x

Iklan

Anis Uftika Rahmawati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 November 2021

Selasa, 30 November 2021 14:01 WIB

Aku dan Merdeka Belajar

Pentingnya Merdeka Belajar dalam Pendidikan Indonesia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apa sih merdeka belajar itu? Yuk kita belajar bersama
Merdeka (bahasa Sanskerta: महर्द्धिक maharddhika yang berarti kaya, sejahtera dan kuat) adalah kata dalam bahasa Melayu dan Indonesia yang bermakna bebas atau tidak bergantung/independen.(https://id.wikipedia.org/wiki/Merdeka )
Dalam kamus besar bahasa Indonesia Merdeka/mer•de•ka/ /merdéka/ a artinya adalah bebas (dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya); berdiri sendiri.
Sedangkan Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respons.[1] Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini, dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respons.( https://id.wikipedia.org/wiki/Belajar )
Dan dalam kamus besar bahasa Indonesia Belajar /bel•a•jar /v adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu:
Ki Hajar Dewantara menjelaskan bahwa tujuan pendidikan yaitu: "menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.
Dari beberapa sumber diatas, dapat kita pahami bersama bahwa merdeka belajar adalah memberikan kebebasan kepada murid untuk mencapai kebahagiaan, kebahagiaan apa? Tentu saja kebahagiaan yang setinggi- tingginya untuk diberikan kebebasan berekspresi dalam belajar.
Kemudian bagaimana Guru bisa menerapkan merdeka belajar?
Saya dan teman- teman saya yang berbeda jenjang dari TK, SD dan SMP telah menggagas sebuah program belajar, yaitu: program BERSABAR. Apa itu program BERSABAR? BERSABAR adalah singkatan dari Belajar sambil bermain, bermain seraya belajar. Terdengar seperti slogan untuk pembelajaran anak usia dini, tetapi kami membuat program BERSABAR ini fokus dengan aktivitas diluar kelas, yang mana aktivitas tersebut dapat memberikan pengalaman belajar baru pada murid. Lingkungan diluar kelas dapat menjadi alternatif belajar ketika para murid bosan beraktivitas didalam kelas. 
Program BERSABAR ini bisa menjadi alternatif untuk guru agar bisa memberikan kebebasan berekspresi pada murid saat belajar. Guru bisa melihat potensi yang dimiliki muridnya saat para murid ini diberi kebebasan saat pembelajaran berlangsung. Guru bisa mengamati murid satu persatu, dari ekspresi dan semangat muridnya saat belajar karena program ini telah kami terapkan bersama dalam setiap jenjang mulai dari TK, SD dan SMP.
Program ini telah kami laksanakan pada lembaga kami dan semoga program ini dapat menginspirasi Anda untuk berkarya demi mensukseskan program pemerintah dengan memberikan program merdeka belajar pada murid kita dan semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Anis Uftika Rahmawati lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu