Aplikasi Pencari Kitab Ulama Nusantara - Humaniora - www.indonesiana.id
x

dokpri

rifatul mahmudah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Agustus 2021

Minggu, 26 September 2021 06:11 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Aplikasi Pencari Kitab Ulama Nusantara

    Ulama nusantara telah banyak berkontribusi dalam khazanah literatur Islam. Mereka menyumbang banyak karya, baik dalam Bahasa Arab -- yang notabene bukan bahasa utama -- dan bahasa Indonesia. Sebagian kitab mereka kini tersimpan di berbagai pesantren. Saatnya kita melestarikan ilmu yang telah mereka tuangkan dalam tulisan mereka baik melalui membaca, dan mendigitalisasi karya-karya mereka

    Dibaca : 633 kali

    Para ulama dan kiai di Nusantara sejak dahulu telah banyak menyumbang kepada khazanah kitab-kitab berbahasa Arab. Walaupun bukan penutur asli Bahasa Arab, karya-karya ulama Indonesia tidak kalah menakjubkan dari ulama-ulama timur tengah dan sekitarnya.

    Sebut saja K.H. Hasyim Asy’ari, yang telah mengarang sekitar 19 kitab seumur hidup beliau. Karya K.H. Hasyim telah diakui oleh banyak orang, terutama di Nusantara sendiri. Kitab pertama beliau, Adab Al-Alim wa Al-Muta’allim dipakai dan dipelajari di mayoritas pesantren di Indonesia.

    Selain itu, ada Syeikh Nawawi Al-Bantani, ulama Banten yang pernah belajar ke Timur Tengah, dan menjadi Imam Masjid Al-Haram. Syeikh Nawawi juga menulis banyak karya. Semua itu terjadi berkat kegigihan mereka menuntut ilmu.

    Di antara pewaris ilmu-ilmu mereka, santri adalah orang yang paling dekat dengan kitab ulama Nusantara. Oleh karena itu, santri secara tidak langsung mengemban amanah agung untuk melestarikan ilmu dalam kitab-kitab mereka.

    Berbicara tentang karya-karya ulama Nusantara, Ada dua aplikasi yang memuat kitab-kitab ulama kita cukup lengkap. Kedua aplikasi ini gratis dan bukunya bisa diunduh ke perangkat smartphone.

    Pertama, Aplikasi KESAN. Aplikasi ini memuat banyak kitab kuning, termasuk kitab-kitab ulama nusantara. di antaranya adalah kitab ‘Uqud Al-Lujain, Fawaid Al-Janiyah, Adabul ‘Alim wal Muta'allim, Kifayatul Atqiyaa, dan lain-lain. Sebagian kitab juga ada versi terjemahannya.

    Sumber: Dokpri

    Saya memakai aplikasi KESAN karena aplikasi ini adalah wujud paket yang lengkap untuk belajar. Selain itu desain aplikasinya sederhana dan tidak terlalu ramai. Tidak adanya iklan di aplikasi ini juga membuat mata saya merasa nyaman. Bagi saya pribadi, suasana aplikasi yang nyaman sangat penting ketika membaca lewat smartphone.

    Jika ada yang ingin mencoba aplikasi KESAN, maka bisa mendownload versi androidnya dan versi iOS nya .

    Kedua, Aplikasi Kitab Salaf. Aplikasi ini khusus berisi kitab-kitab kuning. Bedanya, aplikasi ini mempunyai kategori khusus kitab ulama Nusantara. Menurut saya aplikasi ini mengusung warna hijau yang sangat lekat dengan image Aswaja dan Nahdlatul Ulama.

    Sumber: Dokpri

    Saya biasanya menggunakan aplikasi ini jika membaca buku yang tebal, karena tersedia fitur bookmark halaman. Jadi terasa seperti membaca buku nyata.

    Aplikasi Kitab Salaf dapat kita download di playstore melalu.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.