x

indonesia

Iklan

Muhammad Naufal Luthfan Ramadani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 November 2021

Senin, 15 November 2021 06:05 WIB

Cinta Tanah Air

Opini Pancasila Sila KE-03

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pancasila
Opini Sila Ke-3
Pada pancasila sila ke tiga yang berbunyi "Persatuan Indonesia" mempunyai nilai arti yakni nilai kesatuan. salah satu sikap yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari hari ialah berjiwa nasionalisme yaitu cinta terhadap tanah air. hal ini dapat menjadikan pada diri rakyat Indonesia akan pentingnya bersatu dan saling berpadu dalam persatuan indonesia. salah satu contoh penerapan yang bisa kita ambil dari nilai yang terkandung dalam pancasila sila ke tiga yaitu :  
a. bekerja sama untuk kepentingan bersama, seperti pada contoh hal kecilnya yaitu mendirikan pos kamling. dengan adanya pos kamling masyarakat akan bekerja sama dan bersatu untuk menciptakam ketertiban dalam bermasyarakat
b. menumbuhkan rasa cinta terhadap Tanah air, seperti contoh merayakan HUT-RI, mengadakan lomba agustusan. hal ini dapat menjadikan terhadap diri kita untuk cinta tanah air.
c. Menunjukkan Rasa Toleransi yang Tinggi. Bentuk Toleransi Sendiri Bisa berupa Saling tolong menolong tanpa membedakan ras, suku, agama dan budaya yang dianutnya. Contoh nya Saling menghargai Pendapat mengenai Pemikiran yang berbeda antara golongan yang satu dengan yang lainnya, selain itu kita dapat saling tolong menolong dalam kebaikan, Bantuan Sekecil apapun akan sangat besar manfaatnya jika Pertolongan itu diberikan dengan ikhlas dan tanpa pamrih.

Ikuti tulisan menarik Muhammad Naufal Luthfan Ramadani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB