x

Iklan

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 25 Mei 2021 14:43 WIB

Investasi Saham Tuh Jangan Tunggu Nanti-nanti, Mulai Aja Dulu!

Banyak awam yang belum mencoba saja sudah takut rugi besar karena investasi saham dalam bayangan mereka ini masih harus dengan modal besar yang nominalnya jutaan. Padahal TIDAK.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seorang awam yang pertama kalinya dikenalkan dengan yang namanya investasi saham, kebanyakan tidak tertarik terjun ke dalam investasi saham karena takut, yakni takut menderita kerugian yang tidak sedikit.

Di benak pikiran mereka yang masih awam tak jarang saham itu "menakutkan" karena kesannya rumit. Kesan rumit itu muncul saat melihat angka-angka saham yang terus bergerak.

Selain rumit, anggapan kalau dalam praktiknya butuh modal yang besar menjadi momok bagi kebanyakan awam. Padahal, zaman telah banyak berubah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Banyak awam yang belum mencoba saja sudah takut rugi besar karena investasi saham dalam bayangan mereka ini masih harus dengan modal besar yang nominalnya jutaan.

Lain dulu lain sekarang, investasi saham saat ini sudah nggak seserem di masa lalu dari sisi permodalan. Investasi saham saat ini sudah bisa dimulai dengan modal awal Rp.100.000,- saja, semisal melalui aplikasi IPOT milik Indo Premier Sekuritas, bukan jutaan seperti yang masih dibayangkan kebanyakan orang.

Oleh sebab itu, takut rugi besar sudah sepantasnya bukan menjadi penghalang. Investasi saham sudah bisa dimulai dengan modal yang sangat terjangkau.

Makanya, di tengah keterjangkauan ini sudah sepantasnya praktik investasi ini nggak permu banyak mikir terkait dana. Mulai saja dulu, jangan tunggu nanti-nanti. Apalagi, semakin dini dalam berinvestasi maka akan semakin dini pula dalam meraih kemerdekaan finansial.

Setelah mulai dengan modal terjangkau, seiring dengan berjalannya waktu maka secara paralel perlu mendalami ilmunya. Bagaimana pun ilmu itu sangat penting, semisal dalam investasi saham, wajib hukumnya memiliki kemampuan analisis fundamental dan teknikal.

Praktik langsung dari ilmu yang dipelajari ini sangat penting karena, praktik langsung justru akan memberikan pengalaman konkret alias bukan sekadar hanya dibayangkan.

So, memulai investasi saham itu sebaiknya saat ini juga dan jangan tunggu nanti-nanti. Hilangkan ketakutan karena hal itu justru menghalangi dan menenggelamkan niat seseorang untuk memulai hal-hal yang baik.

Ikuti tulisan menarik Dhea lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB