x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Rabu, 25 Agustus 2021 08:40 WIB

Problematika Gerakan Literasi, Seberapa Aktif Taman Bacaan di Indonesia?

Katanya taman bacaan ada 5.000 lebih di Indonesia. Tapi tidak semuanya aktif, hanya terdaftar. Problematika taman bacaan, apa saja?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Konon kabarnya, taman bacaan masyarakat (TBM) di Indonesia mencapai lebih dari 5.000 TBM. Tentu, ini jadi kabar gembira. Karena TBM memang datang dan tumbuh di masyarakat secara nyata. Untuk meningkatkan aktivitas giat membaca dan budaya literasi di masyarakat. Di mana pun di pelosok bumi Indonesia. Maka sulit dibantah, taman bacaan seharusnya jadi ujung tombak dalam mengembangkan literasi baca tulis yang efektif. Di samping mampu menjadi sentra pemberdayaan masyarakat di segala bidang. Melalui interaksi sosial yang terjadi di taman bacaan. Sampai di sini, semua pasti setuju.

 

Lalu pertanyaannya, seberapa aktif taman bacaan menjalankan aktivitas literasi?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Agak sulit untuk menjawabnya. Dari pengamatan subjektif, setidaknya hanya 3 dari 5 TBM yang ada yang aktif dan rutin beroperasi. Itu artinya hanya 60% saja TBM yang tetap eksis menjalankan programnya. Coba saja di cek di lapangan, datangi TBM yang ada. Apakah aktivitasnya ada dan berjalan? Jadi, soal keaktifan TBM pun patut jadi perhatian. Bukan hanya kuantitas yang terdaftar, di manapun.

 

Kenapa TBM tidak aktif? Mungkin secara subjektif, ada beberapa faktor penyebab, seperti: 1) anak-anaknya tidak ada atau tidak banyak, 2) buku-bukunya tidak ada atau sedikit, 3) terkendala soal biaya operasional walau tidak besar, dan 4) komitmen pengelolanya tidak sepenuh hati alias “angin-anginan”. Memang ada taman bacaan yang punya pengaruh ke masyarakat sejak didirikan. Tapi tidak sedikit taman bacaan yang terkesan “ada tapi tiada”.

 

Maka sebagai solusi, pengelola taman bacaan di Indonesia harus lebih fokus terhadap tata kelola taman bacaannya. Karena taman bacaan bukan hanya tempat membaca atau sebatas gudang buku seperti yang dituding banyak orang. Taman bacaan hari ini seharusnya mampu menjadi “sentra pemberdayaan masyarakat dan pusat peradaban umat”. Karena itu, taman bacaan harus dikelola dengan professional. Sekalipun bersifat sosial, taman bacaan harus punya kurikulum, program dan kegiatan rutin, sumber pendanaan, dan yang terpenting pengelola dan relawan yang konsisten berkiprah di taman bacaan.

 

Untuk menjaga keaktifan dan eksistensi taman bacaan, tidak ada salahnya TBM pun menjalankan program-program lain yang jadi masalah sosial di lingkungannya. Seperti yang dijalankan TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Sejak berdiri tahun 2017 lalu, awalnya TBM Lentera Pustaka hanya menjalankan aktivitas taman bacaan dengan 14 anak yang ikut bergabung. Melalui model “TBM Edutainment” yang dikembangkan secara langsung oleh pendirinya, kini TBM Lentera Pustaka sudah memiliki 168 anak usia sekolah sebagai pembaca aktif. Anak-anak yang berasal dari 3 desa, yaitu Sukaluyu, Tamansari, dan Sukajaya Kec. Tamansari Kab. Bogor.

 

Dan sebagai upaya membangun peradaban dan sebagai sentra pemberdayaan masyarakat, tidak pernah ada yang menyangka. Saat ini TBM Lentera Pustaka pun akhirnya berkembang dan menjalankan 10 program, yatu:

  1. TABA (TAman BAcaan), aktivitas kegiatan membaca seminggu 3 kali dengan jumlah pembaca aktif 168 anak usia sekolah dari 3 desa (Sukaluyu, Tamansari, Sukajaya).
  2. GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA), aktivitas berantas buta huruf seminggu 2 kali yang diikuti 9 warga belajar buta huruf dari kalangan ibu-ibu.
  3. KEPRA (Kelas PRAsekolah), kegiatan belajar calistung (membaca-menulis-berhitung) anak usia balita/PAUD seminggu 2 kali yang diikuti 25 anak.
  4. YABI (YAtim BInaan), kegiatan sosial menyantuni 16 anak yatim binaan sebulan sekali mengaji untuk memastikan mereka tetap sekolah, diberikan santunan bulanan dan beasiswa.
  5. JOMBI (JOMpo BInaan), kegiatan sosial menyantuni 8 jompo atau lansia sebulan sekali yang ada di sekitar TBM Lentera Pustaka.
  6. DONBUK (DONasi BUKu), kegiatan administrasi menerima dan menyalurkan donasi buku dari orang-orang baik yang peduli taman bacaan. Koleksi buku TBM Lentera Pustaka saat ini mencapai lebih dari 6.000 buku dan setiap minggu selalu ada donasi buku.
  7. RABU (RAjin MenaBUng), kegatan menabung “celengan kaleng” anak-anak pembaca aktif setiap hari Minggu saat datang membaca sebagai bagian dari literasi finansial.
  8. KOPERASI LENTERA, kegiatan koperasi simpan pinjam seminggu sekali transaksi yang diikuti 25 ibu-ibu sebagai upaya untuk mengatasi rentenir dan menjauhkan warga dari beban utang berbunga tinggi. 
  9. LITDIG (LITerasi DIGital), kegiatan belajar komputer dan internet sehat seminggu sekali untuk anak-anak pembaca aktif.
  10. TBM Ramah Difabel, aktivitas yang menerima dan memperlakukan 3 anak difabel (ABK, hidrosefalus, tuna wicara) untuk bersosialisasi dan interaksi dengan teman sebaya, di samping mendapatkan pengajaran yang interaktif.

 

Bahkan ke depan, TBM Lentera Pustaka masih memiliki program yang sudah direncanakan yaitu 1) Kampung Literasi Sukaluyu sebagai realisasi kawasan giat membaca dan budaya literasi berbasis inklusi sosial, 2) mendirikan PAUD Lentera Pustaka pada tahun 2022, dan 3) program Rehabilitasi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Lentera Pustaka tahun 2022.

 

Maka atas kiprah itu semua, TBM Lentera Pustaka pun kini sering menjadi narasumber televisi untuk liputan giat membaca dan gerakan literasi seperti: Tonight Show NET TV, CNN TV, DAAI TV, dan TV Parlemen. Bahkan dengan pertimbangan tim juri, Pendiri TBM Lentera Pustaka pun terpilih sebagai “Guardian 31 Wonderful People Tahun 2021” dari Guardian Indonesia.

 

Taman bacaan adalah berkah. Karena itu, taman bacaan harus tetap berjuang untuk eksis di tengah masyarakat. Sebagai perlawanan terhadap gempuran erat digital, termasuk melawan gim online, putus sekolah, pernikahan dini, dan narkoba. Maka taman bacaan tidak cukup hanya terdaftar. Tapi harus aktif dan rutin menjalankan aktivitas-nya. Hingga kapan pun. Demi tegaknya giat membaca dan budaya literasi masyarakat. Salam literasi #TBMLenteraPustaka #TamanBacaan #BacaBukanMaen #TamanBacaanAktif

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler