x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Kamis, 17 Juni 2021 06:22 WIB

Taman Bacaan di Kaki Gunung Salak Giatkan Minat Baca Program Kampung Literasi

Upaya menggiatkan literasi di masyarakat harus terus ditingkatkan. Salah satunya melalui program "Kampung Literasi. TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor pun menuju kampung literasi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor menuju kawasan “Kampung Literasi”.

 

Kampung literasi merupakan program Direktorat PMPK Kemdikbud RI tahun 2021 dalam upaya meningkatkan kegemaran membaca masyarakat, di samping kesadaran literasi. Untuk menciptakan kualitas SDM yang literat dan menekan tingkat buta aksara di masyarakat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Kita sadar, gerakan literasi itu tidak mudah. Bukan hanya membangun aktivitas giat baca-tulis. Tapi mengembangkan peradaban masyarakat. Agar lebih baik dan lebih berkualitas. Apalagi di daerah yang punya masalah pendidikan, ekonomi dan sosial.

 

Karena itu, ikhtiar baik taman bacaan di manapun. Harus terus dilakukan, dijalankan. Apapun tantangannya. Untuk baik itu berdoa saja tidak cukup. Harus ada kesadaran dan kemauan untuk berbuat baik. Sekalipun hanya di taman bacaan.

 

Taman bacaan itu bukan sekadar tempat baca-tulis. Bahkan lebih dari sekadar belajar. Tapi sejatinya, taman bacaan adalah kawah candradimuka untuk meningkatkan peradaban masyarakat. Itu yang disebut taman bacaan berbasis inklusi sosial. Demi tegaknya tradisi baca dan budaya literasi. TBM berbasis inklusi sosial.

 

Maka TBM Lentera Pustaka  di Kaki Gunung Salak sebagai salah satu taman bacaan masyarakat yang terpilih sebagai penyelenggara “Kampung Literasi” siap eksekusi. Hal ini sekaligus untuk memperkuat semangat inklusi sosial taman bacaan. TBM Lentera akan mengoptimalkan seluruh layanan yang ada saat ini, seperti: taman bacaan, berantas buta aksara, kelas calistung prasekolah, anak yatim binaan, jompo binaan, dan Koperasi Lentera. Ada sekitar 300 audiens yang terlibat di dalamnya, belum termasuk orang tua dan warga.

 TBM Lentera Pustaka merupakan salah satu dari 30 TBM di Indonesia yang terpilih dalam program “Kampung Literasi” atau hanya 2 TBM yang berasal dari Jawa Barat. Yaitu Kabupaten Bogor dan Sumedang.

 

Dengan kegiatan Kampung Literasi, nantinya kegiatan taman bacaan dan keaksaraan dilakukan lebih masif dan melibatkan masyarakat sekitar. Di samping diciptakan pojok-pojok baca. Agar terwujud taman bacaan berbasis inklusi sosial.

 

Karena itu, TBM Lentera Pustaka mengajak semuanya. Untuk bersersemangat dalam menebar kebaikan. Untuk hari esok yang lebih baik. Karena tidak ada hasil tanpa proses. TBM Lentera Pustaka menuju "Kampung Literasi" bersama Direktorat PMPK dan Forum TBM. Salam literasi. #KampungLiterasi #TBMLenteraPustaka #TamanBacaan #ForumTBM

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler