Pertengahan April lalu Yamaha meluncurkan varian produk terbarunya di kelas motor sport. Motor berkapasitas 150 cc ini dilabeli dengan “Yamaha R-15”. Strategi marketing yang ciamik dipadu produk yang memang dirindukan membuat 1.500 unit Yamaha R-15 ludes terjual dalam waktu dua hari! Itu pun hanya mereka yang inden secara online di situs www.IwantYamahaR15.com
Tidak terlalu banyak ekspos media untuk produk ini. Namun, begitu diluncurkan konsumen Indonesia langsung berebut. Mereka tidak ingin ketinggalan dengan pecinta otomotif di India yang sudah bisa menikmati produk ini sejak 2011.
Kemungkinan besar R-15 ini akan menggoyang dominasi CBR 150 milik Honda. Selama ini, tidak ada pesaing tangguh bagi CBR 150. Dengan spesifikasi yang hampir sama, kedua brand ini akan berebut hati di konsumen Indonesia yang dikenal royal untuk urusan motor. Bahkan, Juru bicara PT Yamaha Indonesia Motor Manufacture, Eko Prabowo, menargetkan bisa menjual 50 ribu unit motor dalam setahun.
Jika dibandingkan, kedua motor ini memiliki spesifikasi yang berimbang. Berikut perbandingan spesifikasi Honda CBR 150 dengan Yamaha YZF-R15.
Harga kedua motor ini lumayan timpang: CBR 150 dijual dengan harga sekitar Rp 42,5 juta, sementara Yamaha YZF-R15 Rp 28 juta. Ini bisa jadi strategi awal Yamaha untuk merebut calon konsumen yang belum sanggup membeli CBR 150.
Sistem Perapian
CBR 150 : Full transisterized
R-15 : Fuel injection
Kapasitas Tangki
CBR 150 : 13,1 liter
R-15 : 12 liter
Transmisi
CBR 150 : 6 speed
R-15 : 6 speed
Rem depan
Honda: Cakram hidrolik dengan piston ganda.
Yamaha: Cakram hidrolik dengan piston ganda.
Rem belakang
Honda: Cakram hidrolik dengan piston tunggal.
Yamaha: Cakram hidrolik dengan piston tunggal.
Dari peluncuran produk Yamaha R-15 di Indonesia ini kita bisa mengambil pelajaran. Betapa pelanggan membutuhkan inovasi. Namun, peluncuran hasil inovasi pun perlu timing yang tepat.
Sumber : Cover Super
Ikuti tulisan menarik Wardoyo Suwardoyo lainnya di sini.