Rasanya Merayakan Hari Raya di Tengah Pandemi - Analisis - www.indonesiana.id
x

Rein Robert

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 November 2021

Rabu, 15 Desember 2021 07:51 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Rasanya Merayakan Hari Raya di Tengah Pandemi

    Pandemi virus yang menyebabkan segalanya berubah dari semua aspek kehidupan. Yang membuat semuanya semakin terasa beda dari yang awalnya sudah berbeda.

    Dibaca : 328 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pandemi corona ini sudah lebih dari 1 tahun dan benar-benar mengubah semuanya. Bahkan , kalau bulan ini sudah lewat, berarti sudah 2 tahun kita menjalani kehidupan ditemani corona. Benar-benar hal yang gak mudah. Apalagi 1 tahun pertama sejak corona menyerang. Dimana-mana penuh dengan berita tentang corona yang semakin hari semakin meningkat dan menghabisi banyak korban.

    Begitu juga dengan perayaan Natal. Perayaan Natal sejak setahun yang lalu benar-benar berbeda dengan suasana Natal dibanding tahun-tahun sebelumnya. Yah, walaupun sebenarnya perayaan apapun sekarang ini memang rasanya sudah berbeda dibandingkan era dulu bahkan sebelum ada corona.

    Tapi adanya corona malah membuat suasana semakin tambah berbeda. Perayaan Natal maupun perayaan hari raya lainnya layaknya ibadah seperti biasanya. Yang merayakan Natal atau Paskah cuma seperti ibadah hari Minggu. Yang merayakan lebaran atau Ramadhan cuma sekedar ibadah biasa atau berkunjung ke tempat sanak saudara untuk silaturahmi. Entah gimana dengan hari raya yang lain seperti Hindu Budha atau Tionghoa. Tapi apapun agamanya dan apapun hari rayanya cuma seperti ibadah biasa atau rutinitas semata.

    Saya cukup yakin siapapun yang membaca tulisan ini pasti ada juga yang merasakan hal yang sama. Karena memang semuanya saat ini sudah berubah dari segi apapun.

    Entah bagaimana kita akan menjalani tahun-tahun selanjutnya bila Covid-19 ini belum juga berakhir. Mungkin kita akan merayakan hari raya agama kita semakin biasa saja dan seperti hari libur biasanya, setelah liburan lewat, gak ada lagi istimewanya.

    Kenapa saya mengatakan begitu? Karena kenyataannya sekarang memang sudah begitu.

    Dan inilah kehidupan sekarang.

     

     

    Ikuti tulisan menarik Rein Robert lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.