x

5 Cara Untuk Meningkatkan Peringkat SEO Situs Anda

Iklan

Ash Aura

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 April 2021

Selasa, 11 Mei 2021 10:18 WIB

5 Cara untuk Meningkatkan Peringkat SEO Situs Anda

Ikuti saran ini untuk meningkatkan pengoptimalan mesin telusur (SEO) Anda dan lihat situs web Anda naik peringkat ke puncak hasil mesin telusur.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ikuti saran ini untuk meningkatkan pengoptimalan mesin telusur (SEO) Anda dan lihat situs web Anda naik peringkat ke puncak hasil mesin telusur.

1. Publikasikan Konten yang Relevan

Konten berkualitas adalah pendorong nomor satu dari peringkat mesin pencari Anda dan tidak ada pengganti untuk konten yang bagus. Konten berkualitas yang dibuat khusus untuk pengguna yang Anda tuju meningkatkan lalu lintas situs, yang meningkatkan otoritas dan relevansi situs Anda. Sempurnakan keterampilan menulis web Anda demi SEO.

a. Kata kunci

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Identifikasi dan targetkan frase kata kunci tertentu  untuk setiap halaman di situs Anda. Pikirkan tentang bagaimana pembaca Anda dapat mencari halaman tertentu dengan istilah pencarian.

b. Beberapa Frase Kata Kunci

Sangat sulit bagi laman web untuk mencapai peringkat mesin telusur untuk beberapa frasa kata kunci — kecuali frasa tersebut sangat mirip. Satu halaman mungkin dapat memberi peringkat untuk "pekerjaan teknik biomedis" dan "karir teknik biomedis". Pemeringkatan untuk "urusan kemahasiswaan" dan "dekan mahasiswa" atau "diskriminasi gender" dan "prosedur pelaporan kekerasan" dengan satu halaman tidak mungkin dilakukan. 

Jika Anda ingin memberi peringkat untuk beberapa frasa kata kunci dengan situs web Anda, Anda perlu membuat halaman web terpisah untuk setiap frasa kata kunci yang Anda targetkan.

c. Menempatkan Kata Kunci

Setelah frase kata kunci Anda dipilih untuk halaman tertentu, pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan ini:

  • Dapatkah saya menggunakan sebagian atau seluruh frase kata kunci di URL halaman (dengan menggunakan kata kunci di folder)?
  • Dapatkah saya menggunakan sebagian atau seluruh frase kata kunci dalam judul halaman?
  • Dapatkah saya menggunakan sebagian atau seluruh frase kata kunci di judul halaman dan subpos ?

Menjawab  ya untuk pertanyaan-pertanyaan ini dapat meningkatkan peringkat mesin pencari Anda. Bersikaplah alami dan ramah pengguna. Misalnya, Anda tidak ingin kata "teknik" muncul tiga kali atau lebih di URL atau frasa Cahaya Utara diulang di judul halaman dan setiap judul. Keterbacaan dan kegunaan masih mengalahkan optimisasi mesin pencari.

d. Kandungan

Selain URL halaman, judul, dan tajuk, konten paling berpengaruh pada peringkat mesin pencari. Ulangi frase kata kunci Anda beberapa kali di seluruh halaman — sekali atau dua kali di paragraf pembuka dan penutup, dan dua hingga empat kali lagi di seluruh konten yang tersisa.

Jangan lupa untuk menggunakan huruf tebal , miring , tag heading (terutama H1), dan tag penekanan lainnya untuk menyorot frase kata kunci ini — tapi jangan berlebihan. Anda tetap ingin bahasa dan gaya tulisan Anda terbaca secara alami. Jangan pernah mengorbankan tulisan yang bagus untuk SEO. Halaman terbaik ditulis untuk pengguna , bukan untuk mesin pencari.

2. Perbarui Konten Anda Secara Teratur

Mesin pencari sangat menyukai konten. Konten yang diperbarui secara rutin dipandang sebagai salah satu indikator terbaik dari relevansi situs, jadi pastikan untuk menjaganya tetap segar. Audit konten Anda pada jadwal yang telah ditentukan (misalnya setiap semester) dan lakukan pembaruan sesuai kebutuhan.

3. Metadata

Saat mendesain situs web Anda, setiap halaman berisi spasi di antara taguntuk memasukkan metadata, atau informasi tentang konten halaman Anda. Jika Anda memiliki situs CMS yang awalnya dibuat oleh tim web UMC, maka data ini akan diisi sebelumnya untuk Anda. Namun, penting bagi Anda untuk meninjau dan memperbarui Metadata karena situs Anda berubah seiring waktu.

a. Metadata Judul

Metadata judul bertanggung jawab atas judul halaman yang ditampilkan di bagian atas jendela browser dan sebagai informasi utama dalam hasil mesin pencari. Ini adalah metadata terpenting di halaman Anda. 

Bagi mereka yang memiliki situs web CMS, tim web telah mengembangkan sistem otomatis untuk membuat judul meta untuk setiap halaman web berdasarkan judul halaman Anda. Ini menambah pentingnya menggunakan judul halaman yang dipikirkan dengan matang yang kaya dengan frase kata kunci. 

b. Deskripsi Metadata

Salah satu komponen penting dalam SEO. Metadata deskripsi adalah deskripsi tekstual yang mungkin digunakan browser dalam pencarian halaman Anda. Anggap saja sebagai tampilan jendela situs Anda — deskripsi singkat dan menarik tentang apa yang ada di dalamnya, dengan tujuan mendorong orang untuk masuk. Deskripsi meta yang baik biasanya berisi dua kalimat lengkap. Mesin pencari mungkin tidak selalu menggunakan deskripsi meta Anda, tetapi penting untuk memberi mereka opsi.

c. Metadata Kata Kunci

Metadata kata kunci jarang digunakan untuk membuat tabel peringkat mesin pencari. Namun, Anda harus sudah mengetahui frasa kata kunci Anda, jadi tidak ada salahnya untuk menambahkannya ke dalam metadata kata kunci Anda. Anda pasti ingin memasukkan berbagai frase. Sebagai aturan umum, usahakan untuk menggunakan sekitar 3-7 frasa dengan setiap frasa terdiri dari 1-4 kata. Contoh yang bagus adalah "gelar ilmu komputer".

4. Miliki situs yang memiliki link

Fokus pada pembuatan tautan yang relevan di dalam teks. Alih-alih memiliki tautan "klik di sini", coba tulis nama tujuannya. "Klik di sini" tidak memiliki nilai mesin pencari di luar URL terlampir, sedangkan "Michigan Tech Enterprise Program" kaya dengan kata kunci dan akan meningkatkan peringkat mesin pencari Anda serta peringkat halaman yang Anda tautkan. 

Selalu gunakan tautan deskriptif dengan menautkan kata kunci — ini tidak hanya meningkatkan pengoptimalan mesin telusur, tetapi juga menambah nilai bagi pembaca Anda, termasuk mereka yang memiliki disabilitas atau yang menggunakan pembaca layar.

5. Gunakan tag alt

Selalu jelaskan media visual dan video Anda menggunakan tag alt, atau deskripsi teks alternatif. Mereka memungkinkan mesin telusur untuk menemukan halaman Anda, yang sangat penting — terutama bagi mereka yang menggunakan browser hanya teks atau pembaca layar sehingga ini akan meningkatkan SEO Anda.

Ikuti tulisan menarik Ash Aura lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler