x

Foto bersama usai mengikuti kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SMK YAPINKTEK

Iklan

Amin Hidayat

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 November 2021

Minggu, 14 November 2021 16:15 WIB

Pelatihan Digital Marketing Dan E-Commerce Dengan Memanfaatkan Teknologi Internet Untuk Menambah Ide Kreatif Siswa Di SMK YAPINKTEK


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perkembangan teknologi telah memasuki era digital, dimana semua hal memungkinkan dapat mengendalikannya dari jarak jauh, menggunakan fasilitas internet yang tersambung pada gadget yang hampir setiap orang memilikinya. Di era globalisasi seperti sekarang ini penggunaan internet, khususnya di Indonesia, semakin meningkat. Kebutuhan internet di era saat ini sangatlah penting. Internet dapat digunakan dimana saja, kapan saja dan dapat digunakan oleh siapa saja, mulai dari  hubungan persaudaraan, pertemanan, pekerjaan terlebih pelaku bisnis. Didunia bisnis, internet telah berubah pesat, dimana awalnya hanya suatu wadah informasi kini digunakan sebagai strategi bisnis mulai dari pemasaran hingga pelayanan pelanggan. Perkembangan teknologi  informasi  yang  berkembang  sangat pesat  berpengaruh  bagi  masyarakat dalam mendukung berbagai kegiatan bisnis baik besar maupun kecil agar dapat dikenal secara global. Dengan memakismalkan pemanfaatan teknologi internet yang semakin meningkat penggunaannya, diharapakan bisnis / usaha yang sedang dibangun agar semakin dikenal dan juga dapat meningkatkan volume penjualan.

Pada kenyataannya, perkembangan internet yang tak terbendung, sayangnya tidak diiringi dengan pengetahuan yang cukup terhadap para penggunanya. Mulai dari pengenalan konten, informasi pengetahuan hingga ketertarikan terhadap internet dibeberapa wilayah. Memulai bisnis tidak harus menunggu dewasa atau lulus sekolah. Dunia internet yang luas membuat pelajar-pelajar dari SD hingga SMA/SMK bisa memulai berbisnis sedini mungkin. Salah satunya dengan memanfaatkan kecanggihan internet untuk menjangkau konsumen seluas mungkin. Terlebih ini adalah anak-anak SMK yang notabene nya mereka adalah anak-anak tangguh yang mandiri. Sehingga dengan adanya kegiatan PkM ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada siswa dan siswi SMK selain mempelajari ilmu kejuruan, para siswa juga mendapatkan ilmu bagaimana cara memulai bisnis dengan memaksimalkan teknologi informasi yang ada.

Atas dasar itulah kami dari rekan-rekan dosen Universitas Pamulang menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan tema yang kami angkat pada kegiatan PkM tersebut ialah Pelatihan Digital Marketing Dan E-Commerce Dengan Memanfaatkan Teknologi Internet Untuk Menambah Ide Kreatif Siswa Di SMK YAPINKTEK. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan di SMK YAPINKTEK yang beralamat di Jl. Siliwangi No. 52 RT. 01/04 Kel. Keroncong Kec. Jatiuwung, Kota Tangerang. Yang mana dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat tersebut yang diketuai oleh Amin Hidayat S.Kom., M.Kom beserta dengan rekan-rekan dosen lainnya yaitu Nanang, S.Kom., M.Kom, Lely Panca Andriyanto, S.Kom, M.Kom, Meidy Fajar Wahyu, S.T., M.Kom, dan Yuda Samudra, S.Kom., M.Kom memberikan pelatihan terkait dengan bagaimana cara bijak dalam memanfaatkan teknologi informasi yang ada saat ini tentunya dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi internet. Selain para dosen, temen-temen mahasiswa juga ikut serta dalam kegiatan PkM ini, dimana kegiatan ini juga dapat dijadikan pengalaman bagi mahasiswa dalam melaksanakan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi yang akan mereka lakukan dalam menerapakan ide dan gagasan nya pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat kedepannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kegiatan PkM ini dihadiri oleh Bapak Sukarna Madia, S.SI selaku Kepala Sekolah SMK YAPINKTEK, Ibu Hetty Maharani, S.Pi selaku Kurikulum SMK YAPINKTEK, Ibu guru wali kelas serta siswa dan siswi Kelas XII TKJ yang menjadi peserta dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini. Bapak Sukarna Madia, S.SI berpesan dalam sambutannya agar kegiatan PkM kali ini bisa terus berkesinambungan di tahun-tahun selanjutnya. Pasalnya, kegiatan seperti ini dapat memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan siswa-siswinya dalam membangun generasi muda yang kreatif, positif dan inovatif. Bapak Sukarna Madia, S.SI juga berpesan kepada peserta didik nya untuk dapat memanfaatkan kegiatan PkM ini dengan sebaik baiknya dan mengambil ilmu sebanyak-banyaknya dari materi yang nantinya akan disampaikan. Pasalnya kegiatan serperti ini belum tentu ada setiap bulan atau setiap tahun nya. Bapak Sukarna Madia, S.SI menuturkan “Saya berharap, anak-anak bisa memanfaatkan ilmu hari ini dan bisa mengembangkannya secara mandiri. Tumbuh menjadi anak-anak SMK yang berilmu dan mempunyai banyak ide kreatif serta mampu membuka lapangan pekerjaan di masa depan sebelum memasuki dunia kerja."

Sambutan Kepala Sekolah SMK YAPINKTEK Bapak Sukarna Madia, S.SI

Sambutan Ketua PkM oleh Pak Amin Hidayat S.Kom., M.Kom

Adapun tujuan dilakukannya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini ialah dengan melihat pesatnya perkembangan teknologi digital di era ekonomi digital seperti saat ini, memberikan ide perlunya pemahaman dalam memanfaatkan perkembangan teknologi internet berupa pemberian pelatihan kepada para peserta didik di SMK Yapinktek yang bertempat di daerah Jatiuwung - Tangerang. Hal ini diharapkan sebagai media pembelajaran dan pemahaman baru agar menambah wawasan pengetahuan dalam memanfaatkan teknologi internet yang sejatinya semua orang menggunakannya. Tentunya dengan adanya pelatihan ini akan sangat bermanfaat bagi para siswa untuk menumbuhkan semangat dan ide kreatif yang dapat disalurkan pada media teknologi informasi yang tepat. Pelatihan ini akan memberikan gambaran seperti apa dampak pengaruh yang dapat dirasakan oleh para siswa ketika bijak dalam memanfaatkan kemajuan teknologi internet saat ini, kemudian akan diajarkan bagaimana cara menerapakan digital marketing pada produk yang akan dipasarkan, sehingga produk yang dipasarkan tersebut diketahui oleh banyak orang, selanjutnya perserta didik juga akan dibekali praktek cara penggunaan e-commerce serta memahami bagaimana alur transaksi yang mempertemukan antara penjual dan pembeli didunia maya.

Dalam pelaksanaan nya, kegiatan PkM ini dilaksanakan diruang lab komputer tentunya dengan support dari pihak sekolah yang telah memberikan izin kepada kami untuk menggunakan fasilitas yang terdapat pada lab komputer tersebut. Sesi pemaparan materi dilakukan melalui presentasi power point yang ditampilkan dengan proyektor, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk proses pembelajaran, pemahaman dan juga pengetahuan mengenai apa saja hal yang dapat dimanfaatkan dari perkembangan teknologi informasi saa ini. Adapun sesi praktek dalam pelatihan ini adalah praktek cara penggunaan e-commerce serta bagaimana cara menerapakan digital marketing pada produk yang akan dipasarkan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dalam hal teknik bagaimana cara berbisnis online dengan memanfaatkan teknologi internet, pengetahuan dasar digital marketing serta actions penggunaan salah satu media e-commerce di indonesia. Pelatihan tersebut disampaikan dalam bentuk ceramah yang dilanjutkan dengan praktek langsung dan tanya jawab tentang cara penggunaan e-commerce serta bagaimana cara menerapakan digital marketing pada produk yang akan dipasarkan.

Peserta kegiatan PkM, Para Siswa dan Siswi SMK YAPINKTEK

Pemaparan sesi pertama, disampaikan oleh Bapak Meidy Fajar Wahyu, S.T., M.Kom, dalam materinya, beliau menyampaikan terkait perkembangan teknologi internet yang ada saat ini, mulai dari pengenalan dasar mengenai apa itu internet, bagaiamana cara bijak dalam memanfaatkan internet dalam kehidupan sehari hari, sampai kepada dampak apa saja yang dapat dirasakan ketika cerdas dalam memaksimalkan pemanfaatan teknologi internet di era globalisasi seperti saat ini.

Pemaparan materi terkait manfaat teknologi internet oleh Pak Meidy Fajar Wahyu, S.T., M.Kom

Penyampaian materi sesi kedua dilanjutkan oleh Bapak Lely Panca Andriyanto, S.Kom, M.Kom, materi yang beliau sampaikan terkait Teknik Digital Marketing, mulai dari pengenalan dasar mengenai apa itu digital marketing ?, kenapa harus belajar digital marketing?, kelebihan apa yang didapatkan kan dengan menerapkan teknik digital marketing, kemudian jenis-jenis teknik digital marketing yang dapat diterapkan mulai dari yang free sampai yang berbayar serta penyampaian materi terkait strategi-strategi apa saja dalam menerapakan teknik digital marketing tersebut.

Penyampaian materi terkait Teknik Digital Marketing oleh Pak Lely Panca Andriyanto, S.Kom, M.Kom

Selanjutnya masuk pada sesi ketiga yaitu pemberian materi praktek bagaimana cara menerapakan digital marketing pada produk yang akan dipasarkan, sehingga produk yang dipasarkan tersebut diketahui oleh banyak orang. Materi praktek ini disampaikan oleh Bapak Nanang, S.Kom., M.Kom yang dilakukan dengan presentasi power point yang ditampilkan dengan proyektor sehingga para peserta didik dapat mengikuti langkah demi langkah apa  yang sedang dipraktekan pada sesi praktek kali ini. Dalam sesi praktek ini dimulai dari pengenalan apa itu Free Traffic yang dapat digunakan secara gratis melalui media sosial seperti instagram, facebook dan whatsapp, Selanjutnya Pak Nanang juga menyampaikan terkait mengapa free traffic ini wajib dicoba dalam menerapkan teknik digital marketing. Pada sesi ketiga ini praktek penerapan digital marketing dilakukan pada media sosial instagram, yang mana dalam prakteknya, praktek dilakukan dengan memaksimalkan penggunaan jenis-jenis post pada instagram, mulai dari jenis post instgram feed, post instagram story, dan post instagram tv. Kemudian praktek dilanjutkan dengan menerpakan hastag yang digunakan untuk mengkategorikan sebuah topik untuk memudahkan orang dalam mencari topik tersebut, sehingga topik yang sudah diberikan hastag tersebut mudah untuk diketahui oleh banyak orang.

Pemaparan Praktek Teknik Digital Marketing oleh Pak Nanang, S.Kom., M.Kom

Pada sesi terakhir yang disampaikan oleh Bapak Yuda Samudra, S.Kom., M.Kom, beliau menyampaikan materi terkait dengan praktek bagaimana cara penggunaan e-commerce dan menjelaskan kepada peserta didik bagaimana memahami alur transaksi yang mempertemukan antara penjual dan pembeli dalam membangun bisnis online. Pada praktek yang dijelaskan oleh Pak Yuda, para peserta didik diajarkan langkah demi langkah bagaimana memulai cara membangun toko online pada salah satu marketplace terbesar di indonesia yaitu tokopedia, di sesi praktek ini, peserta kegiatan PkM diajarkan mulai dari upload foto produk yang akan dipasarkan, memberikan deskripsi pada produknya sampai kepada alur transaksi yang terjadi didalamnya. Dalam penyampaian materi praktek ini dibuat semudah mungkin sehingga mudah untuk diikuti dan dipahami oleh peserta didik dalam kegiatan PkM ini. Pada sesi ini juga dilakukannya pengumpulan jawaban kuis yang sebelumnya pertanyaan dari kuis tersebut sudah diberikan oleh Pak Meidy pada pemaparan materi sesi pertama, dengan melihat antusias peserta kegiatan PkM yang ikut serta dalam kuis tersebut mudah-mudahan kegiatan ini dapat menambah pengetahuan baru dalam menciptakan ide kreatif para siswa dalam berwirausaha maupun membuka lowongan pekerjaan baru dimasa yang akan datang.

Pemaparan Praktek terkait E-Commerce oleh Pak Yuda Samudra, S.Kom., M.Kom

Setelah semua pemaparan materi telah selesai diberikan, sesi kuis dan tanya jawab juga sudah selesai, selanjutnya sesi akhir dari kegiatan ini, kami rekan-rekan dosen memberikan cinderamata kepada pihak sekolah berupa plakat dan piagam sertifikat sebagai bentuk ucapan terima kasih dari kami karena telah diizinkan menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini di SMK YAPINKTEK untuk memenuhi salah satu kewajiban kami dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan support dan respon yang sangat baik dari pihak sekolah, kami berharap ada nya kegiatan PkM ini, para siswa dapat memulai menerapakan ide kreatif nya dalam bentuk bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi berupa digital marketing dan e-commerce. Serta semoga dengan adanya kegiatan pelatihan ini diharapkan memberikan banyak manfaat, pemahaman, pengetahuan dari revolusi perkembangan teknologi informasi saat ini, agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari sehingga dapat memberikan manfaat untuk diri sendiri dan orang lain disekitarnya.

Penyerahan cinderamata berupa plakat kepada pihak Sekolah SMK YAPINKTEK

Penyerahan cinderamata berupa piagam sertifikat kepada pihak Sekolah SMK YAPINKTEK

Foto Bersama usai kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SMK YAPINKTEK

Ikuti tulisan menarik Amin Hidayat lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu