3 Aplikasi Gratis untuk Belajar Bahasa Inggris, Apa Saja Kelebihannya? - Urban - www.indonesiana.id
x

Seorang pelajar sedang belajar bahasa Inggris secara gratis dengan aplikasi dan catatan.

Admin Xerpihan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Juli 2021

Kamis, 30 September 2021 16:46 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • 3 Aplikasi Gratis untuk Belajar Bahasa Inggris, Apa Saja Kelebihannya?

    Artikel ini berisi tentang rekomendasi aplikasi belajar bahasa Inggris yang gratis dan mudah digunakan.

    Dibaca : 756 kali

    Dukung penulis indonesiana

    Di era globalisasi seperti sekarang ini, kemampuan akan bahasa Inggris merupakan skill yang sangat penting untuk dikuasai. Hal ini karena bahasa Inggris adalah salah satu dari bahasa internasional yang paling banyak digunakan saat ini. Kemampuan bahasa Inggris dapat memudahkan kita untuk menambah pengetahuan karena bahasa Inggris sudah menjadi bahasa universal di universitas dan sekolah internasional. Bahasa Inggris juga sudah menjadi bahasa universal di perusahaan-perusahaan internasional sehingga dengan menguasai bahasa Inggris dapat memudahkan kita dalam mencari pekerjaan.

    Kemampuan berbahasa Inggris dapat dipelajari dengan banyak cara. Cara yang paling umum adalah dengan megikuti les bahasa Inggris di bimbingan belajar. Saat ini sudah banyak instansi-instansi yang membuka les bahasa Inggris, baik dalam bidang listening (mendengarkan), speaking (berbicara), maupun writing (menulis). Sayangnya, biaya yang diperlukan untuk mengikuti les bahasa Inggris tersebut tidaklah sedikit. Umumnya, biaya untuk les bahasa Inggris perlu merogoh kocek kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tentunya jumlah tersebut terbilang cukup mahal, terutama untuk masyarakat menengah ke bawah.

    Kabar baiknya, di era teknologi seperti sekarang banyak bermunculan aplikasi yang dapat membantu kita belajar bahasa Inggris. Kabar baiknya lagi, aplikasi-aplikasi tersebut ada yang dapat digunakan secara gratis. Jadi hanya dengan berbekal smartphone, kita bisa belajar berbagai materi bahasa Inggris tanpa dipungut biaya.

    Nah, apa sajakah aplikasi belajar bahasa Inggris yang gratis dan direkomendasikan? Berikut ulasannya!

    1. Cake

    Salah satu rekomendasi aplikasi belajar bahasa Inggris gratis adalah Cake. Pada aplikasi ini terdapat berbagai video bahasa Inggris yang dilengkapi dengan subtitle bahasa Inggris dan terjemahan bahasa Indonesianya sehingga sangat berguna untuk meningkatkan skill listening kita. Ada juga teks dialog bahasa Inggris berbagai tema yang dilengkapi dengan fitur audio to text sehingga dapat menilai pronunciation kita. Selain itu, pada aplikasi ini juga terdapat beragam kuis yang dapat membantu kita menghafal kosa kata bahasa Inggris. Jadi aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin belajar bahasa Inggris, terutama dalam pronunciation, listening, dan menambah vocab.

    1. Duolingo

    Rekomendasi aplikasi belajar bahasa Inggris yang lainnya adalah Duolingo. Melalui aplikasi ini, kita bisa belajar bahasa Inggris mulai dari level dasar hingga mahir. Uniknya, konsep pelajaran bahasa Inggris pada aplikasi ini dibungkus dalam bentuk permainan yang seru.

    Keunggulan dari Duolingo adalah kita bisa menentukan target belajar bahasa Inggris setiap harinya. Duolingo juga dilengkapi fitur alarm yang dapat mengingatkan kita untuk membuka aplikasi ini sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Kita bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dengan syarat menonton iklan terlebih dahulu.

    1. Bussu

    Busuu merupakan aplikasi belajar bahasa Inggris yang didukung oleh kecanggihan AI. Melalui aplikasi ini, kita bisa belajar materi bahasa Inggris, mulai dari speaking (berbicara), writing (menulis), reading (membaca), dan listening (mendengarkan).

    Keunggulan dari Busuu adalah bisa digunakan secara luring, sehingga aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin belajar bahasa Inggris saat tidak ada jaringan internet. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan laporan mingguan mengenai apa yang sudah kita capai dalam sepekan. Jadi, kita bisa melihat kemajuan skill bahasa Inggris yang sudah dipelajari.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.