x

Iklan

Muhamad Rizki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Maret 2021

Rabu, 23 Juni 2021 07:05 WIB

Resensi Buku "Filsafat Pendidikan Islam" Drs.Hasan Basri,M.Ag.

Filsafat Pendidikan Islam merupakan kajian filosofis mengenai berbagai masalah pendidikan yang berlandaskan ajaran Islam.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Resensi Buku

Judul                   : filsafat Pendidikan islam

Pengarang           : Drs. Hasan Basri, M.Ag.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Penerbit               : Pustaka setia

Cetakan               : 1

Tahun Terbit         : 2009

Jumlah Halaman   : 252

ISBN/ISSN           : 978-979-730-726-4

Isi Buku

Buku ini membahas perihal Filsafat Pendidikan yang lahir dari ilmu pendidikan sebagai ilmu pengetahuan praktis, mengandung maksud bahwa pendidikan sebagai aspek kebudayaan yang mempunyai tugas, antara lain menyalurkan nilai-nilai hidup, melestarikan, dan mengembangkan nilai-nilai norma tingkah laku kepada subjek didik yang bersumber dari filsafat dan/atau kearifan orangtua dan keluarga. Buku ini sangat menarik dan sangat mengedukasi bagi para mahasiswa, pengajar dan seluruh orang yang haus akan ilmu pengetahuan filsafat islam dan juga ingin memperluas tentang filsafat Pendidikan islam.

Buku ini juga menjabarkan secara rinci tentang filsafat Pendidikan islam, yang mana Pendidikan merupakan upaya manusia memperluas pengetahuan dalam rangka membentuk nilai, sikap, dan perilaku. Tujuan Filsafat Pendidikan Islam yaitu untuk mendekatkan hamba kepada penciptanya, agar bisa lebih bertanggung jawab terhadap kewajibannya. Dengan cara mampu berkomunikasi berdasarkan ajaran agama dengan informatif, baik, logis, dan benar.Pada perguruan tinggi, Pendidikan dikaji lebih mendalam dan konferensif yang dipergunakan untuk memperoleh pengetahuan. Sebagaimana kita ketahui bahwa manusia telah dibekali akal oleh sang pencipta, yang dengannyalah seluruh manusia berfikir dan mengembangkan suatu ide dan gagasannya. Akal yang dimiliki manusia harus dikembangkan melalui Pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

Buku ini juga sangat bermanfaat bagi para mahasiswa dan para pengajar yang ingin mendalami filsafat Pendidikan islam, karena materi didalamnya sudah terdapat kurikulum yang sesuai dengan perguruan tinggi.

Jadi para mahasiswa dan pengajar, saya sarankan untuk membaca buku ini sebagai tambahan referensi tentang ilmu filsafat.

Dalam buku ini terdapat 7 bab:

Bab pertama, menjelaskan tentang pengertian dan ruang lingkup filsafat Pendidikan islam. Dalam bab pertama ini, pembaca disajikan dengan materi dasar dan apa saja filsafat Pendidikan islam itu, dan apa saja ruang lingkupnya.

Bab kedua, yaitu dengan judul kedudukan alam semesta, manusia, masyarakat dan ilmu pengetahuan perspektif filsafat Pendidikan islam. Bab kedua ini, pembaca akan memahami bagaimana perspektif Pendidikan islam dalam memandang alam,semesta,manusia,masyarakat dan ilmu pengetahuan.

Bab ketiga, dengan judul hakikat Pendidikan dan etika keilmuan. Pada bab ketiga ini kita akan memahami bagaimana hakikat Pendidikan, hakikat pendidik dan hakikat anak didik

Bab keempat, dengan judul etika ilmu dalam Pendidikan islam. Dalam bab empat ini akan dijelaskan mengenai etika pragmetis dalam Pendidikan islam, positifime dalam etika keilmuan pada zaman renaissance dan humanisme

Bab kelima, dengan judul hakikat kurikulum, alat-alat Pendidikan dan evaluasi. Pada bab kelima ini si pembaca akan memahami bagaimana hakikat kurikulum itu, apa saja alat-alat Pendidikan atau alat-alat segala sesuatu yang dianggap mampu dan menopang terjadinya proses pembelajaran dan Pendidikan, dan apa itu evaluasi Pendidikan.

Bab keenam, dengan judul Pendidikan islam sebagai suatu sistem. Dalam bab ini juga dijelaskan tentang dasar-dasar sistem Pendidikan islam, Pendidikan islam sebagai kebenaran universal dan tujuan sistematik Pendidikan islam.

Bab ketujuh, menjelaskan tentang pemikiran beberapa tokoh yang mengenai filsafat Pendidikan islam, diantaranya: pemikiran Pendidikan menurut Imam Al-Ghazali, pemikiran Ibnu Maskawayh, pemikiran Pendidikan Ibnu Khaldun, pemikiran Kyai Haji Ahmad Dahlan, pemikiran Rahmah El-Yunusia, dan pemikiran Abdul Halim Iskandar.

Kelebihan Buku

Kelebihan buku ini adalah memasukkan pemikiran para tokoh-tokoh hebat, seperti pemikiran dari seorang tokoh wanita yaitu Rahmah El-Yunusia. Sebagaimana kita ketahui , Rahmah El-Yunusia adalah salah satu tokoh pembaruan Pendidikan islam di Indonesia. Dan kelebihan buku ini juga adalah desain cover yang sangat menarik dan tidak ada ditemukan kesalahan penulisan dalam buku ini dan juga kalimat-kalimatnya yang sangat mudah dipahami.

Kekurangan Buku

Kekurangan buku ini adalah tidak adanya footnote, dalam artian referensi yang diambil hanya terdapat dalam daftar pustaka saja, alangkah baiknya jika dicantumkan footnote atau catatan kaki sehingga pembaca tau materi mana atau bagian mana yang dikutip dan sumbernya dari mana, selain itu terdapat materi yang disampaikan secara tidak langsung , dan terlalu banyak kata pengantar yang panjang dan berkesan bertele-tele sehingga cenderung menyulitkan pembaca dalam memahami inti yang disampaikan dalam bab dan pembahasan tersebut.

Ikuti tulisan menarik Muhamad Rizki lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler