Memilih Reksa Dana Terbaik Berdasarkan Tujuan dan Jangka Waktu Investasi - Urban - www.indonesiana.id
x

Reksa dana (Foto: Bisnis Temo)

Setyo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

2 hari lalu

  • Urban
  • Topik Utama
  • Memilih Reksa Dana Terbaik Berdasarkan Tujuan dan Jangka Waktu Investasi

    Reksa dana jadi pilihan investor pemula yang ingin mulai menikmati cuan di pasar modal. Mereka kepincut berbagai kemudahan dan keterjangkauannya. Namun sudah sepatutnya mereka juga memperhatikan beberapa aspek agar investasinya membuahkan hasil. Jika tujuan investasi itu konkret dengan jangka waktu pencapaiannya, maka pilihan produk reksa dananya pun mudah ditentukan.

    Dibaca : 152 kali

    Reksa dana jadi pilihan investor pemula yang ingin mulai menikmati cuan di pasar modal karena berbagai kemudahan dan keterjangkauannya. Namun di tengah kemudahan dan keterjangkauannya ini, sudah sepatutnya investor pemula memperhatikan beberapa aspek agar investasinya benar-benar membuahkan hasil.

    Salah satu aspek yang tak boleh diabaikan begitu saja adalah tujuan investasi yang sebenarnya juga sangat menentukan pada pilihan reksa dananya. Tujuan investasi yang tercapai secara terukur dan terencana salah satunya ditentukan oleh pilihan reksa dana yang tepat.

    Tak mengherankan, banyak disarankan untuk investor pemula bahwa yang namanya tujuan investasi itu sebaiknya konkret. Contoh-contoh dari tujuan investasi yang konkret itu, seperti untuk dana liburan, untuk persiapan nikah, untuk beli rumah, untuk beli kendaraan hingga untuk jaminan uang di hari tua (pensiun).

    Jika tujuan investasi itu konkret dengan jangka waktu pencapaiannya maka pilihan produk reksa dananya pun akan mudah ditentukan atau bisa mengikuti dengan sendirinya.

    1. Tujuan investasi tercapai kurang dari 1 tahun

    Untuk tujuan-tujuan investasi yang bisa tergapai kurang dari 1 tahun, semisal ingin liburan ke luar negeri akhir tahun atau beli gadget baru, investor pemula bisa memilih Reksa Dana Pasar Uang (Money Market Fund) karena di dalamnya pengelolaan instrumen pasar uang ini ada deposito, surat berharga komersil (commercial paper) dan obligasi yang periode jatuh temponya kurang dari 1 tahun. Kendati jangka pendek, tetapi pilihan investasi reksa dana pasar uang ini sangat cocok bagi investor yang mencari pengganti tabungan karena secara imbal hasil (return) tentu lebih besar dibanding tabungan.

    2. Tujuan investasi tercapai antara 1-3 tahun

    Untuk tujuan investasi yang ingin tergapai antara 1-3 tahun, semisal dalam 3 tahun akan menikah atau membeli kendaraan, investor pemula bisa memilih Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund). Reksa Dana Pendapatan Tetap yang juga disebut juga sebagai Reksa Dana Obligasi adalah reksa dana yang menginvestasikan sebagian besar dana investor ke instrumen obligasi/sukuk, baik obligasi/sukuk milik Pemerintah (contoh: SUN, SUKRI) ataupun obligasi/sukuk korporasi. Setidaknya 80% dari dana investor akan diinvestasikan ke obligasi yang memiliki jatuh tempo lebih dari 1 tahun, dan sisanya ditempatkan di instrumen pasar uang.

    3. Tujuan investasi tercapai antara 3-5 tahun

    Untuk tujuan investasi yang harus tergapai pada 3-5 tahun mendatang, semisal pada 4 tahun mendatang pingin punya rumah baru atau biaya anak mau masuk sekolah, investor pemula masih bisa menggunakan Reksa Dana Campuran (Balanced Fund) yang dana-dana investor diinvestasikan ke instrumen saham, obligasi dan juga pasar uang. Reksa Dana Campuran cocok bagi investor yang mempunyai jangka waktu investasi menengah antara 3-5 tahun. Reksa Dana Campuran biasanya memberikan return yang lebih tinggi dibandingkan Reksa dana Pendapatan Tetap, namun tidak terlalu berisiko seperti Reksa Dana Saham.

    4. Tujuan investasi tercapai antara 5-10 tahun

    Sementara itu untuk tujuan investasi yang masuk kategori jangka panjang antara 5-10 tahun, semisal untuk dana pensiun, investor bisa memilih Reksa Dana Saham (Equity Fund) yang menginvestasikan sebagian besar dana investor ke instrumen saham. Setidaknya 80% dari dana investor akan diinvestasikan ke saham dan sisanya ditempatkan di instrumen pasar uang maupun obligasi.

    Dalam praktiknya pun pilihan reksa dana yang jumlahnya sudah tergolong tidak sedikit lagi mudah dilakukan karena saat ini sudah ada fitur-fitur yang memudahkan dalam memilih reksa dana terbaik, semisal dengan fitur IPOTFund Evaluator yang memudahkan investor memilih reksa dana dengan kinerja terbaik dan fitur Analisis Performa yang membantu nasabah untuk membandingkan performa antar reksa dana dan instrumen investasi lainnya dengan benar dan akurat.

    Kedua fitur ini disediakan secara gratis oleh supermarket reksa dana online IPOTFund milik Indo Premier Sekuritas. Menariknya, platform transaksi jual-beli IPOTFund ini sudah diintegrasikan ke aplikasi IPOT. Dengan begitu investasi reksa dana pun benar-benar mudah dilakukan hanya dengan beberapa sentuhan di smartphone yang terpasang aplikasi IPOT.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.