x

IMIP bersih-bersih Bahodopi di WCD 2021. Sumber foto: Dok. PT IMIP

Iklan

Chika Lestari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Juli 2020

Senin, 20 September 2021 20:03 WIB

Berkat IMIP dan Sejumlah Relawan, WIilayah Bahodopi Bersih dari Sampah

Dalam memperingati World Cleanup Day yang serentak diadakan oleh 180 negara di dunia, PT IMIP sebagai pelaku industri yang peduli dengan lingkungan sekitar mengajak warga Bahodopi untuk mengumpulkan sampah dan mengedukasi bagaimana pemilahan sampah yang benar.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kegiatan World Cleanup Day (WCD) 2021 kembali digelar dan diikuti oleh 180 negara di dunia yang melibatkan 20 juta volunteer. Termasuk PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park), yang kemudian berperan aktif dalam WCD 2021 dengan mengumpulkan sampah dan memberikan edukasi pemilahan sampah di Kecamatan Bahodopi pada Sabtu (18/9/2021).

Aksi WCD tahun ini mengusung tema “Bersatu untuk Indonesia Bersih” dengan mengadakan pilah sampah dari rumah yang relevan dengan kondisi pandemi saat ini. Sampah-sampah yang dibersihkan dipilah berdasarkan jenisnya, yakni organik dan anorganik.

Pengumpulan sampah yang dilakukan oleh PT IMIP ini turut melibatkan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Morowali dan Pemerintah Kecamatan Bahodopi, Pemerhati Lingkungan Bahodopi (PLB), TNI, Polri, relawan/warga, organisasi, komunitas dan lembaga kerukunan keluarga.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

WCD yang rutin diadakan setiap tahun pada bulan September di Bahodopi ini lokasinya terbagi di beberapa desa yang diantaranya adalah Desa Bahodopi,  digelar di kecamatan bahodopi. Desa Keurea, Desa Bahomakmur dan Desa Fatufia yang menjadi objek untuk bersih-bersih sampah.

Koordinator Community Relations Departemen Eksternal PT IMIP, Thomas Deni Bintoro mengatakan, perusahaannya tentu selalu mendukung sebuah aksi yang dapat bermanfaat bagi rakyat umum. Melalui aksi bersih-bersih sampah ini diharapkan akan meningkatkan kesadaran warga Bahodopi, dari yang dewasa hingga anak-anak, agar lebih peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar.

Kegiatan ini menjadi sebuah kampanye bersama bahwasanya sampah itu memang harus dikelola. Karena di masa mendatang, sampah dapat menjadi sebuah masalah jika tidak dilakukan pengelolaan yang benar.

Pada waktu yang bersamaan, Tahir selaku Camat Bahodopi juga memberitahu tujuan kegiatan dari WCD 2021 ini.

Baginya, dengan diadakannya acara WCD 2021 ini dapat mengedukasi warga Bahodopi bahwa sampah mempunyai nilai ekonomis yang dapat secara langsung menambah penghasilan masyarakat.

Ikuti tulisan menarik Chika Lestari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler