x

gambar perbandingan lantai kayu solid dan sintetis terpasang

Iklan

IT Team (wijdan)

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Januari 2020

Selasa, 31 Agustus 2021 07:49 WIB

Tandai Bedanya Lantai Kayu Solid dan Sintetis

Ingin menggunakan lantai kayu, udah tahu belum jenis-jenisnya? Kali ini saya akan ulas perbedaan antara lantai kayu solid dan lantai kayu sintetis sebagai wawasan anda bila ingin memasang lantai kayu di rumah

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Lantai kayu saat ini memang sedang banyak di gandrungi orang. Dengan kesan hangat dan motif kayu sebagai ciri khasnya membuat kesan lantai yang dingin menjadi berbeda dengan lantai kayu. Namun, karena harganya yang terbilang cukup mahal membuatnya hanya segelintir orang yang bisa memasangnya.

Untungnya, akhir-akhir ini mulai berhadiran beragam jenis lantai kayu yang memiliki harga lebih terjangkau, mudah dipasang dan berbagai keuntungan lainnya. Namun bedanya, lantai kayu terbaru dengan harga murah ini bukan terbuat dari kayu utuh, atau di industri pertukangan lebih dikenal dengan nama lantai kayu sintetis.

Mengenal Istilah lantai kayu kayu sintetis dan solid

Lantai kayu sintetis adalah jenis lantai kayu yang terbuat dari bahan-bahan non solid. Banyak jenis lantai kayu sintetis seperti serbu kayu tipe HDF, PVC, SPC dan WPC. Sementara itu lantai kayu solid sendiri merupakan jenis lantai kayu yang terbuat dari 100% kayu utuh yang di potong dimana potongan-potongan kayu ini disusun di atas lantai hingga menjadikan lantai kayu.

Mengenal jenis-jenis kayu untuk lantai kayu solid

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lantai kayu solid adalah jenis lantai kayu (parket) yang terbuat dari kayu utuh, tetapi tidak semua jenis kayu bisa dijadikan parket lho. Diperlukan jenis-jenis kayu berkualitas tinggi, dan tidak banyak jenis kayu yang berkualitas tinggi serta cocok dijadikan lantai. Hanya beberapa jenis kayu seperti :

Kayu Jati

Kayu merbau

Kayu Ulin

Kayu bengkirai

Kayu keruing

Mengenal jenis-jenis lantai kayu sintetis

Lantai kayu sintetis merupakan jenis lantai kayu yang terbuat dari bahan non solid. Bahan-bahan untuk lantai kayu sintetis ini berpariasi dan biasanya memiliki harga yang lebih murah di bandingkan lantai kayu solid.

Lantai kayu laminated

Jenis parket satu ini terbuat dari bahan serbuk kayu HDF yang di pres dan pada bagian atasnya diberi motif kayu cetakan.

Lantai vinyl motif kayu

Lantai vinyl merupakan jenis lantai yang terbuat dari bahan PVC yang di cetak dan diberi beragam motif, dan motif paling populernya adalah motif kayu.

Lantai SPC

Jenis lantai satu ini terbuat dari bahan serbuk kayu yang dicampur dengan plastic. Sama dengan vinyl & laminated, dibagian atasnya diberi cetakan motif kayu.

Lantai WPC

Lantai ini berbahan dasar campuran kayu dengan plastic. Umumnya lantai WPC ini digunakan di arra outdoor pengganti decking kayu.

Perbandingan lantai kayu solid dan Sintetis

Membicara perbandingan lantai, memang banyak aspek yang harus kita bahas, namun, ada beberapa poin penting yang bisa menjadi fatokan dalam membandingan lantai seperti :

Keawetan

Keawetan lantai kayu solid sudah terjamin karena terbuat dari kayu utuh pilihan. Tingkat keawetannya bisa sampia 20 tahun.

Sementara kualitas lantai kayu sintetis beragam, tergantung jenisnya. Untuk lantai laminated memiliki kualitas paling rendah sementara lantai SPC kualitasnya paling bagus. Bahkan lebih bagus dibandingkan lantai kayu solid.

Keindahan

Keindahan adalah selera masing-masing individu, namun lantai kayu solid memiliki corak alami dari kayu sehingga kita tidak akan menemukan motif yang sama satu sama lainnya. Sedangkan untuk lantai kayu sintetis, corak-coraknya buatan sehingga akan terihat monoton

Harga

Untuk harga lantai kayu solid memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan lantai kayu sintetis, selain karena harganya yang mahal lantai kayu solid lebih sulit dipasang. Berbanding terbalik dengan aneka lantai kayu sintetis yang jauh lebih murah dan lebih mudah di pasang.

Kesimpulan

Lantai kayu solid memiliki kualitas yang bagus dengan tingkat awet yang tinggi serta motif kayu alami yang tidak mungkin bisa kita temukan di lantai kayu sintetis. Sementara itu, dilain sisi lantai kayu sintetis menawarkan jenis parket yang mudah dipasang dengan harga yang terjangkau.

Bagi anda yang membutuhkan jenis lantai dengan nilai seni dan kesan alami yang lebih terasa, saya kira menggunakan parket dari kayu solid lebih cocok.

Namun bila anda ingin mencoba jenis lantai parket di beberapa bagian rumah terlebih dahulu, cobalah dulu lantai kayu sintetis, jika memang lantai kayu dapat membuat anda nyaman, bisa di upgrade menggunakan lantai kayu solid untuk kesan alami yang lebih terasa.

 

 

Ikuti tulisan menarik IT Team (wijdan) lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu