Berbuat dan Bergerak dengan Hati, Ciptakan Indonesia yang Berkarakter. - Analisis - www.indonesiana.id
x


Bergabung Sejak: 27 November 2021

Minggu, 28 November 2021 14:03 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Berbuat dan Bergerak dengan Hati, Ciptakan Indonesia yang Berkarakter.

    Pengalaman menarik saya ketika mengajar, adalah ketika apa yang saya ajarkan berkesan dan diterapkan oleh murid. Saya sebagai guru merasa bahagia karena murid bisa menjadi pribadi yang baik dan berkarakter.

    Dibaca : 170 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Seperti biasa , hari itu saya mengajar muatan lokal bahasa Inggris di SD kelas 3. Saya mengajarkan tema greeting people kepada murid-murid di kelas. Secara bergiliran mereka berdialog dengan kata sapa dalam bahasa Inggris. Gelak tawa pun riuh ketika beberapa siswa mengucapkan intonasi dan cara membaca yang salah. Pembelajaran berlangsung menyenangkan dan akhirnya bel pun berbunyi. Pelajaran pun berlalu.

    Keesokan harinya, ketika jam istirahat di sekolah, ada 2 siswi menghampiri saya dan bercerita bahwa tadi, waktu mereka berangkat ke sekolah mereka menyapa seorang turis asing yang bersepeda,"good morning, mister". Kemudian turis itu pun menjawab salam mereka " morning". Seketika saya mengangka jempol pada siswi tersebut. Saya bangga dengan apa yang mereka lakukan. 

    Belajar bukan hanya secara teori tetapi penerapan terhadap apa yang kita ajarkan yang harus kita capai sebagai guru perlu ditingkatkan. Dengan pembelajaran yang menyenangkan dan berkesan di hati murid, kita akan membuat karakter anak bangsa Indonesia lebih kuat.

    # Bergerak dengan hati

    #Demi kemajuan

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.