Ketahui Manfaat Social Media Analytics Tools Untuk Bisnis Kamu! - Urban - www.indonesiana.id
x

Ini adalah foto logo berbagai macam social media

Harry Wicaksono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 16 Desember 2021 14:27 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Ketahui Manfaat Social Media Analytics Tools Untuk Bisnis Kamu!

    Salah satu cara untuk melihat efektivitasnya bisa lewat social media analytics tools. Lalu sebenarnya apa saja manfaat menggunakan social media analytics tools ini? Lihat selengkapnya.

    Dibaca : 899 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pada dasarnya media sosial memang menjadi salah satu sarana yang cukup populer di Indonesia, dimana ia memang digunakan sebagai sarana untuk berkomunikasi, menambah jaringan pertemanan sampai dengan dipakai sebagai sarana hiburan. semakin kesini fungsinya jauh lebih banyak dari itu. Karena memang ternyata media sosial juga digunakan untuk kegiatan bisnis. Apalagi untuk mereka yang tengah mengembangkan bisnis dan ingin penjualan produk maupun penggunaan jasa kian meningkat.

    Salah satu cara untuk melihat efektivitasnya bisa lewat social media analytics tools. Hanya saja memang pemakaian dari sarana yang satu ini masih kurang begitu populer di Indonesia. Alat analisis social media ini sendiri pada dasarnya adalah sbeuah perangkat lunak yang dipakai untuk melakukan kegiatan monitoring media sosial dengan berbagai tujuan. Monitoring ini sendiri nantinya dapat dilakukan dengan mengandalkan sebuah kata kunci atau terhadap user dari media tersebut. Lalu sebenarnya apa saja manfaat menggunakan social media analytics tools ini? berikut yang patut diketahui, yaitu:

    1.    Alat untuk branding, adanya sarana yang satu ini ternyata sangat berguna dalam rangka melakukan branding atau membentuk persepsi dari produk tersebut kepada public sehingga nantinya produk atau jasa juga bisa lebih dikenal. Sehingga nantinya pelaku bisnis tersebut yang dapat membangun opini publik terhadap bagaimana persepsi produk tersebut.
    2.    Sebagai identitas, manfaat yang satu ini sebenarnya lebih kepada bagaimana Anda mengenalkan diri kepada publik. Jadi dengan adanya kegiatan analisis lewat media sosial ini, maka nantinya Anda akan dapat merumuskan bagaimanakah identitas tersbeut ingin diersepsikan oleh masyarakat luas. Sangat bagus untuk membangun campaign membangun media sosial yang memang efektif digunakan membantuk opini atau persepsi publik.
    3.    Membantu melakukan content marketing yang lebih efektif, Anda yang sering menggunakan social media tentunya akan paham pentingnya sebuah konten di dalam media yang digunakan sebagai alat pemasaran. Apalagi memang disini sebuah content marketing memang memegang peranan yang penting dalam sebuah campaign lewat media sosial. Lalu bagaimana caranya? Yaitu bisa didapatkan dengan mengukur tingkat viralitas sebuah konten tersebut, engagement sampai dnegan interaksi pengguna konten. Nah, untuk mengukurnya bisa dengan memakai social media analytics tools.
    4.    Untuk melakukan campaign secara tertarget, adanya alat yang satu ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan data yang lengkap mulai dari usia, wilayah sampai dengan profil demografi mereka dari user yang telah melakukan engagement dengan social media tersebut. dari data tersebut nantinya dapat digunakan sebagai acuan dalam melakukan campaign efektif, tentunya sesuai dengan kebutuhan mereka.
    5.    Menghemat biaya pemasaran, pemasaran atau campaign yang dilakukan secara konvensional, memang butuh biaya yang tidak bisa dikatakan sedikit. Agak berbeda dengan Anda memanfaatkan media social. Dengan pertimbangan target yang jelas, juga konten yang sesuai maka memungkikan hasil pemasaran juga lebih efektif. Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang guna menunjang hal tersebut bukan.

    Sehingga sangat dianjurkan baik itu pelaku bisnis yang memanfaatkan media social, kemudian juga untuk tujuan kampanye, maupun influencer bisa mengandalkan alat analisis media sosial ini yang tentunya akan membantu tujuan Anda, meningkatkan jumlah followers, view sampai dengan penjualan juga untuk branding. Di Indonesia memang masih jarang keberadaan keberadaan dari alat untuk melakukan analisis social media, namun sudah ada beberapa perusahaan yang menggunakannya. Jadi jika ingin lebih praktis maka bisa memanfaatkannya.

    Sumber gambar & Artikel : www.sonarplatform.com



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.