iklan

Wardoyo Suwardoyo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Tips Irit Bensin untuk Motor Matic

Jika dibandingkan dengan motor bebek, motor matic memang relatif lebih boros. Jumlah gear di motor matic yang lebih banyak daripada motor bebek adalah penyebabnya. Motor bebek memiliki persneling yang dapat mengatur laju rotasi per menit sehingga memungki

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jika dibandingkan dengan motor bebek, motor matic memang relatif lebih boros. Jumlah gear di motor matic yang lebih banyak daripada motor bebek adalah penyebabnya. Motor bebek memiliki persneling yang dapat mengatur laju rotasi per menit sehingga memungkinkan untuk menghemat bahan bakar. Sedangkan motor matic nggak memiliki persneling, makanya sulit untuk menghemat baban bakar melalui pergantian gear tersebut.

Tapi, nggak usah khawatir, pemborosan bahan bakar oleh motor matic sebenarnya masih dapat diminimalisir. Nah, caranya gimana?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Bersihkan karburator secara rutin

Membersihkan karburator secara rutin bisa meminimalisir penggunaan bahan bakar. Karena komponen yang satu ini bertanggung jawab atas udara yang masuk pada ruang bakar, dan kemudian ikut mengatur boros tidaknya si motor matic.

2. Nggak Main Gas Sembarangan

Kebiasaan orang, kalau naik motor matic adalah main-main dengan gas. Karena memang gas motor matic itu asyik banget, jadilah kebiasaan. Tapi, sebenarnya hal tersebut bisa bikin bensin motor matic kita cepet habis, lho. Karena bensin yang dibutuhkan saat menarik gas dengan kencang untuk akselerasi lebih besar. Makanya, naik motor matic dengan kecepatan stabil itu bisa menghemat bahan bakar. Jika sering memainkan gas alias main kebut dan rem, jelas bahan bakar akan lebih cepat habis.

3. Memilih Oli yang Tepat

Dan, tips terakhir dari Cover Super untuk menghemat bensin motor matic adalah, pilihlah oli yang cocok dengan mesin motor Anda. Pada dasarnya, pergesekan mesin yang tinggi akibat oli yang nggak cocok akan membuat mesin panas dan gas lebih berat. Istilahnya mbrebet. Kalau hal itu terjadi, udah pasti boros bensinnya.

Nah, itulah tips bagaimana menghemat bensin untuk motor matic. Bagi Anda yang memiliki motor matic, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Wardoyo Suwardoyo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler