x

Ilustrasi foto sunset. Condy Lever dari Pixabay.com

Iklan

Harry Wicaksono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 12 Maret 2022 15:51 WIB

5 Trik Menghasilkan Foto Bagus dari Kamera HP

Kini mengabadikan sebuah momen dengan hasil yahud tak harus dengan kamera profesional. Ada banyak ponsel pintar yang memiliki fasilitas memadai untuk keperluan itu. Mungkin hasilnya tak akan setara benar dengan foto hasil kamera sungguhan, namun jaraknya hanya 11-12 saja. Untuk itu, anda hanya perlu mengenal dan mnguasai beberapa trik berikut.  

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jaman modern seperti sekarang ini mengabadikan momen bukan hanya untuk digunakan sebagai kenang-kenangan. Lebih dari itu bisa untuk ajang pamer diri. Tidak heran setiap orang berlomba memperoleh foto unik, menarik dan tentunya bagus.

Ilustrasi Memotret

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mengabadikan momen tak harus dengan kamera profesional. Saat ini ada banyak ponsel pintar yang didukung kamera memadai. Meskipun tidak sama dengan hasil foto kamera sungguhan, namun nyatanya foto hasil HP tidak kalah jauh. Penasaran seperti apa?
 
Membeli kamera professional butuh biaya cukup mahal. Belum lagi perlu menguasai teknik khusus untuk mendapatkan jepretan yang diinginkan. Berbeda dengan smartphone, prosesnya lebih mudah, praktis dan tidak perlu kerepotan. Dengan trik tertentu anda Anda bisa mendapatkan gambar bagus dengan HP.

Inilah beberapa trik dan tips edit foto yang bisa Anda coba yaitu:

  1. Coba Tambahkan Pencahayaan Sendiri
    Foto Bagus
    Supaya gambar yang Anda hasilkan bisa lebih menarik, coba tambahkan cahaya dari luar. Seperti penggunaan senter atau flash dari HP tersebut. Ini merupakan salah satu cara yang menarik. Sehingga hasilnya bisa luar biasa. Silahkan coba!

  2. Membuat Foto Motion
    Foto Aesthetic
    Pernah melihat hasil foto professional bergerak namun tetap jelas? Nah, itu bisa dilakukan pula menggunakan ponsel. Foto motion merupakan pengambilan gambar yang bergerak. Sedikit blur namun justru menarik. Cobalah untuk bergerak ketika mengambil gambarnya, lalu edit menggunakan long exposure pada HP. Hasilnya, keren!

  3. Coba Menggunakan Bingkai Alami
    Foto Dengan Bingkai Bagus
    Supaya terlihat makin ciamik bisa coba untuk tambahkan bingkai dengan alat sederhana. Bukan bingkai namun ada gambar yang disengaja dekat sebagai objek lain supaya foto lebih fokus. Misalnya menggunakan bulu-bulu kemoceng ataupun alat sederhana lain yang akan memberikan hasil lebih menarik layaknya kamera professional.

  4. Membuat Efek Pantulan
    Foto Dengan Efek Pantulan
    Ini merupakan pemotretan yang dilakukan pada ruangan dengan cahaya kurang terang, ada cahaya tetapi sedikit. Nah, bisa memanfaatkan pantulan cahaya seperti misalnya didepan jendela ataupun menempatkan benda lain didepan. Dengan begitu akan memberikan pantulan cahaya yang memberikan keunikan dalam foto.

  5. Membuat Gambaran Sekitar Lebih Banyak.
    Foto Dengan Gambaran Yang Luas
    Trik yang selanjutnya dengan memperlihatkan lebih banyak tampilan sekitar, jadi memberikan kesan lebih luas dan cahaya juga akan mendapatkan lebih banyak. Umumnya ini cocok untuk pengambilan gambar pada lokasi luar ruangan dengan pemandangan yang terhampar luas.

Sebenarnya ada banyak trik yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan gambar terbaik meskipun hanya menggunakan ponsel. Namun kelima cara diatas bisa mewakili banyaknya trik yang ada. Tidak perlu ragu yang paling penting posisi objek sesuai dengan warna kontras. Apalagi sekarang ini sudah banyak smartphone canggih yang dikeluarkan dengan dukungan kamera layaknya professional. Beberapa merek terkenal sudah masuk dalam gambar yang sangat menarik. Jadi, tidak perlu membeli kamera profesional sudah bisa mendapatkan gambar terbaik.
 
Di jaman modern ini perusahaan smartphone bukan saja fokus pada kemampuan ponsel untuk penyimpanan atau komunikasi saja. Lebih dari pada itu kamera yang mereka tawarkan benar-benar memberikan kekaguman untuk masyarakat. Jadi tanpa menggunakan trik pengambilan gambar supaya bagus menggunakan ponsel saja bisa mendapatkan jepretan terbaik. Karena kamera sudah bagus dan hampir menyerupai kamera professional namun lebih praktis dan siapa saja mudah menggunakan tanpa perlu belajar.

Ikuti tulisan menarik Harry Wicaksono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler