SendTalk: OTP Whatsapp vs OTP Via SMS - Analisis - www.indonesiana.id
x

Nando Rifky

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2020

Minggu, 9 Mei 2021 06:55 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • SendTalk: OTP Whatsapp vs OTP Via SMS


    Dibaca : 1.567 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    One Time Password (OTP) SMS adalah pesan pendek berisi kode rahasia yang dibuat otomatis satu kali dan dikirimkan ke nomor ponsel dari pengguna yang mengajukan permintaan. Teknologi ini merupakan mekanisme paling terpopuler yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk memastikan orang tersebut merupakan pemilik akun.

    Token keamanan OTP adalah kartu pintar dengan basis mikroprosesor yang menghasilkan kode numerik dan alfanumerik untuk mengotentikasi akses pada sistem. Pada umumnya, kode rahasia ini akan terganti secara otomatis setiap 30 detik atau 60 detik, tergantung konfigurasi token yang dilakukan.

    Aplikasi semacam Google Authenticator mengandalkan token dan pin untuk verifikasi dua langkah. Kode OTP dapat diterapkan pada perangkat keras dan lunak. Berbeda dengan kata sandi statis yang kedaluarsa dalam 30-60 hari, kata sandi ini digunakan untuk satu sesi login. Dengan menggunakan cara ini, bisa dipastikan orang yang masuk pada akun tersebut merupakan pemilik akun yang berwenang.

    Selain itu, sebagian transaksi online memerlukan otentikasi dua langkah serta OTP yang dikirimkan melalui SMS. Tujuan dari OTP sendiri adalah untuk mencegah penipuan dan memastikan bahwa orang tersebutlah yang melakukan transaksi dan menjadi pemilik kartu kredit. 

    Sedangkan OTP via WhatsApp juga memiliki sistem yang sama. Cuman, memiliki platform software yang berbeda, yaitu menggunakan WhatsApp.

    Sistem OTP via aplikasi seperti WhatsApp ini sedang marak digunakan oleh perusahaan besar. Karena, sistem ini terbukti memiliki keamanan lebih tinggi dibandingkan SMS.

    OTP SMS

    Dengan melalui kode OTP, tentu saja berfungsi untuk memastikan pengguna tersebut merupakan pemilik yang berhak untuk mendapatkan akses masuk. Dengan begitu, dapat dipastikan keamanan menggunakan OTP lebih terjamin.

    Akan tetapi, OTP SMS merupakan jenis OTP yang paling lemang dibandingkan jenis lain. Hal ini dikarenakan tidak adanya enskripsi pada sistem SMS yang membuatnya rentan disadap dan ketergantungan terhadap jaringan operator seluler.

    Selain itu, faktor biaya juga patut dipertimbangkan karena OTP menggunakan aplikasi pihak ketiga terbukti dapat menghemat biaya secara signifikan. OTP SMS terkenal memiliki harga yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan OTP berbasis aplikasi seperti salah satunya WhatsApp.

    Terlebih, saat ini kerap terjadi kasus kejahatan SIM Swap. Artinya, sekarang adalah saat yang tepat untuk menggunakan OTP berbasis aplikasi seperti WhatsApp.

    OTP WhatsApp

    OTP Whatsapp merupakan jenis OTP yang memanfaatkan OTT atau Over The Top. OTP jenis ini dipercaya jauh lebih unggul dibandingkan SMS, karena efisiensi dan keamanan yang lebih baik. Dengan menggunakan aplikasi OTT, membuat pengiriman kode OTP menjadi lebih optimal.

    Dengan biaya yang cukup rendah, Anda bisa menggunakan aplikasi OTT sebagai platform pengiriman OTP. Salah satu layanan yang menyediakannya yaitu SendTalk by TapTalk.io yang merupakan jasa OTP WhatsApp terpercaya.

    SendTalk sendiri telah dipercaya oleh berbagai perusahaan besar kerena memiliki pelayanan terbaik dengan berbagai fitur dan harga terjangkau.

    Selain itu, berbagai kelebihan OTP WhatsApp dari SandTalk sendiri yaitu seperti:

    1. Biaya Rendah
    2. Pengiriman Konsisten
    3. Kepercayaan dan Keamanan
    4. Otentikasi Pengguna
    5. Verifikasi Transaksi
    6. Notifikasi dan Peringatan

    Berkenalan dengan SendTalk Layanan OTP WhatsApp Indonesia

    SendTalk adalah sebuah layanan jasa OTP berbasi WhatsApp pertama yang diciptakan oleh anak bangsa Indonesia. Dengan melalui WhatsApp, layanan OTP dikirimkan dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan melalui SMS.

    Target audiens terbaik untuk menggunakan layanan jasa ini adalah perusahaan digital Indonesia yang menargetkan warga lokal, e-commerce, hingga jaringan broadband.

    Untuk mengenal lebih jauh tentang SendTalk, Anda bisa mengunjungi situs resminya di https://taptalk.io/sendtalk.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.