Kehidupan di Asia Timur - Fiksi - www.indonesiana.id
x

Mahasiswa/i pertukaran pelajar asal Jepang sedang berfoto di gedung Pusat Studi Bahasa Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjajaran.

Rein Robert

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 November 2021

Jumat, 26 November 2021 09:01 WIB

  • Fiksi
  • Topik Utama
  • Kehidupan di Asia Timur

    seputar gimana hidup di Negara Asia bermusim empat dari kacamata dan sepengetahuan saya . walaupun belum pernah kesana...hahahaiii.

    Dibaca : 483 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pernah terbersit di pikiran ku gimana rasanya hidup di negara lain, terutama negara empat musim seperti Korea Selatan dan Jepang yang notabene masih kawasan Asia. Pasti enak tinggal di negara yang punya banyak musim apalagi kalau sudah musim dingin, bisa main salju dan menikmati musim seperti di Eropa. Pengen banget rasanya bisa kesana biarpun sekali seumur hidup.

    Awalnya cuma sesekali aku memikirkan hal itu, tapi lama kelama’an jadi semakin sering kepikiran karena seringnya ku tonton siaran televisi yang membahas seputar kehidupan di negara luar. Dan yang membuat kagum dan ingin bisa ke Jepang atau Korea Selatan adalah karena sering kudengar begitu gesitnya pemerintahan di sana dan majunya hal-hal dari berbagai sektor di negara-negara itu. Seperti Jepang yang terkenal kedisiplinannya, inovasi dalam berbagai hal, kemajuan teknologi dan olahraganya (maksudnya sepakbolanya )yang sudah diakui dunia termasuk keindahan bunga sakura yang mekarnya nggak tau kapan dan sampai berapa lama. Dan juga festival-festivalnya disana yang menjadi daya tarik tersendiri serta tentu saja anime-anime dan film-filmnya. Begitu pun Korea Selatan yang juga terkenal dengan budayanya yang menarik dan panggung hiburannya yang bervariasi serta maju yang juga sudah mendunia termasuk juga sepakbolanya sama seperti jepang.

    Suatu ketika aku sedang browsing di internet aku iseng aja mencari informasi yang belum ku ketahui tentang jepang dan korea selatan. Dua negara yang kusukai. aku terkejut saat membaca artikel tentang fakta dua Negara yang kusebut diatas. Beberapa fakta yang mungkin atau bahkan sulit dijalani oleh orang sepertiku. Beberapa di antaranya yaitu pendidikan di Jepang yang terkesan menekan dan menuntut setiap orang belajar penuh dan ekstra keras demikian juga dalam bekerja yang seperti tak ada waktu untuk istirahat. Hal tersebut juga berlaku di kehidupan di korea selatan. Tuntutan wajib militer karena hubungan yang gak akur antara korea selatan dan korea utara (mungkin sekarang sudah mendingan), dan tuntutan multitalenta yang harus dimiliki setiap orang atau selebriti yang ingin masuk panggung hiburan serta musim dingin yang berkepanjangan yang ternyata membuat masyarakat disana merasa menderita.

    Hawa musim dingin yang ekstrim seakan membuat masyarakat di dua Negara itu pun harus ekstra bertahan di banding dengan musim yang lain disana. Aku yang punya impian suatu saat bisa ke korea atau jepang jadi kepikiran sendiri dengan keinginan ku. Gimana nggak? Jangankan ngadepin kehidupan disana, hidup di Negara sendiri aja masih amburadul dan kena cuaca dingin dikiiiit aja badan udah di bekap selimut atau udah pasti langsung haachiimm-haachiimm (bersin bos)…hehehehe.

    Yah, itulah sedikitnya hal yang aku ketahui tentang dua negara tersebut. Memang nggak seberapa dan aku juga nggak tau bener atau nggaknya karena belum pernah kesana. Tapi itulah sedikit informasi yang menarik untuk di korek-korek. aku cuma suka aja sama dua Negara itu tapi aku tetap Indonesia (My Beloved Country)

    mohon maaf dan maklum kalo masih ada kekurangan dalam cerpen ini. Atau mungkin malah ngebosenin.

    Semoga bisa menghibur kalian yang membacanya.

    Ikuti tulisan menarik Rein Robert lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.



    Oleh: Merta Merdeka

    12 jam lalu

    Haha huhu~

    Dibaca : 83 kali