5 Rekomendasi Buku Mendaki Gunung Terbaik di Indonesia - Urban - www.indonesiana.id
x

anton sujarwo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Desember 2020

Senin, 14 Juni 2021 07:06 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • 5 Rekomendasi Buku Mendaki Gunung Terbaik di Indonesia

    Buku dengan tema mendaki gunung di Indonesia dapat dikatakan belum begitu populer. Meskipun demikian, setidaknya ada lima buku bertema mountaineering yang berkualitas dan sangat layak untuk kamu baca di Indonesia. Nah, buku apakah itu? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

    Dibaca : 1.877 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Secara umum dapat dikatakan bahwa masih cukup jarang penulis di Indonesia yang khusus menulis tentang dunia pendakian gunung atau mountaineering . Jika pun ada, para penulis ini umumnya lebih banyak mengangkat tema tentang panduan teknis, tips-tips, catatan perjalanan, atau pun novel fiksi yang memiliki latar belakang cerita di atas gunung.

    Menarik kemudian jika memperhatikan muncul beberapa buku bertemakan pendakian pada satu atau dua tahun terakhir. Nah, di antara beberapa judul buku tersebut, berikut adalah yang cukup populer dan sangat layak untuk kamu jadikan referensi bacaan yang berkualitas.

    Lantas, apa sajakah buku-buku tersebut?

    Berikut daftarnya.

    Buku-buku mendaki gunung berikut ini sebagian besar dapat kamu download dengan mudah melalui tautan berikut ini

    Dewi Gunung

    Ini adalah salah satu buku mountaineering  yang paling menarik dan menyenangkan untuk dibaca. Buku yang ditulis oleh Anton Sujarwo dan dirilis pada tahun 2020 silam ini secara khusus menyoroti kehadiran pendaki gunung wanita dalam dunia mountaineering .

    Dewi Gunung  secara lengkap menguraikan asal muasal hadirnya seorang wanita di atas gunung. Perkembangan sejarah eksistensi dan kontribusi para pendaki gunung wanita juga diuraikan dalam sebuah bab timeline yang membuat kamu lebih mudah untuk memahami sejarah pendakian gunung bagi kaum perempuan ini.

    Tidak hanya itu, buku Dewi Gunung  juga membahas secara panjang lebar kontroversi para pendaki gunung wanita. Bukan sebuah hal yang rahasia kan, jika para pendaki gunung wanita pada banyak budaya dan waktu, dianggap sebagai sesuatu jauh lebih lemah daripada para pendaki gunung pria?

    Untuk membuat kamu lebih komprehensif dalam memahami sejarah pendaki gunung wanita, Dewi Gunung  juga menampilkan ratusan nama pendaki gunung wanita yang dapat menjadi contoh dan figur dari eksistensi sejarah yang diceritakan.

    Untuk kamu yang menginginkan sebuah bacaan berkualitas dan kritis mengenai sejarah pendakian gunung kaum perempuan yang sangat lengkap, buku Dewi Gunung  benar-benar dipersembahkan buat kamu.

    Panduan Teknis Pendakian Gunung

    Buku seperti ini sebenarnya cukup banyak di Indonesia dan ditulis oleh banyak orang dari berbagai disiplin dan latar belakang.

    Satu buku dengan bahasan serupa yang cukup bagus untuk kamu miliki adalah yang ditulis oleh seorang pendaki gunung yang juga menjadi inisiator penggagas konsep seven summit Indonesia. Dalam buku ini, penulis dapat menguraikan dengan sangat baik sebuah panduan dalam mendaki gunung yang mudah untuk dipahami.

    Untuk kamu seorang pendaki pemula atau pun yang sudah terbiasa dengan dunia hiking di alam bebas Indonesia, buku-buku seperti ini sangat layak untuk kamu miliki.

    Menapak Tiang Langit

    Catatan perjalanan para pendaki gunung Indonesia ini sangat layak untuk kamu baca. Dalam buku ini kamu dapat melihat bagaimana semangat dan tekad para pendaki gunung Indonesia untuk mencapai 7 puncak tertinggi di dunia.

    Semakin menarik lagi untuk kamu simak, karena dalam buku yang berukuran besar ini, kamu juga akan disuguhkan tampilan visual yang luar biasa dari foto-foto perjalanan mereka.

    Keindahan raksasa pegunungan Himalaya, Aconcagua, Antartika dan juga Alaska, dibagi dengan penuh rasa takjub bersama hasil jepretan kamera yang sempurna.

    Catatan Pendakian Norman Edwin

    Siapa pendaki gunung dan petualang legendaris Indonesia yang dianggap paling visioner hingga saat ini?

    Mungkin ada cukup banyak nama yang bisa disebutkan untuk menjawab pertanyaan seperti ini. Akan tetapi, hampir dapat dipastikan bahwa nama Norman Edwin adalah yang berada dalam daftar teratas. Dengan segala dedikasinya dalam dunia pendakian gunung dan petualangan di Indonesia, Norman Edwin memang adalah seorang legenda.

    Nah, buku-buku yang berkisah tentang Norman Edwin dan kiprahnya di atas ketinggian, sangat layak untuk kamu baca. Buku-buku seperti ini tidak hanya mampu memaparkan profil sang legenda secara komplit, namun juga mampu mendelegasikan pemikiran dan prinsipnya dalam berkayuh di atas adrenalin masa.

    Wajah Maut Mountaineering  Indonesia

    Harus diakui dalam segala keterbatasannya bahwa Anton Sujarwo adalah penulis yang sangat produktif di Indonesia. Sejak pertama kali merilis bukunya yang pertama pada akhir tahun 2018, penulis satu ini telah merilis 13 buku yang sebelas di antaranya bertemakan pendakian gunung atau mountaineering .

    Buku-buku hasil karya penulis kelahiran Bengkulu ini yang cukup terkenal misalnya adalah; Wajah Maut Mountaineering  Indonesia, Dunia Batas Langit, Merapi Barat Daya, Mahkota Himalaya, Maut di Gunung Terakhir dan masih banyak lagi. Nah, sebagai pembaca Indonesia, mungkin bukunya yang berjudul Wajah Maut Mountaineering  Indonesia ini adalah yang paling direkomendasikan untuk kamu baca.

    Untuk kamu yang penasaran dengan sejarah masuknya aktivitas pendakian gunung di Indonesia, buku ini telah menguraikannya dengan baik. Tokoh-tokoh yang ada di balik dunia pendakian gunung, panjat tebing, dan federasi mountaineering  Indonesia juga ikut dibahas dalam buku setebal 310 halaman ini.

    : AJ -

     

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.