x

https://commons.wikimedia.org/wiki/File:SaheehAlBukhari1.png

Iklan

rifatul mahmudah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Agustus 2021

Jumat, 3 September 2021 08:25 WIB

Lima Aplikasi untuk Memahami Hadis Terlengkap

Hadis adalah jalan mengenl Nabi Muhammad. Sosoknya tak bisa dikenali dan diperkenalan melalui cerita maupun film sebaik melalui hadis. Belajar hadis adalah keharusan. Agar kita tak mengikuti sembarangan orang, dan makin kuat tekad kita untuk meneladani sang kekasih Allah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Gaya penulisan para ulama dalam menulis kitab hadis menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Karena gaya penulisan tiap-tiap ulama akan tercermin jelas di judul yang mereka sematkan pada tiap karya.

Sebut saja kitab Shahih Bukhari yang bergelar kitab paling shahih setelah Al-Qur’an. Kitab ini sebenarnya punya judul yang cukup panjang, yaitu Al-jami’ As-Shahih Al-Musnad Al-Mukhtashar fii Umuri Rasulillah saw. wa Sunanihi wa Ayyamihi.

Dari judulnya saja kita dapat menyimpulkan beberapa karakter karya Imam Bukhari ini:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pertama, kata Al-Jami’ menggambarkan bahwa buku ini mencakup berbagai tema. Dalam kitab ini ada 97 tema yang berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan.

Kedua, melalui kata As-Shahih Imam Bukhari mengklaim bahwa semua hadis yang ada di dalam kitab ini adalah benar berasal dari Rasulullah.

Ketiga, kata Al-Musnad berarti bersambung kepada Rasulullah. Imam Bukhari menegaskan bahwa hadis-hadis dalam kitabnya benar-benar bersambung kepada Rasulullah melalui jalur sanad para perawi hadis.

Keempat, kata Al-Mukhtashar menggambarkan bahwa kitab ini disusun seringkas mungkin dan tidak bertele-tele.

Kelima, Fii Umuri Rasulillah saw. wa Sunanihi wa Ayyamihi menjelaskan kandungan kitab ini. Imam Bukhari menjelaskan bahwa karya beliau ini berisikan hadis-hadis tentang segala hal yang berkaitan dengan rasulullah, mencakup keseharian dan kebiasaan Rasulullah saw.

Masih ada banyak tipe penulisan kitab hadis lainnya. Al-Jami’ hanyalah salah satunya. Hadis-hadis yang ada dalam kitab-kitab ini tentu lebih menarik lagi. Melalui hadis, kita bisa berkenalan dengan sosok panutan kita yang sesungguhnya, Rasulullah saw.

Berikut adalah rekomendasi aplikasi membaca hadis jika kita belum berkesempatan membeli buku hadis atau terjemahannya. Aplikasi ini bisa membantu para pengguna mempelajari hadis dengan lebih praktis.

1. Fitur Hadispedia aplikasi KESAN / Kesan Indonesia

 

 

Sumber: Dokpri

Aplikasi KESAN menyediakan fitur Hadispedia yang bisa diakses gratis. KESAN adalah aplikasi tanpa iklan, sehingga membaca tidak terganggu.

Fitur Hadispedia berisi lebih dari 50 kitab hadis, termasuk kutubuttis’ah, Arbain Nawawi, Bulughul Maram dan kitab-kitab lainnya.

Kitab-kitab hadis ini disusun berdasarkan huruf abjad. Sebagian kitab juga sudah dilengkapi dengan terjemahan. User juga bisa membagikan hadis yang mereka temukan kepada orang lain melalui fitur share.

Fitur pencarian hadis terbagi menjadi dua kategori, yaitu kata kunci dan nomor hadis. User tinggal memilih metode pencarian yang cocok dengan kebutuhan

Aplikasi ini sudah tersedia dalam versi Android dan iOS. 

2. Kumpulan Hadis (Lengkap 9 Imam Full Offline) / Firdaus Kurniawan Zuqornain

 

 

Sumber: Dokpri

Aplikasi Kumpulan Hadis berisi hadis-hadis dari kutubut tis’ah. Ada dua tipe pengkategorian dalam aplikasi ini, yaitu berdasarkan kitab sumber dan berdasarkan penyandaran hadis, seperti qudsi, marfu’, mauquf, dll.

Hadis tersedia dalam format bahasa Arab dan artinya, disertai penjelasan tema hadis. Aplikasi tersedia di playstore.

3. Hadis Nabi Muhammad SAW / Creavy Developer

 

 

Sumber: Dokpri

Aplikasi Hadis Nabi ini memiliki format yang berbeda dari sebelumnya. Hadis di Aplikasi ini dikelompokkan berdasarkan tema kandungan hadis tersebut.

Hadis-hadis di aplikasi ini tersedia dalam format transliterasi dan terjemahan saja. Beberapa di antaranya hanya berupa terjemahan saja. Meskipun begitu, Beberapa hadis dilengkapi penjelasan tentang kandungan hadis.

Aplikasi ini tersedia di playstore.

4. Hadis Indonesia / JagDev

 

 

Sumber: Dokpri

Aplikasi Hadis Indonesia mempunyai fitur yang berbeda dari aplikasi-aplikasi sebelumnya, yaitu pop up hadis. User bisa memilih untuk menampilkan hadis sebagai pop-up di handphone yang muncul setiap menghidupkan layar setelah terkunci.

Aplikasi ini menyediakan fitur pencarian kata kunci. Hadis-hadis yang tersedia berasal dari kutubussittah saja. Hadis-hadis di aplikasi ini hanya tersedia dalam format terjemahan. Hadis yang disukai bisa ditambahkan ke bookmark dan dibagikan.

Aplikasi ini tersedia dalam versi Android yang dapat diakses melalui Playstore.

5. Kumpulan Hadits Shahih Offline / Islami Apps

 

 

Sumber: Dokpri

Seperti Aplikasi Hadis Nabi, Aplikasi Hadits Shahih mengelompokkan hadis sesuai topik yang dikandung hadis. Tersedia 44 tema hadis di aplikasi ini. Hadis ditampilkan dalam format bahasa arab dan terjemahannya.

Aplikasi ini tersedia dalam versi Android.

Ikuti tulisan menarik rifatul mahmudah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu